Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

TikTok Ads : Tutorial Beriklan menggunakan TikTok Ads

TikTok AdsBerbagai macam sosial media saat ini bisa digunakan, salah satunya TikTok yang kini sedang di kalangan anak muda. Di TikTok kita bisa melakukan sharing berbagai jenis konten video. Popularitas dari social media yang satu ini bisa menjadi ladang penghasilan. Dengan membuat konten video yang menarik dan mengikuti trend Anda sudah bisa mendapatkan banyak interaksi dari pengguna Tik Tok. Yuk! simak apa aja sih fitur-fitur yang ada di TikTok dengan membaca artikel di bawah ini.

Apa Itu TikTok?

TikTok merupakan sebuah aplikasi jejaring sosial dan platform video music dimana user bisa membuat, mengedit, hingga berbagi video pendek yang sudah dilengkapi dengan filter dan disertai sound sebagai pendukung. TikTok membuat penggunanya dapat membuat video pendek yang unik dengan cepat selain itu juga mudah untuk dibagikan dengan teman hingga ke seluruh dunia.

Manfaat Beriklan di Social Media

Berbagai macam manfaat dan juga keuntungan yang bisa didapatkan dengan iklan online. Salah satunya yaitu iklan secara digital dapat mendorong perkembangan sebuah perusahaan melalui strategi pemasaran yang efektif. Di bawah ini beberapa manfaat beriklan di social media.

1. Membangun dan Menarik Minat Masyarakat

Menggunakan social media sebagai media pemasaran merupakan pilihan yang tepat, karena kemampuan dari social media dapat membangun dan menarik minat pada masyarakat. Bagi pelaku bisnis, mereka akan untung dengan hal ini karena dengan social media mereka dapat dengan mudah menarik minat masyarakat terhadap produk atau jasa yang sudah mereka jual. Akan tetapi itu akan lebih mudah jika konten yang disajikan menarik, mengikuti trend, dan juga tepat sasaran.

2. Membantu Menemukan Konsumen dan Memperluas Target Pemasaran

Media sosial seperti facebook dan instagram cukup membantu para pebisnis kecil untuk mendapatkan konsumen yang potensial. Jika Anda ingin memperluas target pemasaran, Anda bisa menggunakan media sosial sebagai medianya. Anda dapat menemukan calon konsumen yang terdekat dengan lokasi bisnis Anda. Anda bisa menggunakan fitur location untuk menemukan calon konsumen Anda. Lalu untuk menemukan calon konsumen yang serupa bisa menggunakan #hashtag yang relate dengan bisnis Anda.

3. Memudahkan Mendapat Feedback Secara Langsung

Menggunakan social media sebagai media pemasaran bisa membuat Anda menerima feedback positif maupun negatif dari konsumen Anda, dimana informasi tersebut sangat penting sebagai evaluasi kedepannya. Saat Anda mengeluarkan produk baru, para calon konsumen secara langsung bisa berpendapat tentang produk yang Anda jual. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha.

4. Mengembangkan Target Market dan Dapat Menyaingi Kompetitor

Dengan media sosial Anda bisa mendapat informasi mengenai kompetitor Anda, dengan begitu Anda bisa meningkatkan strategi pemasaran. Caranya Anda bisa menganalisa teknik seperti apa yang digunakan kompetitor dan melakukannya dengan lebih baik dari apa yang sudah mereka lakukan. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk melihat kekurangan dan kelebihan dari kompetitor.

5. Meningkatkan Jumlah Penjualan Produk

Manfaat dari pemasaran melalui social media yang paling penting yaitu meningkatnya jumlah penjualan produk pada bisnis Anda. Pemasaran melalui social media memudahkan Anda untuk mencari konsumen dan memberikan informasi yang menarik bagi calon konsumen. Oleh karena itu, calon konsumen Anda akan tertarik untuk membeli produk Anda.

Fitur TikTok Terbaru

1.   Menambahkan musik

Seperti yang sudah dibahas di atas, TikTok merupakan sebuah aplikasi video musik. Yang berarti, salah satu fitur utamanya yaitu fitur menambahkan musik. Anda bisa menambahkan berbagai jenis musik yang sesuai dengan video Anda buat.

Selain itu, Anda tidak perlu cemas untuk menggunakan musik tersebut dengan bebas, karena seluruh musik yang sudah ada di aplikasi TikTok ini sudah memiliki izin dari para pemilik lagu, sehingga Anda tidak akan terkena copyright.

2.   Filter

Fitur selanjutnya yang sangat berguna yaitu filter untuk video yang sudah dibuat. Anda bisa menambahkan filter ini untuk video yang dibuat guna mengubah atau mempercantik video. Lalu, Anda juga dapat menyesuaikan tone pada video sesuai selera Anda.

3.   Efek video hingga filter sticker

TikTok memberikan 5 kategori efek yang bisa Anda coba, seperti efek split, efek transition, efek stiker, dan efek visual. Di efek stiker Anda bisa menemukan berbagai pilihan seperti animal, vlog, interactive, funny, hair, selfie, classic, hingga hot. Filter ini dibuat bertujuan agar video Anda menjadi terlihat lebih kreatif dan menarik saat dilihat.

4.   Fitur voice changer

tiktok ads
tiktok ads

 

Saat ini user bisa mengubah suara yang ada di dalam video mereka dengan menggunakan fitur voice changer. Berbagai macam efek suara yang beragam sekarang user bisa menggunakan kreativitas dan keseruannya di dalam video mereka dengan mudah. Caranya Anda hanya butuh merekam video atau bisa juga memilih video dari galeri Anda dan klik voice effect.

5.   Fitur live

Selanjutnya fitur yang ada di TikTok yaitu fitur live yang bisa digunakan oleh para penggunanya. Akan tetapi, hanya beberapa pengguna saja yang bisa menggunakan fitur ini seperti pengguna dengan akun yang mempunyai minimal 1000 followers yang bisa melakukan live.

6.   Fitur blokir pengguna dan hapus komentar

tiktok ads
tiktok ads

Belum lama ini, TikTok mengeluarkan fitur terbarunya yang bisa memfilter komentar dari pengguna lain dan blokir pengguna. Caranya yaitu, para pengguna dapat menekan lebih lama di salah satu komentar atau bisa juga klik ikon pensil yang terdapat pada pojok kiri bagian atas untuk membuka pilihan. Nah disitulah, para kreator bisa  memilih 100 komentar maupun akun yang akan diblokir atau dihapus dibanding dengan memilih satu per satu. Dengan demikian pemblokiran akun dan penghapusan komentar lebih mudah dan efisien.

Tutorial TikTok Ads

1. Pilih konten di akun TikTok Anda yang akan diiklankan. Lalu klik titik 3 di sebelah kanan bawah. Pilih “Promosi”.

2. Jika sudah lalu pilih penargetan audiens, sesuaikan dengan isi konten dan tujuan iklan Anda. TikTok Ads menyediakan pilihan target iklan yang Anda inginkan, seperti lebih banyak tayangan video, lebih banyak pembelian produk, dan lebih banyak pengikut.

3. Selanjutnya menentukan audiens Anda, ada 2 pilihan yaitu bawaan atau dari TikTok atau Anda bisa membuat sendiri.

tiktok ads
tiktok ads

4. Jika penargetan audiens nya membuat sendiri, maka Anda bisa mengikuti step-step dibawah ini. Pertama sesuaikan gender audiens yang Anda inginkan, lalu pilih usia mulai dari umur berapa sampai dengan umur berapa.

tiktok ads
tiktok ads

5. Setelah itu setting lokasi audiens Anda, seperti contoh gambar dibawah ini yaitu menggunakan lokasi audiens dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat.

tiktok ads
tiktok ads

6. Selanjutnya, pilih minat agar penargetan audiens nya lebih spesifik lalu untuk hashtag optional bisa ditambahkan bisa tidak. Jika sudah lalu klik “Simpan” agar tidak hilang setting audiens nya.

7. Setelah itu tentukan anggaran untuk iklan yang akan dijalankan. Semakin besar anggaran maka semakin tinggi jangkauan yang didapatkan. 

8. Jika sudah menentukan anggaran yang akan digunakan berapa hari, selanjutnya yaitu lakukan pembayaran. Metode pembayaran di TikTok Ads sudah banyak pilihannya.

9. Setelah selesai melakukan pembayaran, iklan akan ditinjau terlebih dahulu dengan TikTok apakah layak untuk dijalankan atau tidak. Jika berhasil iklan sudah siap dijalankan, jika iklan ditolak oleh TikTok maka dana yang sudah dibayar tadi langsung dikembalikan oleh TikTok.

Artikel diatas sudah membahas mengenai TikTok mulai dari pengenalan hingga beriklan di TikTok ads seperti apa. Bagi Anda yang ingin mempelajari Digital Marketing seperti optimasi social media Anda bisa mengikuti Pelatihan Digital Marketing di AMD Academy lhooo. Yuk segera daftarkan diri Anda dan jangan lupa aja rekan-rekan Anda untuk mendapatkan penawaran spesial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *