Pelatihan Digital Marketing – Algoritma dalam dunia digital marketing saat ini telah mengalami perubahan yang signifikan. Algoritma ini mendasari bagaimana kita berinteraksi dengan media online yang berkembang pesat, mempengaruhi cara untuk mencapai audiens, mengukur kinerja campaign, dan menentukan apa yang sedang diminati saat ini. Perubahan ini tidak hanya mengubah cara kita berinteraksi dengan media, tetapi juga cara kita memahami dan menavigasi dunia digital.
Pemahaman terhadap perubahan algoritma bagi praktisi digital marketing sangat penting. Hal ini dapat terjadi karena algoritma mendasari platform media sosial dan search engine telah menjadi alat yang sangat kuat dalam menentukan visibilitas dan relevansi konten. Praktisi digital marketing yang tidak memahami cara kerja algoritma akan kesulitan dalam memaksimalkan kampanye yang dibuat. Selain itu, praktisi digital marketing akan kesulitan dalam penyesuaian strategi dengan perubahan algoritma yang terjadi.
Dengan pemahaman yang mendalam terkait perubahan algoritma merupakan aset berharga bagi para praktisi digital marketing. Hal ini dapat mempermudah praktisi dalam mengadaptasi strategi pemasaran dengan cepat dan efektif. Dalam konteks ini, AMD Academy hadir sebagai Solusi yang tepat bagi para praktisi digital marketing yang ingin menghadapi perubahan algoritma di masa kini.
Latar Belakang Perubahan Algoritma
Dalam ekosistem digital yang terus berkembang, perubahan algoritma merupakan fenomena yang berdampak besar untuk platform-platform besar seperti Google, Facebook, TikTok, dan Instagram. Algoritma adalah serangkaian aturan atau instruksi yang digunakan oleh platform-platform untuk menentukan bagaimana konten disajikan kepada pengguna. Perubahan yang terjadi berupa penyesuaian dalam cara algoritma menilai relevansi konten, peningkatan dalam penilaian konten yang berhubungan dengan pengguna, atau perubahan dalam cara algoritma menangani konten yang dianggap spam atau tidak relevan.
Perubahan algoritma ini berdampak pada strategi pemasaran digital yang sangat signifikan. Misalnya, jika terjadi perubahan pada algoritma Google, maka hal itu akan mempengaruhi peringkat halaman web dalam hasil pencarian yang juga mempengaruhi traffic dan visibilitas situs web tersebut. Begitu pula dengan platform media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook, perubahan algoritma yang terjadi akan mempengaruhi cara konten yang disajikan kepada pengguna, termasuk seberapa banyak konten yang dilihat.
Algoritma Pada Platform-platform Besar
Platform Instagram, TikTok, Facebook, dan Google memiliki algoritma yang berbeda-beda untuk menentukan konten yang paling relevan dan bermanfaat bagi pengguna.
-
Google
Algoritma Google memberikan pengalaman pencarian yang paling relevan, akurat, dan bermanfaat kepada pengguna. Algoritma Google mempertimbangkan sejuah mana konten sebuah halaman web relevan dengan kata kunci yang dimasukkan ke dalam pencarian mereka. Hal ini mencakup kesesuaian topik, kata kunci, dan maksud dari isi konten tersebut.
Algoritma Google juga mempertimbangkan otoritas/kepercayaan sebuah halaman web untuk menentukan peringkat pada urutan search engine. Otoritas dari sebuah halaman web ditentukan oleh jumlah dan kualitas building link yang dimasukkan. Hal ini dapat mencerminkan reputasi situs web secara keseluruhan.
Selain itu, Google juga memperhatikan pengalaman pengguna dari sebuah situs web, seperti kecepatan loading halaman, kemudahan navigasi situs, kemudahan keterbacaan konten. Algoritma Google juga memperhatikan pada kualitas konten halaman dengan faktor konten yang informatif, relevan, dan berkualitas tinggi, memungkinkan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil search engine.
-
Instagram
Algoritma Instagram bertujuan untuk memastikan pengalaman pengguna yang lebih personal dan relevan dengan konten menarik atau bermanfaat bagi setiap pengguna. Algoritma Instagram mempertimbangkan beberapa faktor, seperti faktor engagement. Pada faktor ini, Algoritma Instagram mempertimbangkan tingkat interaksi yang diterima oleh suatu konten, seperti jumlah like, komentar dan bagikan (engagement).
Selanjutnya, Algoritma Instagram juga mempertimbangkan relevansi konten dan preferensi dan minat pengguna dengan berbagai faktor seperti topik konten yang berhubungan dengan akun yang diikuti pengguna, preferensi konten yang menimbulkan interaksi pengguna seperti like komen dan share, dan konten-konten yang dilihat lebih banyak oleh pengguna.
Algoritma Instagram juga memperhatikan waktu posting untuk memberikan penempatan konten yang sesuai. Meskipun algoritma Instargram tidak sepenuhnya mendasar pada waktu posting, namun jika memposting pada waktu yang tepat akan meningkatkan lebih banyak pengguna yang melihat secara cepat.
Konten-konten yang menarik, informatif, dan berkualitas tinggi juga cenderung mendapatkan peringkat tinggi dalam algoritma Instagram. Beberapa faktor konten yang menarik ini mencakup gambar atau video, caption yang menarik, hingga desain visual yang eye catching. Jika konten tersebut menarik, frekuensi aktivitas pada suatu konten akan meningkat. Aktivitas suatu konten akan meningkat jika banyak pengguna yang berinteraksi seperti like komen dan share.
-
Facebook
Algoritma Facebook menggunakan berbagai faktor untuk menentukan urutan konten. Salah satunya dengan mempertimbangkan engagement yang diterima dalam suatu konten seperti like, komentar, dan bagikan. Dengan memperoleh engagement yang tinggi akan mendapatkan posisi tinggi dalam News Feed.
Selain itu, preferensi dan minat pengguna akan menyesuaikan konten yang akan ditampilkan. Algoritma Facebook cenderung memberikan peringkat yang lebih tinggi untuk konten yang berkualitas tinggi, informatif, dan menarik. Keaslian konten, relevansi dengan topik yang diminati oleh pengguna, dan estetika visual yang menarik.
Algoritma Facebook juga mempertimbangkan tren dan kebaruan konten saat mengurutkan konten di News Feed. Konten yang terkait dengan topik atau peristiwa yang populer atau sedang terjadi memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan lebih banyak perhatian.
Praktisi digital marketing perlu terus memantau perubahan dalam algoritma Facebook untuk memastikan konten mereka tetap mendapat eksposur yang optimal di platform. Meskipun algoritma Facebook berusaha untuk menyajikan konten yang paling relevan dan menarik bagi pengguna, namun algoritma Facebook dapat berubah seiring waktu sesuai dengan tujuan bisnis Facebook dan perilaku pengguna.
-
TikTok
Algoritma TikTok merupakan sistem kompleks yang digunakan untuk menentukan konten mana yang akan ditampilkan dalam fyp (for your page) pengguna. Algoritma TikTok cenderung memberikan perhatian khusus dengan konten-konten yang memiliki engagement tinggi (like, komentar, share, dan tayangan). Sama dengan platform media sosial lainnya, algoritma TikTok juga mempertimbangkan relevansi konten dengan preferensi dan minat penggunanya. Selain itu, topik yang sedang populer, kreatifitas konten, kualitas video, juga mendapatkan peringkat yang tinggi dalam algoritma TikTok.
Algoritma TikTok juga mempertimbangkan faktor-faktor lokal dan demografis, seperti lokasi geografis pengguna, bahasa yang digunakan, dan preferensi demografis pengguna. Hal ini membantu menyesuaikan preferensi konten yang spesifik untuk berbagai kelompok pengguna.
Kurikulum yang terdapat pada kursus dan Sertifikasi BNSP Digital Marketing peserta akan diperkenalkan pada berbagai strategi periklanan modern, teknik pemasaran melalui media sosial yang efektif, serta pentingnya optimasi SEO dan SEM dalam meningkatkan visibilitas online. Melalui bimbingan dan panduan langsung dari praktisi yang berpengalaman di bidang Digital Marketing, peserta akan mendapatkan wawasan yang mendalam tentang bagaimana merancang dan melaksanakan kampanye pemasaran yang sukses. Dengan memahami berbagai konsep dan teknik yang diajarkan, peserta akan mampu meningkatkan brand awareness dan mengoptimalkan hasil investasi pemasaran mereka.
Materi Pelatihan yang Akan Didapatkan
- Marketing Mindset & Digital Data Research
- Google my Business Optimization
- Landing Pages With WordPress
- Search Engine Optimization Advance
- Social Media Marketing
Fasilitas Pelatihan dan Sertifikasi BNSP Digital Marketing AMD Academy
- Fasilitator Pendamping
- Pembelajaran Oleh Para Ahli Industri Digital yang Berpengalaman
- Sertifikat Pelatihan dari Perusahaan
- Akses Pembelajaran Eksklusif
- Sertifikat Resmi BNSP yang Diakui Secara Nasional
- Harga yang terjangkau
Secara keseluruhan, Pelatihan Digital Marketing AMD Academy dapat memberikan pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi perubahan algoritma dengan efektif. AMD Academy menyediakan berbagai jenis pelatihan digital marketing untuk meningkatkan kemampuan praktisi digital marketing dan memberikan pemahaman tentang teknologi dan algoritma yang mendasari dunia digital marketing. Pelatihan ini mencakup berbagai aspek penting dari digital marketing, seperti SEO, SEM, pemasaran media sosial, analitik data, dan pengembangan konten yang efektif.
Praktisi yang mengikuti pelatihan ini tidak hanya memperoleh pengetahuan teoritis yang diperlukan, tetapi mereka juga memiliki kesempatan untuk menerapkan pengetahuan tersebut dalam dunia nyata melalui proyek dan latihan. Pelatihan ini juga memberi mereka keterampilan yang diperlukan untuk menangani tantangan dan perubahan dalam dunia digital marketing, seperti perubahan algoritma. Jangan ragu untuk menghubungi AMD Academy untuk mempelajari program pelatihannya dan meningkatkan kemampuan Anda sebagai ahli digital marketing. Klik disini untuk mendaftar Pelatihan Digital Marketing atau ketahui lebih lanjut tentang AMD Academy melalui social media @amd.academy.
Penulis: Devita Amalia DTS Batch 6