Dalam dunia bisnis yang penuh persaingan, perhatian pelanggan menjadi faktor utama dalam kesuksesan. Tanpa perhatian yang cukup, produk atau layanan yang ditawarkan tidak akan terjual dengan sukses. Namun, dengan Meta Business Suite, perusahaan dapat menemukan solusi yang tepat untuk menarik perhatian pelanggan. Meta Business Suite menawarkan fitur-fitur yang inovatif dan kemampuan personalisasi yang tinggi, sehingga dapat membantu perusahaan membangun kesadaran merek yang kuat dan menarik perhatian pelanggan dengan efektif. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang bagaimana Meta Business Suite dapat membantu perusahaan meningkatkan perhatian pelanggan dan mencapai kesuksesan bisnis yang lebih besar.
Apa itu Meta Business Suite?
Meta Business Suite adalah sebuah platform manajemen media sosial yang lengkap untuk Facebook dan Instagram yang diluncurkan pada tahun 2020. Dengan menggunakan platform ini, pengguna dapat melakukan berbagai hal, mulai dari membuat dan menjadwalkan konten, merespons interaksi, hingga menganalisis wawasan. Selain itu, pengguna juga dapat merencanakan kampanye organik, menjalankan iklan, dan mengatur aset. Karena Business Suite berfungsi seperti alat manajemen media sosial pada umumnya, pengguna dapat melakukan semua tugas tersebut (dan masih banyak lagi) dalam satu tab. Selain itu, Business Suite juga memungkinkan pengguna untuk beralih antar akun sehingga mereka dapat mengelola Facebook dan Instagram dengan mudah. Business Suite menawarkan akses sekali klik ke hampir semua alat Meta yang diperlukan untuk menjalankan bisnis, sehingga pengguna dapat dengan mudah memprioritaskan kejadian konversi, menyiapkan eCommerce, dan mengelola peran dan izin dari menu utama alat ini.

Mengapa harus Menggunakan Meta Business Suite?
Meta Business Suite adalah alat manajemen media sosial yang lengkap untuk Facebook dan Instagram yang diluncurkan pada tahun 2020. Berikut ini adalah lima alasan mengapa Meta Business Suite sangat berguna:
- Analisis
Salah satu fitur terbaik Meta Business Suite adalah analitik yang disediakannya. Analisis kinerja untuk profil Facebook dan Instagram tersedia di satu dasbor dan sangat penting untuk bersaing dalam ruang bisnis online. - Aksesibilitas lintas platform
Kemampuan untuk bekerja dengan lancar di kedua platform Instagram dan Facebook membantu menghemat waktu dan memastikan konsistensi. Anda juga dapat menjadwalkan postingan tertentu untuk satu platform atau keduanya. - Tag produk
Dengan Meta Business Suite, Anda dapat mengatur belanja, menandai produk, dan memastikan bahwa Anda memudahkan pelanggan untuk melihat dan membeli produk Anda di Instagram dan Facebook. Hal ini penting karena belanja dengan klik-tayang di media sosial semakin populer. - Pengiriman pesan yang lebih mudah
Alat bantu Kotak Masuk Meta Business Suite memudahkan dan mempercepat dalam menanggapi email dan komentar. Anda juga dapat mengatur tanggapan otomatis untuk pertanyaan umum dan mencari pesan, komentar, dan kotak masuk dengan cepat dan mudah. - Aksesibilitas
Meta Business Suite memungkinkan pemilik atau administrator halaman untuk memberikan akses ke orang atau entitas lain dengan menetapkan salah satu dari enam peran yang menentukan jenis akses yang dimiliki setiap orang. Hal ini tidak hanya membantu tim Anda tetap terorganisir, tetapi juga menjaga akun bisnis Anda tetap aman. Anda dapat memberikan akses pada agensi pemasaran digital yang menangani semua pemasaran media sosial Anda dan membatasi tindakan apa yang bisa mereka lakukan.


Langkah switch akun Instagram personal ke profesional
Berikut adalah cara untuk mengubah akun Instagram Anda menjadi profil bisnis:
- Masuk ke akun Instagram Anda dan klik ikon “Pengaturan” (ikon tiga titik di bagian atas kanan profil).
- Scroll ke bawah pada menu Pengaturan hingga Anda menemukan opsi “Beralih ke Profil Bisnis” atau Switch to Professional Account.
- Klik opsi tersebut dan Anda akan diarahkan ke halaman baru yang memberikan informasi tentang Profil Bisnis. Klik “Lanjutkan”.
- Kemudian, Anda akan diminta untuk menghubungkan akun Instagram Anda dengan halaman Facebook Anda. Jika Anda belum memiliki halaman Facebook, Anda harus membuatnya terlebih dahulu.
- Setelah menghubungkan akun Instagram dengan halaman Facebook Anda, Anda akan diminta untuk memperbarui informasi profil bisnis Anda.
- Untuk menambahkan akun Instagram Anda ke halaman Facebook, buka halaman Facebook Anda, masuk ke “Pengaturan”, pilih “Opsi Instagram”, dan tambahkan akun Instagram Anda di sana.
- Akhirnya, akun Instagram Anda berhasil diubah menjadi profil bisnis.
Langkah perubahan akun menjadi Facebook Fanpage
Langkah Pertama
Masuk ke akun Facebook Anda. Setelah berhasil login, buka URL https://www.facebook.com/pages/create.php di tab baru pada browser. Di halaman yang terbuka, Anda akan diberikan 6 jenis klasifikasi. Pilihlah salah satu klasifikasi yang sesuai dengan bisnis Anda dari antara 6 pilihan berikut:
- Local business or place
- Company, organization or institution
- Brand or product
- Artist, band or public figure
- Entertainment
- Cause or Community
Memilih klasifikasi yang tepat sangat penting karena ini akan membantu meningkatkan peringkat halaman Anda dalam pencarian yang relevan di Facebook sesuai dengan informasi yang Anda berikan di halaman Anda. Pastikan Anda memilih kategori yang sesuai dengan bisnis Anda. Setelah memilih klasifikasi, masukkan nama bisnis Anda di kolom yang tersedia. Selanjutnya, centang kotak “Saya setuju dengan Ketentuan Halaman Facebook” dan klik tombol “Mulai”.
Langkah Kedua
Anda perlu mengisi informasi tentang halaman Facebook bisnis Anda dengan detail yang akurat. Selain itu, penting untuk mengunggah foto yang berkualitas tinggi untuk membuat halaman Anda terlihat profesional. Foto ini akan muncul setiap kali Anda membuat postingan baru, membalas komentar, atau ditampilkan pada news feed. Sebaiknya gunakan logo bisnis atau foto yang dapat mewakili bisnis Anda dengan baik. Pastikan untuk mengunggah foto dengan ukuran 180×180 piksel untuk gambar profil Anda dan pastikan gambar tersebut memiliki kualitas yang baik. Selain itu, pastikan untuk mengisi bagian “Tentang” pada halaman Facebook bisnis Anda dengan deskripsi singkat tentang bisnis Anda. Anda dapat mengisi dengan 2-3 kalimat agar deskripsi bisnis Anda lebih jelas. Pastikan juga untuk menyertakan URL atau tautan menuju situs web bisnis Anda.
Langkah Ketiga
Gunakanlah Panel Admin Anda untuk mengelola halaman Facebook Anda. Panel admin adalah halaman utama dari halaman Facebook Anda yang menyediakan berbagai fitur dan opsi untuk memaksimalkan penggunaan halaman Facebook Anda dan memantau aktivitas di dalamnya. Kemudian Pilihan Edit Page pada Panel Admin menyediakan beberapa opsi seperti update informasi dasar pada halaman Facebook Anda seperti deskripsi pada bagian “About”, mengatur peran administrator untuk halaman Facebook Anda, dan mengatur pengaturan notifikasi dan izin untuk menambah halaman.
Sebaiknya, sebelum mengundang orang lain untuk melihat halaman Facebook bisnis Anda, isi halaman tersebut dengan konten terlebih dahulu. Setelah Anda memiliki beberapa penggemar, Anda dapat mempromosikan halaman Facebook bisnis Anda melalui alat iklan pada Facebook.
Langkah Keempat
Untuk mengoptimalkan halaman Facebook Page Anda, perlu diisi dengan konten yang menarik dan bermanfaat. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan:
- Pasanglah foto cover atau foto sampul dengan ukuran 851 X 315 pixel yang kreatif dan menarik perhatian pengunjung.
- Mengatur tabs pada halaman Facebook Page Anda secara teratur dan sesuai dengan kategori kegiatan bisnis Anda seperti video, foto, event, dan lainnya sehingga audiens Anda lebih mudah mengenali bisnis Anda.
- Buatlah konten yang bervariasi saat memposting di halaman Facebook Page Anda. Anda juga dapat membuat gambar menarik yang terkait dengan bisnis Anda sehingga audiens Anda akan membagikan konten Anda pada timeline mereka.
- Melakukan pengamatan dan memantau interaksi fans secara terus menerus. Pastikan untuk membalas komentar dan pesan dari fans Anda secara konsisten sehingga fans Anda semakin banyak dan membantu bisnis Anda berkembang.
Langkah Terakhir
Setelah Anda berhasil membangun halaman Facebook bisnis Anda, penting untuk mengukur upaya yang telah dilakukan untuk memastikan keuntungan yang didapat dari Facebook marketing. Anda dapat menggunakan pilihan “View Insight” pada admin panel untuk memantau keterlibatan fans dan pengunjung. Hal ini sangat penting untuk membantu Anda mengetahui strategi mana yang berhasil dan strategi yang kurang berhasil sehingga bisnis Anda dapat terus berkembang dan dapat beradaptasi dengan perkembangan marketing melalui Facebook.
Jika Anda ingin memahami manfaat, langkah-langkah, dan pengimplementasian Meta Business Suite, kami dapat membantu Anda. Selain itu, jika Anda tertarik untuk mempelajari strategi digital organik lainnya yang dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda, Anda dapat mengikuti pelatihan di AMD Academy, penyelenggara Pelatihan Digital Marketing dan Sertifikasi Digital Marketing BNSP. Kami menawarkan Kursus Online Bersertifikat, Kelas Kursus Online, dan Bootcamp Digital Marketing yang berkualitas. Ayo, daftar pelatihan dengan menghubungi kami melalui WhatsApp di sini atau kunjungi akun Instagram resmi kami @amd.academy untuk informasi lebih lanjut. Anda juga dapat meningkatkan wawasan Anda dengan berbagai artikel menarik dan informatif lainnya di Jasa Konsultan IT.
Content Writer: Chaterine Aritonang (DTS Batch 3)
Content Editor: Sean Priantoni (DTS Batch 4)