Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Metrik Domain Authority dan Cara Meningkatkannya!

Domain Authority: Metrik Penting SEO dan Cara Meningkatkannya! – Bagi SEO Writer, menjadi sebuah kebanggan tersendiri apabila artikel buatannya menduduki hasil pencarian pertama, terlebih jika artikel lainnya berasal dari web besar. Oleh karena itulah, para SEO Writer tak henti-hentinya mencari cara agar artikel mereka mendapatkan tempat teratas, beberapa brand menggunakan metrik Domain authority untuk mengevaluasinya. Domain authority dapat memberikan gambaran mengenai kualitas dan kekuatan web. Namun, bagaimanakah cara kerja Domain authority? apakah  tingginya skor Domain authority berpengaruh pada peringkat hasil pencarian Google? Yuk, simak jawaban pertanyaan-pertanyan tadi yang sudah AMD rangkum dalam artikel kali ini!

Apa itu Domain Authority?

Domain authority merupakan metrics yang dikembangkan oleh Moz, perusahaan pengembang dan penyedia perangkat lunak analisis inbound marketing, yang menggambarkan seberapa kuat performa website di mesin pencari jika dibandingkan dengan kompetitor sejenis. Dalam menggambarkan kekuatan sebuah web, MOZ menggunakan skala dari 1 hingga 100. Semakin tinggi nilai skornya, semakin besar kemungkinan situs web tersebut akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian. Namun, perlu diingat bahwa Domain authority bukanlah faktor peringkat dari Google sehingga tidak berpengaruh langsung pada halaman hasil pencarian Google. Meskipun begitu, Domain Authority merupakan alat yang bagus untuk memprediksi performa SEO sebuah web.

Perbedaan Domain Authority dan Page Authority

Selain Domain authority, SEO Writer juga akan menjumpai istilah page authority. Page authority merupakan skor yang meramalkan peringkat sebuah halaman muncul di hasil pencarian. Jika diibaratkan handphone, Metrik Domain authority merupakan penilaian performa handphone secara keseluruhan sedangkan page authority merupakan penilaian performa kameranya. 

Bagaimanakah Domain Authority yang bagus?

Skor yang dihasilkan Domain authority merupakan hasil kalkulasi berbagai faktor, seperti banyaknya situs web yang terhubung ke situs web tertentu dan total tautan yang ada di dalam situs web tersebut. Pada versi 2019, penghitungan skor Domain Authority menggunakan algoritma machine learning untuk memprediksi seberapa sering domain tersebut muncul dalam hasil pencarian Google. Jika domain A lebih sering muncul dalam hasil pencarian Google dibandingkan domain B, maka skor domain A akan lebih tinggi dibandingkan dengan skor domain B. Karena perhitungan ini  didasarkan pada perhitungan machine learning, maka nilainya akan terus berfluktuasi bergantung pada ketersediaan data. Metriks ini sebaiknya hanya dijadikan sebagai metriks sekunder karena adanya domain besar seperti Facebook dan Twitter yang memiliki jutaan link sehingga domain besar tersebut memiliki skor yang sulit untuk disandingkan.

Jika sebuah halaman memiliki backlink dari halaman dengan skor Domain authority tinggi, seperti Google, Wikipedia, akan berpeluang mendapatkan skor Domain authority lebih tinggi. Misalnya, web AMD Academy dirujuk dalam artikel yang dibuat Facebook, maka skor Domain Authority AMD akan meningkat.

Ukuran baik buruknya Domain authority bukanlah ukuran one size fits all,  skor penilaian DA bisnis satu dengan bisnis lainnya pasti berbeda. Oleh karena itu penting bagi bisnis untuk melakukan evaluasi komparatif hanya pada bisnis pesaing, bukan keseluruhan industri.

Baca Juga: Machine Learning Youtube: Teknologi Yang Sering Dikira Stalker!

Cara Meningkatkan Skor Domain Authority:

Jika Anda ingin meningkatkan skor Domain authority, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap skor tersebut. Berikut cara-cara yang dapat Anda tempuh untuk meningkatkan skor Domain authority:

1. Meningkatkan kualitas dan relevansi konten: 

Agar skor DA Anda naik, konten yang dihasilkan oleh web Anda haruslah berkualitas, informatif, dan relevan dengan kata kunci yang dibahas.

2. Memiliki backlink yang berkualitas

Seperti disebutkan sebelumnya, backlink berpengaruh terhadap skor DA sebuah website, tetapi perlu diperhatikan bahwa backlink tersebut harus berkualitas dan relevan dengan topik.

3. Usia domain

Di dunia ini tidak ada yang instan, semuanya membutuhkan proses, hal ini juga berlaku bagi domain. Tidak ada domain baru yang tiba-tiba memiliki skor tinggi, sebab domain yang lama dan stabil lah yang akan memiliki domain yang lebih tinggi.

4. Memperbaiki struktur dan kualitas situs web 

Struktur dan kualitas situs web yang baik, termasuk navigasi yang mudah dan penggunaan meta tag yang sesuai, dapat meningkatkan otoritas domain.

5. Meningkatkan interaksi pengguna

Skor Domain authority juga dipengaruhi oleh hal eksternal lain seperti pengunjung. Semakin sering pengunjung berinteraksi di dalam web seperti berbagi konten atau meninggalkan komentar, maka akan semakin tinggi pula skornya. 

Mengecek Domain authority

Sebelum Anda mencoba mengoptimasi web Anda dengan memeperbaiki faktor-faktor diatas, sebaiknya Anda mengetahui skor Domain authority Anda terlebih dahulu. Skor awal inilah yang kemudian Anda gunakan untuk dievaluasi di kemudian hari. Berikut merupakan langkah-langkah untuk mengecek Domain authority:

Halaman pengecekan Domain Authority di Moz

  • Masukkan domain web Anda dan klik check authority

Contoh memasukan alamat website

  • Lalu skor Domain authority akan muncul

Contoh hasil skor Domain authority

Begitulah rangkuman AMD Academy terkait pentingnya Domain authority bagi SEO Writer dan langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan skor domain Anda. Bagi Anda yang tertarik belajar SEO, yuk ikuti pelatihan dan sertifikasi digital marketing di AMD Academy! Pelatihan ini cocok bagi Anda yang ingin memiliki keterampilan yang diakui, karena Anda akan mendapat sertifikasi dari BNSP! Yuk ikut pelatihannya dan klaim diskon khusus di minggu ini. Hubungi admin kami melalui Whatsapp atau kunjungi Official Instagram kami di @amd.academy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *