Rahasia Kesuksesan Facebook Ads: Pahami Metrik Penting Ini
Setiap strategi pemasaran digital biasanya melibatkan penggunaan iklan digital sebagai cara mudah dan efektif untuk menjangkau audiens dibandingkan dengan kampanye organik. Namun, iklan digital memerlukan anggaran yang lebih besar dalam jangka panjang. Oleh karena itu, strategi yang efisien untuk meningkatkan efektivitas iklan perlu dipertimbangkan untuk memaksimalkan anggaran yang digunakan.
Namun, untuk menentukan keberhasilan sebuah iklan, perlu ada kriteria yang jelas tentang apa yang membuat iklan tersebut efektif. Untuk menjawab pertanyaan ini, berbagai indikator dan metrik dari iklan yang telah dijalankan harus dipertimbangkan.
Facebook Ads menjadi strategi platform yang tepat ketika Anda ingin memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan bisnis Anda. Tetapi perlu diperhatikan bahwa Rahasia Kesuksesan Facebook Ads tidak hanya sekedar “pasang iklan, jalankan dan tunggu hasiln ya”. Anda harus memahami metrik-metrik penting yang mendukung kesuksesan Facebook Ads ini. Dengan adanya metrik-metrik tersebut dapat memberikan gambaran yang jelas tentang keefektifan iklan yang Anda jalankan. Itu juga membantu dalam mengoptimalkan kampanye iklan yang Anda jalankan. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan baca selengkapnya di sini.
Apa itu metrik Facebook Ads?
Metrik Facebook Ads mengacu pada metrik yang digunakan untuk melacak kinerja kampanye Facebook Ads. Ada banyak metrik yang berbeda untuk dilacak, dan metrik spesifik yang digunakan akan bergantung pada tujuan kampanye. Beberapa metrik yang umum termasuk frekuensi, skor relevansi, lokasi geografis, demografis audiens, biaya per hasil, penayangan video, keterlibatan, rasio klik-tayang, biaya per konversi, dan rasio konversi. Penting untuk terus memantau metrik ini untuk memastikan bahwa kampanye berjalan efektif dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.
Menurut para ahli, metrik Iklan Facebook yang paling penting untuk dilacak meliputi tayangan iklan, skor relevansi, lokasi geografis, demografis audiens, biaya per hasil, penayangan video, keterlibatan, rasio hasil, rasio klik-tayang, frekuensi, biaya per konversi, dan rasio konversi. Penting untuk dicatat bahwa metrik yang dilacak akan bergantung pada tujuan kampanye, karena kampanye yang berbeda akan memiliki metrik yang berbeda pula. Selain itu, salah satu rahasia kesuksesan Facebook Ads yaitu penting untuk tetap memperhatikan frekuensi untuk menghindari kebutaan banner audiens dan mengecualikan orang-orang yang telah melihat iklan untuk menghindari pelanggan yang mengganggu. Terakhir, disarankan untuk melacak metrik Halaman dan Postingan Facebook, metrik kesadaran merek Facebook, metrik Grup Facebook, metrik video Facebook, dan metrik iklan Facebook.
Jenis-jenis metrik Facebook Ads
-
Engagement Rate
Tingkat keterlibatan Facebook menunjukkan jumlah rata-rata orang yang berinteraksi dengan postingan Anda dengan berbagai cara: menyukai, membagikan, atau mengomentarinya. Membangun akun Facebook yang menarik adalah satu hal, tetapi menciptakan keterlibatan yang konsisten adalah keterampilan lain yang perlu Anda pelajari. Tingkat keterlibatan rata-rata per posting oleh pengikut dihitung sebagai jumlah interaksi, komentar, dan berbagi dibagi dengan jumlah posting, kemudian semuanya dibagi dengan jumlah pengikut dan dikalikan 100. Dengan menghitung tingkat keterlibatan rata-rata, Anda mengesampingkan pencilan. Tingkat keterlibatan rata-rata per postingan berdasarkan jangkauan dihitung dengan jumlah interaksi, komentar, dan berbagi, dibagi dengan jumlah total postingan dan kemudian semuanya dibagi dengan jangkauan postingan Anda. Hasilnya kemudian dikalikan 100 untuk mendapatkan persentase.
-
Reach
Jangkauan mengacu pada jumlah total pengguna unik yang telah melihat iklan atau konten Anda. Dengan menggunakan metrik Facebook ini, Anda akan melihat bagaimana konten bergema kepada audiens Anda. Itu juga dapat meningkatkan strategi pemasaran berdasarkan temuan Anda. Jangkauan Facebook dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu organik dan berbayar. Alat analisis media sosial menawarkan informasi yang lebih komprehensif daripada aplikasi bawaan, seperti jangkauan rata-rata berdasarkan jenis postingan atau perincian jangkauan halaman Anda. Anda juga dapat mengakses data jangkauan Anda di Facebook Insights:
– Buka halaman bisnis Facebook Anda
– Temukan tombol “Page Insights” dari bilah sisi “Kelola halaman” Anda
– Akses tombol “Jangkauan” yang terletak di bilah sisi kiri layar -
Impressions
Metrik tayangan Facebook menunjukkan berapa kali iklan atau konten Anda dilihat di layar pengguna. Jika Anda ingin memantau metrik Facebook ini untuk melihat berapa banyak orang yang melihat konten Anda, Anda bisa menggunakan wawasan Facebook atau alat analisis pihak ketiga. Anda juga bisa memeriksa metrik tayangan Facebook di Facebook Insights dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
– Buka halaman bisnis Facebook Anda
– Temukan tombol “Page Insights” dari bilah sisi “Kelola halaman” Anda
– Akses tombol “Postingan” yang terletak di bilah sisi kiri layar
– Buka “Jangkauan: Organik/Berbayar” dan alihkan ke “Tayangan: Organik/Berbayar”
Seperti Reach, tayangan Facebook juga dibagi menjadi dua kategori utama:
– Organik : Metrik Facebook yang menunjukkan berapa kali postingan Anda ditampilkan di Kabar Beranda orang lain secara gratis.
– Berbayar : Metrik Facebook yang menghitung berapa kali orang menemukan konten Anda di halaman mereka jika Anda membayar untuk menampilkannya. -
Followers Growth
Halaman yang terus berkembang berarti semakin banyak orang yang menyukai dan berinteraksi dengan konten Anda. Penting untuk tidak hanya mengukur berapa banyak pengikut baru yang Anda dapatkan, tetapi juga untuk mengetahui berapa banyak pengikut yang hilang dalam periode tertentu. Hal penting yang perlu diingat adalah Anda dapat melacak pertumbuhan pengikut Facebook hanya dengan menggunakan alat analisis media sosial karena wawasan ini tidak tersedia di aplikasi asli. Dari iklan Facebook hingga pemasaran influencer, ada beberapa cara untuk mendapatkan pengikut baru ke halaman Facebook Anda. Konten yang menarik dan menarik perhatian akan selalu membantu Anda menarik lebih banyak pengguna Facebook.
-
Click Through Rate
CTR (Rasio Klik-Tayang) dapat digambarkan sebagai persentase orang yang mengklik postingan sosial dan dihitung dengan membagi jumlah klik tautan dengan jumlah tayangan. Apa yang membuat para pemasar begitu tertarik untuk menginvestasikan anggaran besar ke dalam iklan Facebook adalah hasil rasio klik-tayang yang tinggi dari platform ini. Sebenarnya, menurut data, Facebook adalah platform media sosial yang memberikan CTR tertinggi, baik untuk postingan organik maupun berbayar. Saat melakukan periklanan media sosial, manajer media sosial perlu mengingat bahwa dalam hal RKPT, iklan Facebook berkinerja lebih baik daripada iklan Instagram, seperti yang diungkapkan oleh studi iklan Facebook vs Instagram terakhir kami.
Menurut data, RKPT iklan Facebook sebenarnya empat kali lebih tinggi daripada Instagram. Saat melihat metrik Facebook ini dan menganalisis strategi iklan Facebook Anda, penting untuk memahami bahwa pengoptimalan saat bepergian sangat penting, serta melakukan penelitian mendalam. Feed Facebook memiliki CTR rata-rata tertinggi, diikuti oleh feed video Facebook. Untuk benar-benar masuk ke seluk-beluk data, statistik CTR Facebook juga menunjukkan bahwa jenis iklan Facebook yang paling tidak berkinerja baik adalah kolom kanan Facebook, sementara Facebook Stories berada di urutan terakhir. -
Cost Per Click
Setelah semuanya selesai, berapa biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan konversi tersebut? Ambil semua biaya kampanye media sosial dan bagi dengan jumlah klik yang Anda dapatkan. Metrik biaya per klik (juga dikenal sebagai CPC) adalah metrik penting yang harus Anda perhatikan jika Anda menggunakan iklan Facebook. Ini dapat menjadi salah satu kunci Rahasia Kesuksesan Facebook Ads Anda. Karena banyak merek menginvestasikan anggaran yang luar biasa ke dalam iklan Facebook, pandangan mendalam tentang metrik iklan Facebook Anda adalah wajib untuk laporan strategi Facebook yang lengkap dan anti peluru. Selain itu, umpan video Facebook memiliki BPK yang lebih rendah daripada umpan Facebook atau kolom kanan Facebook.
-
Cost Per Thousand Impressions (CPM)
Jika Anda ingin membangun kesadaran merek, metrik Facebook yang harus Anda analisis dengan cermat adalah CPM (cost per mille). CPM adalah jumlah yang Anda bayarkan setiap kali seribu orang menggulir konten media sosial yang disponsori. Studi baru kami tentang Iklan Facebook menunjukkan beberapa wawasan CPM yang berguna bagi pemasar. Feed Facebook memiliki CPM rata-rata tertinggi, diikuti oleh feed video Facebook. Berikutnya adalah Facebook Stories, sedangkan CPM terendah ditemukan untuk iklan kolom kanan Facebook.
-
Be Time To Post
Anda mungkin berpikir bahwa postingan Facebook disambut oleh pengguna kapan saja, terutama karena bilah notifikasi ada, dan pengikut Anda dapat menemukan konten baru Anda di feed mereka. Untuk memastikan semua mata tertuju pada Anda segera setelah Anda menekan tombol publikasikan, Anda harus memeriksa waktu terbaik untuk memposting di Facebook. Jika Anda memanfaatkan metrik Facebook ini, lalu lintas Anda bisa berlipat ganda. Studi media sosial telah membuktikan bahwa pengguna Facebook lebih cenderung berinteraksi dengan postingan pada hari Jumat ketika kebanyakan orang bersantai di akhir pekan. Statistik menunjukkan bahwa pada hari Jumat, ada 17% lebih banyak komentar, 16% lebih banyak suka, dan 16% lebih banyak dibagikan. Selama seminggu, waktu terbaik untuk memposting adalah antara jam 1-4 sore. Selain itu, konten yang diposting pada akhir pekan dapat mencatat peningkatan 25% dalam tingkat keterlibatan dibandingkan dengan yang dipublikasikan selama hari kerja, berdasarkan sebuah studi baru.
-
Video Views
Sebuah gambar memiliki ribuan kata, tetapi video jauh lebih penting dalam strategi media sosial saat ini. Jika Anda menggunakan video Facebook untuk mempromosikan bisnis Anda, melacak penayangan video Anda adalah suatu keharusan. Metrik video Facebook ini akan menunjukkan kepada Anda seberapa menarik konten video Anda. Penayangan video diperhitungkan setelah pengguna melihat 3 detik pertama postingan video Anda. Saat menggunakan Facebook Insights, Anda memiliki dua opsi: melihat performa video Anda secara keseluruhan atau melihat metrik video individual. Selain menggunakan analitik asli Facebook untuk melihat evolusi merek, Anda bisa menggunakan alat analisis lain untuk mendapatkan lebih banyak wawasan. Jika Anda menggunakan jenis konten ini untuk mempromosikan bisnis Anda, Anda harus tahu bahwa video vertikal mengungguli video lanskap dalam hal keterlibatan, menurut studi Facebook Socialinsider.
-
Audience Retention
Retensi pemirsa adalah metrik Facebook yang merupakan bagian dari analisis video Facebook. Metrik ini menunjukkan berapa lama pengguna menonton salah satu video Anda. Dengan cara ini, Anda akan menentukan video mana yang lebih banyak melibatkan pengikut Anda. Metrik ini berkontribusi mengubah strategi media sosial Anda jika Anda menemukan bahwa jenis video tertentu lebih cocok untuk audiens Anda. Ketika sebuah video memiliki retensi pemirsa yang rendah, itu berarti video tersebut terlalu panjang atau kontennya kurang menarik. Anda mungkin perlu mengubah durasi dan, dalam beberapa kasus, juga konten video Anda.
Retensi video mengacu pada “jumlah waktu yang dihabiskan pemirsa untuk menonton video yang Anda terbitkan ke Halaman Anda,” menurut Facebook. Metrik Facebook ini memberi tahu Anda berapa lama sebuah video menjaga (atau mempertahankan) perhatian pemirsa. Penting mengawasi metrik ini karena dapat membantu Anda lebih memahami durasi orang menonton video Anda dan pada titik mana mereka cenderung berhenti menontonnya. -
Followers Demographic
Dengan memahami asal audiens, Anda dapat membentuk nada suara, pesan, dan menyesuaikan konten dengan kebutuhan spesifik pengikut Anda. Anda dapat melakukan ini dengan melihat demografi pengikut seperti jenis kelamin, lokasi (negara atau bahkan kota), dan pendidikan. Di seluruh dunia, 9,3% dari total pengguna aktif Facebook adalah wanita muda berusia antara 18 dan 24 tahun, dan 13,3% di antaranya adalah pengguna pria dari kategori usia yang sama. Dengan mengingat hal ini, Anda dapat membuat strategi Facebook Anda untuk menarik anak muda dan membuat konten yang dapat mereka pahami. Namun, penting untuk mengutamakan demografi Anda sendiri. Jika demografi Anda terdiri dari orang-orang yang berusia di atas 25 tahun, atau bahkan di atas 30 tahun, pertahankan sebagian besar konten Anda yang dikuratori untuk kelompok usia tertentu, juga menyertakan beberapa postingan yang dimaksudkan untuk menarik segmen yang lebih muda.
Menentukan Metrik yang Paling Dibutuhkan
Pilih metrik yang terkait dengan tujuan kampanye adalah salah satu rahasia kesuksesan Facebook Ads sebagai langkah penting dalam mengukur efektivitas kampanye Facebook Ads Anda. Tujuan kampanye mungkin bervariasi, misalnya meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, meningkatkan jumlah pengikut, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, setiap tujuan kampanye akan memerlukan metrik yang berbeda-beda untuk mengukur keberhasilannya.
Misalnya, jika tujuan kampanye Anda adalah meningkatkan kesadaran merek, metrik yang paling relevan adalah jumlah tampilan iklan (impressions), reach, dan frekuensi tayangan. Impressions adalah jumlah kali iklan Anda ditampilkan di layar pengguna Facebook, sedangkan reach adalah jumlah orang yang melihat iklan Anda. Frekuensi tayangan mengacu pada jumlah rata-rata tampilan iklan oleh pengguna individual.
Jika tujuan kampanye adalah meningkatkan penjualan atau konversi, metrik yang paling relevan adalah konversi yang dihasilkan dari iklan, CPC, CPM, dan Return on Ad Spend (ROAS). Biaya per klik mengacu pada biaya yang dikeluarkan untuk setiap klik yang dilakukan pada iklan Anda. Dan edangkan biaya per tayangan mengacu pada biaya setiap kali iklan Anda ditampilkan. ROAS mengukur berapa banyak pendapatan yang dihasilkan dari setiap dollar yang diinvestasikan pada iklan.
Dengan memilih metrik yang sesuai dengan tujuan kampanye, Anda dapat memantau dan mengukur keberhasilan kampanye Facebook Ads Anda secara efektif. Pastikan untuk memantau metrik ini secara berkala dan melakukan penyesuaian strategi kampanye jika diperlukan.
Nah sudah tahukan bahwa dalam penerapan Facebook Ads juga dibutuhkan metrik metrik yang mendukung suksesnya Facebook Ads yang dijalankan. Jika Anda ingin memahami lebih jauh tentang Digital Marketing, Anda bisa mengikuti pelatihan dan sertifikasi digital marketing di AMD Academy, Pelatihan Digital Marketing dan Sertifikasi Digital Marketing BNSP.
Content Writer : Chaterine Aritonang (DTS Batch 3)