Pada era globalisasi, marketer sangatlah memerlukan pemahaman tentang teknik marketing online dan strateginya. Bukan tanpa sebab, peningkatan bisnis secara online saat ini tumbuh dengan pesat dan tidak bisa dihindari oleh semua bisnis. Semakin mudahnya akses internet membuat pasar dalam bisnis online begitu luas, sehingga perlu adanya strategi dan teknik marketing online.
Jika zaman dahulu berhasil tidaknya program marketing sangatlah bergantung pada adanya billboard, iklan radio, iklan TV, hingga pamflet, hal tersebut sangatlah berkebalikan saat ini. Sebab bisnis yang baik dan survive adalah mereka yang mampu beradaptasi dengan lingkungan dimana mereka beroperasi dan terus berinovasi.
Penerapan strategi marketing online sangatlah bermanfaat untuk sebuah bisnis, sebab proses dan biaya pemasaran akan semakin efisien dan mudah. Pemasar pada seluruh lini kini berupaya melakukan peningkatan terhadap teknik marketing mereka dengan bantuan digitalisasi. Oleh karena itu, pemilik bisnis harus berupaya mempertahankan competitive advantage secara sempurna dengan menggunakan teknik marketing online yang lebih expert. Nah jika Anda sedang merintis bisnis online dan bingung cara menerapkan teknik marketing online, simak pembahasan berikut untuk mendapatkan jawaban teknik marketing online yang tepat untuk bisnis Anda!
Apa Itu Marketing Online?
Sebelum masuk ke pembahasan utama, terlebih dahulu Anda perlu memahami apa sih sebenernya marketing online itu? Marketing online adalah suatu usaha dalam mempromosikan sebuah produk dan merek dengan media digital atau online yang dapat menjangkau konsumen secara pribadi, tepat waktu, dan pastinya tetap relevan. Marketing online sangatlah bergantung dengan adanya internet dan media digital, sebab media tersebut lah yang akan menjadi tempat mereka beroperasi.
Teknik Marketing Online
Tipe marketing online juga mencakup banyak teknik dan praktik, agar lebih expert langsung saja kita bahas teknik marketing online yang patut Anda coba!
1. SEO (Search engine Optimization)

SEO atau yang biasa disebut Search Engine Optimization menjadi salah satu teknik marketing online yang sangat efektif saat ini. Teknik ini tidak hanya bermanfaat untuk bisnis yang telah besar dan terkenal, namun juga sangat bermanfaat untuk bisnis yang tergolong mikro.
Jika Anda ingin menggunakan teknik ini, diperlukan pemahaman tentang website dalam menjalankan bisnis dan optimasi bisnis tersebut. SEO disini hadir untuk membantu meningkatkan traffic pada website yang Anda miliki.
Sampai saat ini SEO tetap dimanfaatkan oleh para digital marketer untuk meningkatkan hasil marketing mereka, sebab search engine menjadi salah satu metode yang masih banyak digunakan orang untuk mencari produk yang mereka butuhkan. Tertarik belajar SEO? yuk coba hal berikut.
- Penerapan SEO dalam bisnis:
Penerapan optimasi SEO terdiri atas on-page dan off-page. SEO off-page adalah penanaman backlink pada website lain, dimana link yang ditanam akan mengarah pada website sendiri. Sebagai contoh: jika website Anda merupakan website jasa pelatihan seperti konsultan IT seperti Arkatama, maka link building pada website lain haruslah website yang berhubungan dengan jasa konsultan IT, infrastruktur IT, dan sebagainya. Berikut contoh real link building yang Arkatama lakukan pada website lain:

Pada contoh tersebut Arkatama melakukan usaha pembuatan bakclink pada website Kompasiana, dimana website tersebut juga telah memiliki kualitas yang baik dalam hal relevansi, page & domain authority, anchor text, traffic website, hingga Dofollow dan Nofollow. Dengan demikian bakclink yang dibuat tersebut termasuk berkualitas.
2. SEM (Search engine Marketing)

SEM (Search Engine Marketing) merupakan salah satu alternatif marketing online yang efektif dijadikan cara pemasaran online. Teknik marketing online satu ini memiliki kemiripan dengan cara kerja SEO, sebab masih bermuara pada satu search engine yaitu Google. Perbedaannya terletak pada biaya yang dikeluarkan untuk kedua metode ini, jika SEM berbayar sedangkan SEO tidak berbayar.
Perbedaan tersebut menjadikan kelebihan tersendiri bagi SEM, sebab para pemilik website bisnis dan sebagainya dapat mudah muncul pada top search Google tanpa perlu repot-repot melakukan optimasi website mereka. Ciri khas website yang menggunkan SEM yaitu adanya penanda “ad” atau “iklan” pada bagian awal paragraf website-nya.
Saat ini tools yang sangat terkenal untuk digunakan adalah Google Ads. Hal ini tidak lain disebabkan oleh kecanggihan fitur Google dalam menargetkan kata kunci yang tepat, dimana belum dapat disaingi oleh para kompetitornya dan juga market Google yang sangat besar menjadikan keunggulan lain dari Google Ads.
- Penerapan SEM dalam bisnis:
Contoh penggunaan SEM, jika Anda sedang berusaha meningkatkan traffic dan awareness dari website jasa transportasi Anda. Maka Anda perlu melakukan riset keyword yang potensial, efektif, dan efisien untuk diiklankan menggunakan SEM dari Google. Hal ini akan meningkatkan brand awareness, targeting konsumen yang tepat, dan sangat efektif untuk menjangkau konsumen yang terlokalisasi.
Contoh penerapan SEM bisnis sewa motor dan riset keyword:
Pada gambar diatas menunjukkan bahwa ada 2 target keyword yang akan dioptimasi menggunakan Google Ads, sehingga perlu dilakukan riset trends mana yang lebih optimal dan tinggi. Hasilnya keyword “sewa motor jogja” menjadi pilihan, sebab lebih banyak mendapatkan volume pencarian dibandingkan keyword “rental motor jogja”.
3. Content Marketing

Teknik pemasaran online selanjutnya adalah content marketing. Istilah tersebut mencerminkan cara dan fokus pemasarannya, yaitu pada konten. Konten tersebut meliputi berbagai konten di berbagai platform, yaitu Instagram, blog, Facebook, dan lain sebagainya.
Content marketing sendiri bertujuan untuk membangun ikatan yang kuat dengan audiens dalam jangka waktu yang lama. Dengan demikian, bisnis harus membuat konten yang relevan dengan target audiens mereka, agar tercipta perasaan emosional antara target audiens dan bisnis Anda.
- Penerarapan Content Marketing dalam bisnis:
Dalam hal content marketing, video dapat menjadi salah satu langkah yang tepat untuk dilakukan oleh pebisnis. Misalnya memasarkan konten dengan upload video di berbagai platfrom yaitu Youtube, Instagram, Facebook, dan berbagai media sosial lainnya. Anda dapat membagi berbagai segmen dalam berbagai platform dengan berbagai kategori yang berbeda, agar pesan Anda dapat tersampaikan.
Contoh penerapan Content Marketing pada bisnis Arkatama:
Arkatama termasuk salah satu contoh penerapan content marketing pada dunia bisnis, dimana Arkatama menghadirkan banyak konten yang relevan dan menarik untuk menarik para target konsumen mereka.
4. Mobile Marketing

Akses internet yang semakin mudah dan merata menjadikan perangkat seperti smartphone dan tablet menjadi perangkat yang paling banyak digunakan user internet di seluruh dunia, kepraktisan dan portabilitas yang tinggi menjadikan smartphone dan tablet banyak digunakan saat ini. Melihat perkembangan tersebut bisnis yang baik harus mampu menyesuaikan teknik marketing online mereka, dengan harapan mendapatkan target audiens yang lebih tepat.
Website bisnis Anda harus memiliki unsur mobile-friendly dan menarik di mata audiens. Sebab hal tersebut menjadikan website Anda akan cenderung lebih banyak mendapatkan kunjungan website bisnis kompetitor Anda. Anda masih bingung dengan hal ini? Konsultasikan saja ke pelatihan digital marketing.
- Penerapan Mobile Marketing pada bisnis:
Perusahaan Gojek merupakan salah satu contoh yang tepat dalam hal penerapan mobile marketing. Gojek dapat memanfaatkan secara maksimal dalam hal peningkatan user mobile di Indonesia dan juga menjawab permasalahan yang ada di masyarakat. Permasalahan di masyarakat dapat diatasi dengan Gojek tersebut, menjadikan perkembangan Gojek semakin baik dari waktu ke waktu. Contoh penerapan mobile marketing Gojek:

Gojek melalui aplikasi mobile mereka, melakukan marketing untuk menarik user daftar dan menggunakan Bank Jago. Penawaran tersebut juga akan meningkatkan user Gojek untuk mendaftar Bank Jago sebab adanya bonus saldo Gopay Coins yang bisa digunakan pada aplikasi Gojek dan Tokopedia.
5. Personalized Marketing

Teknik pemasaran online satu ini merupakan pilihan yang tepat bagi bisnis yang menginginkan audiens atau konsumen yang tertarget. Anda dapat mulai menggunakan teknik ini diawali dengan segmentasi pada target konsumen, misalnya: usia, hobi, pendapatan, penghasilan, tempat tinggal, dan berbagai kriteria lainnya yang relevan. Personalized marketing menjadi salah satu pilihan tepat unuk mendapatkan target pasar yang tepat, dengan demikian tingkat konversi terhadap penjualan juga akan meningkat.
- Penerapan Personalized Marketing:
Ketika membuka suatu social media setelah membuka marketplace kesayangan Anda, mungkin saja ada rekomendasi atau iklan tentang barang yang relevan bahkan sama dengan yang Anda cari pada marketplace tersebut. Hal ini lah yang dijadikan salah satu metode personalized bagi banyak pihak untuk menjaring konsumen yang lebih tersegmen dan tertarget, dengan harapan tingkat konversi iklan tersebut menjadi lebih tinggi. Penggunaan personalized marketing didukung oleh pixel pada ads yang berguna dalam remarketing.
Contoh penerapan personalized marketing:

Sebagai pengguna Indosat selepas membuka aplikasi MyIm3 lalu membuka Facebook, muncul iklan yang sesuai dengan aktivitas sebelumnya. Sehingga adanya personalized marketing akan lebih tertarget dan meningkatkan tingkat konversi terhadap penjualan.
Tertarik Belajar Teknik Marketing Online?
Bagi Anda yang sedang ingin belajar tentang teknik marketing online dapat mencoba untuk mengikuti kursus pelatihan di AMD ACADEMY. AMD ACADEMY merupakan salah satu tempat pelatihan digital marketing dan marketing online langsung dengan mentor yang merupakan praktisi ahli pada bidangnya. Silahkan akses informasi melalui Instagram @amd.academy dan @arkatamamulti, untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.
Plagiasi: