Anda tentu tidak asing dengan Youtube, sebuah platform yang memungkinkan Anda untuk menonton dan juga berbagi video kepada seluruh orang di seluruh dunia. Menurut data dari Statista, pada bulan November 2022, YouTube mencatat sekitar 71,66 miliar kunjungan dari perangkat seluler dan lebih dari delapan miliar kunjungan dari pengguna desktop. Banyaknya traffic ini, kemudian dimanfaatkan banyak bisnis sebagai media promosi. Tidak mengherankan apabila bisnis-bisnis tersebut bersaing sengit dengan banyak cara demi mencapai viewers sebanyak-banyaknya. Salah satu caranya adalah melalui strategi organik, Search Engine Optimization (SEO) Youtube.
SEO YouTube merupakan strategi organik untuk meningkatkan peringkat video di halaman hasil pencarian YouTube. SEO YouTube melibatkan optimasi metadata untuk meningkatkan kemampuan orang menemukan dan menonton video Anda. Jika bisnis Anda tertarik menggunakan SEO Youtube, sebagai salah satu strategi digital marketing, Anda dapat menyimak ulasan kami mengenai optimasi metadata dalam artikel kali inu. Selamat membaca!
Apa Itu Metadata Youtube?
Metadata YouTube merupakan informasi pelengkap yang diunggah bersama video ke platform YouTube. Metadata berfungsi memberikan deskripsi video, memberi tahu viewers tentang isi konten dan tujuan video, juga membuat video mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari topik terkait. Metadata terdiri dari beberapa elemen, seperti judul, deskripsi, tag, thumbnail, kategori, dan informasi lain seperti tanggal pembuatan, lokasi, dan pembuat video. Elemen-elemen ini membuat video lebih mudah ditemukan oleh viewers dan menarik perhatian mereka untuk menonton. Pengisian metadata yang baik akan membuat video Anda berpeluang lebih besar untuk masuk di hasil pencarian YouTube. Oleh karena itu, setiap Anda mengunggah video ke platform ini, penting bagi Anda untuk mengoptimalkan metadata video tersebut.
Bagian-Bagian Metadata Youtube
Metadata merupakan informasi yang menjelaskan video YouTube yang terdiri dari beberapa elemen, termasuk:
- Judul Video: Judul video adalah nama dari video tersebut dan biasanya menjadi elemen metadata yang paling menonjol. Judul video harus menarik, singkat, dan mencerminkan isi dari video tersebut.
- Deskripsi Video: Deskripsi video berisi penjelasan tentang konten video. Deskripsi harus berisi kata kunci dan tagar yang sesuai dengan konten video.
- Tag: Tag merupakan kata kunci atau frasa yang menggambarkan isi video. Tag dapat membantu penonton menemukan video dalam pencarian.
- Thumbnail: Gambar kecil yang muncul sebagai gambar sampul video.
- Kategori: Merupakan jenis video, seperti musik, olahraga, atau hiburan.
- Bahasa: Bahasa video harus diatur untuk memudahkan penonton menemukan video dalam pencarian yang menggunakan bahasa tertentu.
- Durasi: Durasi video harus ditentukan untuk memberitahu penonton seberapa lama video tersebut.
- Tanggal Publikasi: Tanggal publikasi video menunjukkan kapan video itu pertama kali diunggah ke YouTube.
Baca juga: Machine Learning Youtube: Teknologi Yang Sering Dikira Stalker!
Optimasi Judul dan Deskripsi Video Youtube
Tahukah kamu, bahwa di tahun 2022 sekitar 500 jam video diupload ke Youtube permenitnya. Dengan begitu banyaknya konten yang diupload di youtube persaingan untuk membuat video yang kamu unggah menjadi menonjol semakin sulit. Namun, sulit bukan berarti tidak ada jalan. Jika Anda ingin menumbuhkan channel YouTube Anda dan mendapat viewers yang tinggi, salah satu cara yang bisa Anda tempuh ialah dengan mengoptimalkan judul dan deskripsi video.
Judul merupakan hal pertama yang dilihat pengguna ketika mereka menjelajah video di platform YouTube. Jika judul yang Anda cantumkan menarik dan jelas, kemungkinan pengguna akan tertarik dan mengklik video tersebut akan semakin tinggi. Menambahkan deskripsi pada video Anda berpengaruh dalam SEO YouTube, yang memungkinkan algoritma YouTube untuk memahami konten Anda dan merekomendasikannya kepada pengguna baru, yang dapat meningkatkan statistik YouTube Anda secara keseluruhan. Dengan kata lain, optimasi dudul dan deskripsi video Youtube dapat meningkatkan jumlah viewers dan membantu mengembangkan channel YouTube Anda.
Tips Membuat Judul yang Menarik
Buatlah judul yang jelas dan ringkas, tetapi menarik.
Judul yang terlalu panjang dapat membingungkan dan tidak menarik perhatian pengguna.
Gunakan kata kunci yang relevan dalam judul
Kata kunci yang relevan akan membantu algoritma YouTube untuk memahami konten Anda dan meningkatkan kemungkinan muncul di hasil pencarian.
Kenali Siapa Target Audiens
Sama seperti copywriting, dalam menulis judul video Anda juga perlu memperhatikan siapa target audiens Anda, sebab dengan mengetahui target audiens, Anda dapat membuat judul yang lebih spesifik dan relevan dengan kebutuhan mereka, sehingga menarik perhatian dan memotivasi mereka untuk membaca konten Anda.
Judul harus menyentuh Pain Points Target Audiens
Ketika target audiens membaca judul yang menggambarkan masalah yang mereka alami, mereka akan tertarik dan ingin mencari solusi atau informasi tentang masalah tersebut. Hal ini akan membuat mereka cenderung menonton video.
Tips Membuat Deskripsi Video yang Relevan dan Informatif
Gunakan kata kunci yang relevan
Masukkan kata kunci yang relevan dengan isi video dan pencarian yang dilakukan oleh target audiens. Hal ini akan membantu meningkatkan visibilitas video di mesin pencari dan juga memudahkan target audiens menemukan video Anda.
Jelaskan isi video secara singkat
Deskripsikan isi video secara singkat dan jelas, sehingga target audiens dapat mengetahui apa yang akan mereka lihat dalam video tersebut. Usahakan untuk membuat deskripsi yang menarik dan menggugah minat untuk menonton video.
Pertimbangkan target audiens
Pertimbangkan siapa target audiens Anda dan tulis deskripsi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika video ditujukan untuk pengguna baru, buat deskripsi yang lebih rinci dan menjelaskan konsep secara lebih detail.
Memilih Tag yang Tepat
Tag yang relevan sangatlah penting karena membantu optimasi pencarian video. Tag yang tepat akan membantu video lebih mudah ditemukan penonton yang relevan dengan kata kunci yang digunakan dan meningkatkan visibilitas video dan dapat membantu dalam membangun audiens yang lebih besar. Selain itu, menggunakan tag yang tepat juga membantu YouTube dalam memahami isi video dengan lebih baik. Sehingga memperbaiki kinerja video di YouTube dengan menempatkannya di kategori yang tepat, menyarankan video yang lebih baik kepada penonton yang relevan, dan membantu YouTube menunjukkan iklan yang tepat untuk video tersebut. Oleh karena itu, Anda harus memilih tag dengan hati-hati dan relevan untuk video. Penggunaan tag yang tidak relevan dapat mempengaruhi reputasi kanal YouTube secara keseluruhan.
Cara memilih tag untuk video Youtube
Menurut Ahfrefs, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk memilih tag yang relevan untuk video Anda:
Menggunakan kata kunci utama sebagai tag pertama
Panduan resmi YouTube menyarankan untuk menggunakan kata-kata dan frasa yang paling masuk akal untuk video. Oleh karena itu, kita hampir selalu menggunakan kata kunci utama sebagai tag pertama kita.
Tambahkan kata kunci umum dan relevan
Selain kata kunci utama, Anda juga perlu menambahkan kata kunci tambahan yang relevan dengan video Anda. Anda dapat mencari kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci utama dengan meng-install ekstensi browser vidIQ gratis (atau TubeBuddy).
Membuat Thumbnail yang Menarik
Thumbnail pada video YouTube merupakan hal yang penting sebab thumbnail-lah yang membuat kesan pertama pada pengguna. Sebelum pengguna memutuskan untuk menonton video, pengguna akan melihat thumbnail pada video tersebut. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, platform YouTube sangatlah kompetitif, dengan jutaan video yang tersedia, pengguna hanya memiliki beberapa detik untuk memutuskan apakah akan menonton video Anda atau tidak. Oleh karena itu, penting membuat thumbnail yang menarik perhatian pengguna.
Tips Membuat Thumbnail yang Menarik
Tampilkan wajah yang ekspresif
Manusia cenderung tertarik pada wajah yang dilihat di layar komputer, terutama dengan wajah yang ekspresif. Thumbnail seperti ini membuat orang penasaran tentang alasan di balik ekspresi tersebut, sehingga membuat penonton tertarik untuk mengklik video.
Menggunakan ukuran teks besar
Thumbnail berukuran relatif kecil, sheingga Anda perlu membuat teks yang besar dan juga di bold agar huruf tetap terlihat jelas meskipun thumbnail kecil.
Menggunakan warna yang kontras
Warna yang kontras membuat teks lebih menonjol, sebab akan lebih mudah dibaca.
Nah, sekarang Anda telah menegertikan bagaimana optimasi metadata pada video YouTube dapat meningkatkan visibilitas video. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda dapat meningkatkan kemungkinan video Anda muncul di hasil pencarian dan menarik lebih banyak penonton. Jika Anda tertarik mempelajari strategi digital marketing, Anda dapat mengikuti pelatihannya di AMD Academy, Penyelenggara Pelatihan Digital Marketing dan Sertifikasi Digital Marketing BNSP. Yuk, daftar pelatihannya dengan menghubungi Whatsapp kami di sini atau kunjungi Instagram official kami di @amd.academy untuk info lainnya. Anda juga dapat menambah insight Anda dengan berbagai artikel menarik dan bermanfaat lainnya di Jasa Konsultan IT.