Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Update Tren Industri Terkini dengan Pelatihan Digital Marketing

Pelatihan Digital Marketing – Kemajuan teknologi menjadi salah satu penyebab utama perubahan pada tren industri. Kemajuan teknologi yang cepat sering kali membuat industry kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. 

Perubahan dalam preferensi konsumen merupakan dampak dari kemajuan teknologi, dan membuat bisnis kesulitan untuk tetap relevan dalam bersaing. Meningkatnya harapan akan kualitas dan kecepatan layanan juga menuntut industry untuk terus memperbarui strategi mereka agar sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Implementasi teknologi baru dalam industri memerlukan investasi waktu dan sumber daya yang signifikan. Tentunya juga memerlukan keterampilan dan pengetahuan baru dari tenaga kerja. Namun, tidak semua SDM memiliki pengalaman atau keterampilan yang diperlukan untuk mengadopsi teknologi baru terkait dengan perubahan tren industri. Pelatihan dan pengembangan karyawan menjadi sangat penting untuk mengatasi kekurangan ini.

 

Apa Saja Prediksi Tren Industri di Tahun 2024?

 

tren industri

 

  • Tools AI Mendominasi Strategi Pemasaran 

Artificial Intelligence (AI) adalah seperangkat alat kecerdasan buatan yang saat ini menjadi tren dan digunakan untuk membuat konten untuk berbagai keperluan.

Kecerdasan buatan (AI) telah menjadi komponen penting dalam strategi pemasaran modern. AI digunakan untuk menganalisis data konsumen, memprediksi tren industri di pasar, mengoptimalkan kampanye pemasaran, personalisasi pengalaman konsumen, dan bahkan untuk membuat konten yang relevan dan menarik. Dengan AI Perusahaan lebih efektif menargetkan audiens mereka dan meningkatkan ROI (Return on Investment).

Mengapa kecerdasan buatan (AI) dominan dalam strategi pemasaran?

AI dapat menganalisis besar volume data dengan cepat dan identifikasi pola tren yang mungkin sulit dikenali oleh manusia. Digital marketing juga turut serta dalam memanfaatkan tren penggunaan AI ini. Seperti untuk mencari ide, menuliskan konten, dan membuat copywriting. Beberapa AI tools yang banyak dimanfaatkan untuk keperluan digital marketing adalah ChatGPT, Jasper.AI, dan Copy.AI. 

Kombinasi semua faktor ini membuat AI menjadi alat yang sangat efektif dalam mendominasi strategi pemasaran modern. Maka dari itu penting mengikuti kelas pelatihan media digital berbasis Artificial intelligence seperti yang diadakan oleh AMD Academy. Dengan menggunakan AI untuk tugas tugas pengelolaan kampanye, analisis data, dan interaksi pelanggan, Perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya yang diperlukan untuk pekerjaan manual.

 

Tren SEO

 

  • SEO

Tren industri SEO (Search Engine Optimization) terus berkembang seiring dengan perubahan algoritma mesin pencari, perkembangan teknologi, dan perubahan perilaku pengguna. 

Mesin pencari semakin memprioritaskan konten yang relevan dan bermanfaat bagi pengguna. Konten yang menawarkan jawaban yang lengkap dan mendalam terhadap pertanyaan pengguna, serta mengatasi kebutuhan dan masalah mereka, kemungkinan besar akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Pengalaman pengguna menjadi faktor penting dalam peringkat SEO. Situs web yang dirancang dengan baik, cepat dimuat, mudah di navigasi, dan responsif di berbagai perangkat akan memiliki keunggulan dalam peringkat mesin pencari.

Pencarian lokal terus meningkat, terutama dengan adopsi perangkat mobile. Bisnis harus memprioritaskan optimisasi untuk pencarian lokal, termasuk memiliki informasi yang akurat dan konsisten di direktori lokal, serta mengoptimalkan halaman Google My Business mereka. 

Perubahan dalam tren SEO selalu dinamis, dan perusahaan harus terus memantau perkembangan terbaru dan menyesuaikan strategi SEO mereka sesuai dengan perubahan tersebut. Memahami strategi SEO dan dapat mengoptimalkan konten untuk peringkat mesin pencari yang lebih baik, hal ini dapat kalian pelajari secara langsung dengan teori maupun praktik melalui kelas Pelatihan Digital Marketing.

 

UGC Tren

 

  • User Generated Content

User Generated Content (UGC) adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan konten yang dibuat oleh pengguna atau konsumen, bukan merek atau perusahaan itu sendiri. 

Pengguna UGC dapat membagikan foto, video, dan cerita dengan mengeksplorasi berbagai fitur kreatif seperti music, filter, stiker, dan efek untuk membuat konten yang menarik.  UGC menggunakan aplikasi media sosial seperti Instagram, tiktok, youtube, twitter, dan facebook.

Diperkirakan bahwa e-commerce akan semakin mengintegrasikan UGC di dalam situs web mereka. Ini dapat mencakup menampilkan ulasan produk, foto atau video , dan konten pengguna lainnya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan membantu dalam pengambilan keputusan pembelian.

Konten UGC mungkin lebih difokuskan pada pengalaman pengguna dan interaksi antar pengguna. Hal ini dapat mencakup berbagi tips, panduan, atau cerita pengalaman yang dapat memperkuat ikatan komunitas dan meningkatkan keterlibatan.

UGC sering kali dianggap lebih autentik dan relevan oleh konsumen, karena konten tersebut datang langsung dari pengguna yang sebenarnya menggunakan produk atau layanan tersebut. Hal ini mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, karena mereka cenderung mempercayai ulasan dan rekomendasi dari sesama pengguna.

 

tren influencer

 

  • Influencer Marketing

Influencer marketing adalah strategi pemasaran di mana merek bekerja sama dengan individu yang memiliki pengaruh dan kredibilitas di kalangan audiens. Seringkali influencer memiliki jumlah pengikut yang besar di media sosial atau memiliki keahlian dalam suatu bidang tertentu, sehingga mereka dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan perilaku konsumen.

Influencer memiliki pengaruh dan kredibilitas di kalangan pengikut mereka karena mereka dianggap sebagai sumber otoritatif dalam bidang tertentu. Mereka seringkali memiliki kehadiran yang kuat di platform media sosial seperti Instagram, YouTube, TikTok, atau blog pribadi.

Konten yang dibuat oleh influencer cenderung lebih kreatif dan otentik. Konten ini seringkali terasa lebih organik daripada iklan konvensional, yang membuatnya lebih menarik bagi konsumen.

Dunia influencer marketing terus berkembang dan berubah seiring dengan perubahan dalam perilaku konsumen, algoritma platform media sosial, dan tren pasar. Oleh karena itu, merek dan influencer perlu memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan ini. Mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi BNSP Content Creator di AMD Academy bantu Anda jadi Content Creator yang kuasai riset kreatif, perencanaan konten, desain grafis, pengeditan video, dan branding digital.

 

Baca juga: Tips Ampuh Meningkatkan Loyalitas Follower

 

Tingkatkan Kemampuan Pemasaran Digital

Dengan mengetahui prediksi tren – tren apa saja yang akan digunakan di tahun 2024. Anda dapat meningkatkan kemampuan dalam bidang digital untuk menguasai tren tren tersebut. Jadilah pelaku yang handal dalam era digital ini dan raih kesuksesan besar.

Jika Anda tertarik untuk mendalami digital marketing dan mengembangkan keterampilan Anda lebih lanjut, pertimbangkan untuk mengikuti pelatihan di AMD Academy, penyelenggara Pelatihan Digital Marketing, Bootcamp Digital Marketing dan Sertifikasi Digital Marketing BNSP. Pelatihan digital marketing di AMD Academy IT Training Center, tetapi juga praktis. 

 

Penulis: Kaneisya Dinda (DTS Batch 6)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *