Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Pentingnya Pelatihan Karyawan, Top Manager Wajib Tahu!

Pentingnya Pelatihan Karyawan, Top Manager Wajib Tahu!

Pentingnya Pelatihan Karyawan – Zaman globalisasi menantang pelaku usaha untuk menawarkan produk dan layanan yang mampu memberi solusi lebih. Hal ini dikarenakan cepatnya laju Keragaman pasar berdampak pada permintaan motif pelebaran. Masyarakat tidak hanya membutuhkan fungsi, tetapi juga produk yang bernilai. Sebelum membeli, mereka cenderung menggunakan dimensi kognitif dan afektif berdasarkan pengalaman, serta sensitivitas terhadap perubahan. Pancingan inovasi membuat produk auto dilirik pasar. Akan tetapi, hanya produk dengan keunggulan kompetitif -lah yang mampu menang. Produk dan layanan prima dapat dibuat melalui tangan-tangan sumber daya manusiaperusahaan. Oleh karena itu, berbagai perusahaan mulai terpacu untuk meningkatkan kualitas karyawan mereka sebagai pelaksana konsep .

Perkembangan ilmu pengetahuan secara drastis telah berdampak positif pada kemunculan pelatihan kesadaran. Sebagai bentuk pengelolaan SDM, pelatihan membuat kemampuan karyawan mendekati standar skema penilaian. Hal ini berdampak baik pada peningkatan kualitas karyawan yang merupakan sumber keunggulan kompetitif perusahaan. Dalam buku “ Strategi C ompetitive: Techniques for Analyzing Industries and Competitors”, Porter menyebutkan bahwa keunggulan kompetitif merupakan jantung atas kinerja perusahaan. artinya perusahaan yang dinilai benar-benar menerapkan strategi generik dalam proses bisnisnya dan sebagai faktor penentu. Perusahaan kini wajib mempertimbangkan penggunaan pelatihan karyawan dalam agenda rutinnya, karena keberadaan pelatihan yang begitu fundamental. 

Baca Juga: 6 Skill Digital Marketing yang Wajib Bagi Pelaku Usaha

Berikut Pentingnya Pelatihan Karyawan yang  Top Manager Wajib Tahu.

  • Peningkatan Kinerja Karyawan

Kinerja karyawan merupakan output dari pekerjaan yang dilakukan sesuai posisi yang dijalankan. Kinerja dapat diukur karena penilaiannya berdasarkan penugasan yang diberikan, dengan ketentuan tertentu. Kinerja juga sering dimaknai sebagai keberhasilan seorang karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya.Untuk mencapai hal tersebut, tentu seorang karyawan harus melewati berbagai proses, mulai dari membiasakan diri dengan lingkungan kerja, hingga beradaptasi pada batas keterampilan minimal. Kinerja yang baik ditandai dengan kepuasan karyawan terhadap keterampilannya. Keseluruhan peningkatan kinerja, didapatkan dari adanya pelatihan karyawan yang optimal.

  • Pemutakhiran Kompetensi Karyawan 

Perubahan terhadap teknologi organisasi mengharuskan melakukan pemutakhiran pada kompetensi karyawannya. Perubahan teknologi memiliki dampak yang terstruktur dalam hal input, proses, hingga output pekerjaan. Oleh karena itu, pengetahuan dan keterampilan karyawan juga wajib menyesuaikan. Karyawan yang tidak bisa mengatasi culture shock terhadap Technological Change (TC) secara berkepanjangan, akan berdampak pada gap semua lini pekerjaan. Pelatihan yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, dianggap dapat memudahkan karyawan memilih metode untuk melakukan sesuatu ( do things right) , serta memudahkan melakukan sesuatu ( do things right).

  • Mendorong Pencapaian Standar Kinerja 

Setiap perusahaan memiliki standar kinerja yang sesuai dengan kualitas produk . Standar kinerja menjadi pancang penegak tujuan perusahaan. Pelatihan karyawan dapat mendorong standar kinerja dengan waktu singkat. Umumnya, pelatihan berfokus pada kemampuan saat ini, serta dilaksanakan dengan masa percobaan 3-6 bulan. Pengembangan skill menjadi dasar utama pada pelatihan, serta sering dibarengi dengan sertifikasi untuk mencapai standar kinerja paling tepat.

  • Mempercepat Proses Delegasi

Pelatihan oleh perusahaan sering ditargetkan untuk karyawan baru. Karyawan baru biasanya masih perlu mempelajari kompetensi dan kondisi pekerjaan dari awal. Karyawan dengan kemampuan yang mumpuni, akan menentukan delegasi pada peta jalan karir -nya . Dampak beruntun yang sering terjadi, yakni karyawan terpacu untuk terus berprestasi.

  • Membentuk Motivasi Kerja

Pelatihan dapat membuat pekerja lebih cakap dan terampil. Hal ini dikarenakan semua rencana tugas mampu direalisasikan dengan baik oleh karyawan. Pelatihan dengan materi yang jelas dan dapat meningkatkan pemikiran kritis dan pemecahan masalah. Kebanyakan karyawan akan merasa lebih percaya diri, puas terhadap pekerjaan, dan lebih dihargai ketika mereka melaksanakan tugas dengan tingkat kompetensi yang sesuai. Muaranya mereka akan menghargai dan ingin melakukan pekerjaan dengan kualitas sebelumnya.

Segudang manfaat pelatihan karyawan di atas, meningkatkan kinerja karyawan bagi perusahaan yang menerapkannya. Pelatihan yang dilaksanakan secara kontinyu berdampak pada tingkat fokus terhadap karyawan tujuan pekerjaan dan menyukseskan jangka panjang perusahaan . Pelatihan yang baik adalah pelatihan yang sesuai dengan cakupan capaian nasional dan kebutuhan pekerjaan. Lantas bagaimana dengan perusahaan Anda? Apakah butuh mitra pelatihan? Arkatama Multi Solusindo siap membantu, kunjungi situs web https://arkatama.id/ untuk info lebih lanjut.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *