Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Kenali Target Konsumen Lebih Dekat dengan Google Analytics

Salah satu hal terpenting dalam menjalankan bisnis adalah mengenali siapa target pelanggan kita. Dengan mengenali pelanggan, kita dapat memberikan layanan yang baik dan sesuai kebutuhan mereka sehingga akan menghasilkan hubungan pelanggan yang kuat dan WOM yang kuat Di era digital saat ini, salah satu cara untuk memahami pelanggan adalah dengan menggunakan Google Analytics. Google Analytics merupakan platform analitik web yang membantu pemilik website untuk memahami perilaku pengunjung website dan memberikan informasi penting tentang preferensi, perilaku, dan karakteristik pelanggan. Dengan menggabungkan data dari Google Analytics dengan informasi internal bisnis, Anda dapat memperoleh gambaran yang lebih lengkap dan mendalam tentang pelanggan Anda, sehingga memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan strategi pemasaran dan meningkatkan kinerja bisnis Anda secara keseluruhan. Pada Artikel kali ini, AMD Academy akan membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara  kenali target konsumen Google Analytics  dan memperoleh manfaat maksimal dari informasi yang didapatkan.

Pentingnya Mengenal Pelanggan Lebih Dekat

pentingnya mengenal pelanggan lebih dekat
credit: canva

Mengenali pelanggan secara mendalam merupakan hal yang penting bagi sebuah bisnis, tidak peduli apakah bisnis tersebut  baru memulai ataupun bisnis yang sudah berdiri selama puluhan tahun. Sebab dengan mengenal mereka lebih dalam, Anda akan mengetahui siapa sebenarnya pelanggan Anda, mendorong konversi, dan meningkatkan pendapatan bisnis secara keseluruhan. Perusahaan yang sukses menempatkan riset pasar sebagai hal yang tertanam dalam budaya perusahaan mereka. Sebab, menurut mereka pelanggan adalah orang-orang yang membeli produk Anda dan yanh akan merekomendasikannya kepada calon pelanggan lain. 

Ketika melakukan riset pasar secara mendalam, Anda akan mendapat banyak feedback yang diperlukan dalam perbaikan dan developing produk baru. Tahap ini sebenarnya hanyalah tahapan awal, Anda harus gigih dalam mengumpulkan dan menganalisis data dalam mencari dan memahami apa yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan oleh calon pelanggan bisnis Anda. Anda perlu memahami apa yang akan menarik perhatian mereka, apa pain points mereka, dan bagaimana bisnis Anda dapat memberikan solusi yang dibutuhkan oleh target konsumen Anda. 

Menggunakan Google Analytics dalam Riset Pasar

google analytics

Google Analytics merupakan platform analitik website yang dapat membantu bisnis dalam melacak, mengukur, dan menganalisis data pengunjung website. Google Analytics dapat membantu brand dalam melakukan market research dengan memberikan data yang berguna seperti perilaku pengunjung dalam website, asal datangnya traffic, perilaku konsumen, dan kinerja konten. Informasi inilah yang dapat membantu brand dalam membuat keputusan pemasaran yang lebih baik dan meningkatkan user experience di website mereka.

Baca juga: Cari Tahu Fitur terbaru Google Analytics 4 dan Cara Pasangnya!

Istilah dasar Google Analytics

Sebelum Anda menggunakan Google Analytics untuk research, sebaiknya Anda memahami istilah-istilah dasar yang biasa digunakan dalam Google Analytics:

Users

Merujuk pada orang-orang yang telah mengunjungi situs web setidaknya satu kali dalam rentang tanggal yang dipilih, dan mencakup pengunjung baru dan kembali.

Dimensions

Merujuk pada karakteristik deskriptif dari sebuah objek. Misalnya, browser, halaman keluar, dan durasi sesi semuanya dianggap sebagai dimensi. Dimensi membantu dalam memberikan gambaran tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web dan bagaimana situs web berkinerja.

Metrics

Merujuk pada statistik individual dari dimensi, seperti rata-rata durasi sesi atau jumlah tampilan layar. Metrics membantu dalam memberikan angka-angka konkret yang dapat digunakan untuk mengukur performa situs web dan mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran.

Bounce Rate

Ini adalah persentase kunjungan halaman tunggal, yang berarti bahwa seseorang meninggalkan situs web dari halaman yang sama di mana mereka memasuki situs web; alias, mereka tidak berinteraksi dengan situs web. Bounce rate dapat memberikan gambaran tentang seberapa menarik atau relevan konten situs web bagi pengunjung.

Sessions

Sesi adalah periode waktu di mana pengguna aktif terlibat dengan situs web. Sesi dihitung dari saat pengguna memasuki situs web hingga mereka meninggalkannya atau tidak aktif selama 30 menit. Pengukuran sesi membantu dalam mengevaluasi seberapa lama pengguna tinggal di situs web dan seberapa sering mereka kembali untuk mengunjungi situs web tersebut.

Informasi yang Didapat dari Google Analytics

Sebagai Marketer Anda perlu memahami target konsumen dengan memanfaatkan semua data yang tersedia dalam Google Analytics. Namun, apabila Anda baru terjun menggunakan Google Analytics, Anda mungkin akan sedikit kewalahan dengan banyaknya data dan fitur yang harus dikuasai, karenanya Anda perlu mengetahui data-data penting apa saja yang perlu diperhatikan.

Demographics

Data demografi seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi geografis dapat membantu memahami audiens dan membuat strategi pemasaran yang lebih efektif.

Acquisition

Data akuisisi seperti sumber lalu lintas (organik, sosial, atau referral), kata kunci yang digunakan untuk menemukan situs web, dan lokasi geografis sumber lalu lintas, dapat membantu memahami bagaimana pengunjung menemukan situs web dan bagaimana kampanye pemasaran sedang berjalan.

Behavior

Data perilaku seperti halaman yang paling sering dilihat, rata-rata durasi sesi, dan tingkat bounce rate dapat membantu memahami bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs web dan bagaimana situs web dapat dioptimalkan untuk meningkatkan keterlibatan pengunjung.

Conversions

Data konversi seperti jumlah transaksi dan rata-rata nilai transaksi dapat membantu memahami efektivitas kampanye pemasaran dan seberapa sukses situs web dalam mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

Site Speed

Data kecepatan situs web dapat membantu memahami seberapa cepat halaman website memuat dan bagaimana hal ini dapat mempengaruhi pengalaman pengguna dan penilaian SEO.

Mobile

Data penggunaan situs web melalui perangkat mobile dapat membantu memahami bagaimana pengunjung mengakses situs web dan bagaimana situs web dapat dioptimalkan untuk pengalaman pengguna mobile yang lebih baik.

Dengan data tersebut, brand dapat membuat strategi pemasaran yang lebih efektif dan meningkatkan pengalaman pengguna dalam website mereka. Namun, untuk memaksimalkan pemanfaatan Google Analytics, Anda perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam digital marketing. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengikuti Pelatihan Digital Marketing agar dapat memaksimalkan potensi dari Google Analytics dan memperluas jangkauan bisnis mereka secara online. Jika Anda tertarik mempelajari strategi digital marketing, Anda dapat mengikuti pelatihannya di AMD Academy, Penyelenggara Pelatihan Digital Marketing dan Sertifikasi Digital Marketing BNSP. Yuk, daftar pelatihannya dengan menghubungi Whatsapp kami di sini atau kunjungi Instagram official kami di @amd.academy untuk info lainnya. Anda juga dapat menambah insight Anda dengan berbagai artikel menarik dan bermanfaat lainnya di Jasa Konsultan IT.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *