Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Tips Mengadakan Giveaway Instagram Secara Legal dan Efektif

Saat ini, Instagram telah menjadi salah satu pilihan utama bagi bisnis untuk promosi dan memperluas jangkauan audiens. Mereka menggunakan berbasgai strategi untuk memenangkan hati audiens, salah satu caranya adalah dengan mengadakan Giveaway. Bagaimana tidak, cara ini telah terbukti ampuh dalam meningkatkan interaksi followers. Namun, sebelum Anda memulai giveaway, anda perlu terlebih dahulu memahami guidelines Instagram agar dapat mengadakannya secara legal dan menghindari potensi akun ke-banned. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan strategi yang efektif untuk memaksimalkan hasil dari giveaway Anda. Dalam artikel ini, AMD Academy akan mengulas beberapa tips tentang cara mengadakan giveaway Instagram yang legal dan efektif bagi bisnis Anda. Selamat membaca~

Apa itu Giveaway?

giveaway

Giveaway merupakan promosi bisnis yang bertujuan meningkatkan prospek dan penjualan, sehingga meningkatkan awareness target audiens dengan cara memberikan hadiah berupa produk atau merchandise sebagai sarana promosi merek. Hadiah ini berperan sebagai insentif bagi audiens target untuk engaging, yang meningkatkan brand awareness. Misalnya Anda memiliki bisnis di bidang fashion, anda dapat menggunakan strategi ini untuk mempromosikan lini pakaian baru dengan membagikan beberapa item koleksi tersebut sebagai hadiah. Jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional lain, biaya giveaway tergolong cukup murah, sebab dalam strategi ini Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian hadiah.

Apakah Giveaway boleh menurut Guidelines Instagram?

credit: canva

Agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan menjadi top of mind dalam industri, akun media sosial Anda haruslah profesional. Sehingga, giveaway yang Anda lakukan haruslah mematuhi semua aturan atau guidelines Instagram. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat mendapat reputasi positif dan membangun kepercayaan dengan audiens Anda, yang membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan dan mengembangkan bisnis Anda.

Jika ditinjau dari halaman community guidelines, Instagram mendorong interaksi yang bermakna juga tulus antar pengguna. Agar platform tersebut tidak terkena spam, pengguna diminta untuk tidak mengumpulkan like, follower, atau share yang fiktif, men-spam komentar atau konten yang berulang, atau menghubungi orang untuk tujuan komersial tanpa izin. Selain itu, pengguna juga tidak boleh memberi giveaway berupa uang atau hadiah sebagai imbalan atas like, follower, atau share.

Algoritma Instagram yang terus berubah

Banyak artikel yang mencantumkan giveaway sebagai salah satu tips untuk mengembangkan akun Instagram. Sayangnya, Instagram telah banyak berubah sejak kemunculannya, sehingga banyak tips dan trik yang dulunya berhasil sekarang tidak lagi berhasil. Hal ini disebabkan karena perubahan algoritma yang membedakan akun palsu dan mengutamakan engagement daripada jumlah followers. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman pengguna terbaik. Seperti yang Anda tau, beranda Instagram saat ini tidak lagi diurutkan berdasarkan kronologis melainkan berisi konten dengan kualitas teratas. Konten ini diukur berdasarkan engagement: suka, komentar, bagikan, dan simpan. Instagram akan memprioritaskan akun dengan konten yang menarik dan orang-orang yang enganging di platform mereka.

Instagram terus memperbaiki algoritmanya untuk mengurangi aktivitas spam, mengenali perbedaan antara pengikut asli dan pengikut palsu (ghost) dan pembelian like atau followers. Algoritma bertugas meningkatkan pengalaman pengguna dengan bertindak sebagai filter mengidentifikasi dan menghapus akun spam. Algoritma ini akan mengamati interaksi akun atau engagement. Jika Anda perhatikan di Instagram, postingan dengan engagement tinggi semakin sedikit korelasinya dengan jumlah followers. 

Baca juga: Engagement Seret? Strategi Gimik Bisa Jadi Solusinya!

Lalu, Kapan Giveaway Dilakukan?

Tidak ada jawaban benar atau salah mengenai waktu yang tepat untuk mengadakan giveaway di Instagram. Salah satu trigger paling umum untuk melakukan giveaway adalah ketika peluncuran produk baru. Giveaway ini dilakukan untuk menghasilkan hype terhadap peluncuran produk baru. dan membangkitkan semangat followers brand Anda di saat yang sama. Namun, hal tersebut tidak berarti Anda tidak bisa mengadakan giveaway tanpa alasan yang spesifik. Tidak ada jawaban yang benar juga tentang sebaiknya seberapa sering sebuah brand  harus melakukan giveaway. Anda dapat melakukan giveaway sekali-kali saja ataupun berulang. Jika Anda menjalankan giveaway dan kontes secara konsisten sebagai bagian dari strategi konten secara keseluruhan, maka potensi ROI (return on investment) atau pengembalian investasi bisa sangat besar. Mengadakan giveaway secara teratur juga bisa menjadi cara yang bagus untuk mendorong followers untuk terus memperhatikan feed Anda. 

Tips Mengadakan Giveaway

Menjelaskan Syarat dan Ketentuan Giveaway

Ketika Anda mengadakan giveaway, penting bagi Anda untuk menjelaskan syarat dan ketentuan di Instagram. Hal ini seringkali diabaikan, padahal sangat penting untuk melindungi diri Anda dari masalah atau keluhan yang mungkin muncul dari peserta giveaway. Pastikan Anda menyebutkan tanggal partisipasi, batasan usia dan lokasi, serta memberikan pedoman yang jelas tentang cara masuk ke dalam promosi giveaway. Setelah Anda memiliki syarat dan ketentuan giveaway di Instagram, bagikan kepada pengikut Anda dengan menambahkan tautan ke Bio. Instagram juga menekankan pentingnya untuk menunjukkan bahwa giveaway Anda tidak disponsori, didukung, diadministrasikan, atau terkait dengan Instagram secara langsung. Dengan membagikan syarat dan ketentuan yang jelas, Anda tidak hanya melindungi diri Anda dari masalah yang mungkin timbul, tetapi juga memastikan bahwa peserta giveaway memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang diharapkan dari mereka dan bagaimana mereka bisa berpartisipasi dengan benar.

Menampilkan hadiah yang ingin diberikan

Peserta giveaway mengikuti giveaway karena ingin memenangkan hadiah. Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan keterlibatan di Instagram dengan menarik sebanyak mungkin peserta, pastikan Anda mengumumkan giveaway Anda dengan gambar yang menarik perhatian dan menampilkan hadiah utama. Kami juga merekomendasikan Anda menambahkan kata “giveaway” pada gambar tersebut agar lebih mudah terlihat oleh pengguna Instagram.

Lakukan promosi lintas platform 

Ketika melakukan giveaway anda juga dapat menarik traffic dari akun Facebook, Twitter, TikTok, atau YouTube. Kemungkinan besar Anda akan menarik lebih banyak peserta daripada jika Anda hanya fokus pada Instagram. Anda juga dapat menambahkan pop-up ke situs web atau blog Anda.

Demikianlah beberapa tips dalam mengadakan giveaway di Instagram secara legal dan efektif. Penting untuk memahami aturan dan ketentuan yang berlaku dalam menjalankan giveaway agar tidak melanggar hukum dan merugikan peserta maupun pihak lainnya. Selain itu, perencanaan yang matang dan kreativitas dalam mengemas giveaway dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan memperluas jangkauan brand Anda di platform Instagram. Jika Anda tertarik mempelajari strategi digital marketing, Anda dapat mengikuti pelatihannya di AMD Academy, Penyelenggara Pelatihan Digital Marketing dan Sertifikasi Digital Marketing BNSP. Yuk, daftar pelatihannya dengan menghubungi Whatsapp kami di sini atau kunjungi Instagram official kami di @amd.academy untuk info lainnya. Anda juga dapat menambah insight Anda dengan berbagai artikel menarik dan bermanfaat lainnya di Jasa Konsultan IT.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *