Artikel ditulis dengan berbagai macam tujuan, namun muara akhir dari sebuah artikel tentunya adalah konversi atau action dari pembaca. Bukan hal mudah untuk membuat pembaca melakukan action yang kita minta, bahkan tidak jarang artikel tidak dibaca sampai habis karena tidak menarik, tidak menjawab masalah, dan berbagai alasan lainnya. Oleh karena itu kita perlu memahami reaksi pembaca hingga artikel kita mampu menarik action dari pembaca. Jangan khawatir, ada satu formula yang dapat membuat artikel mu menyihir banyak pembaca untuk melakukan action yang kamu harapkan, yaitu formula AIDA. Apabila kamu bertanya-tanya apa itu AIDA dan bagaimana AIDA bisa menyihir pembaca, maka kamu berada di tempat yang tepat. Simak artikel berikut untuk mengetahui secara lengkap all about AIDA.

Apa itu AIDA?
AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Formula AIDA digunakan untuk membuat artikel yang berkesan, menarik, hingga mempengaruhi orang lain setelah membaca artikel kita. Sebagai writer, tentu saja formula AIDA ini harus dikuasai untuk menghasilkan artikel yang berkualitas yang mampu membuat pembaca melakukan action seperti yang diharapkan.
Kenapa harus memakai Formula AIDA
Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa terdapat kenaikan konversi setelah menggunakan formula AIDA pada media pemasaran mereka. Bahkan salah satu penelitian mendapatkan kenaikan konversi hingga 253% dari penerapan formula ini. Jadi, simak sampai habis artikel ini untuk mendapatkan kenaikan konversi juga. Berikut ini adalah uraian lengkap formula AIDA untuk penulisan artikel.
Attention
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menarik perhatian pembaca. Terdapat tiga komponen untuk dapat menarik perhatian pembaca yaitu judul, gambar, dan kalimat pembuka yang menarik. Buatlah judul yang eyes catching, mengandung keyword, dan tidak lebih dari 76 karakter. Kamu juga bisa menambahkan gambar yang mendukung tulisanmu. Usahakan membuat kalimat pembuka artikel yang menarik dan membuat pembaca berpikir “saya harus membaca ini”.
Interest
Setelah mendapatkan perhatian dari pembaca, maka langkah selanjutnya adalah membuat pembaca tertarik dengan konten artikel kita. Kamu bisa menuliskan fakta menarik, studi kasus, hingga data yang menjadi alasan pembaca untuk mempercayai dan tertarik dengan kontenmu. Kamu dapat menjadikan kalimat-kalimat dibawah ini sebagai contoh untuk menarik pembaca.
“Berhasil menaikkan engagement instagram tanpa biaya sepeser pun”
“CRO terbukti dapat naikkan konversi hingga 16%”
“Akreditasi lembaga pelatihan mampu menciptakan kepercayaan pelanggan”
Baca Juga: https://arkatama.id/conversion-rate-optimization-meningkatkan-omzet-hingga-16/
Desire
Jika pembaca sudah tertarik dengan konten artikel kita, maka langkah selanjutnya yaitu membuat pembaca berminat dengan solusi yang kita tawarkan. Sekilas Interest dan Desire terlihat sama, namun yang menjadi penekanan pada Desire adalah permainan emosi pembaca. Untuk menarik minat pembaca kamu dapat memainkan emosi pembaca dengan cara menjabarkan bahwa solusi yang kamu tawarkan akan menjawab masalah pembaca. Setelah pembaca benar-benar berminat dan percaya dengan solusi yang kamu tawarkan, maka kamu dapat memancing action dari pembaca.
Action
Step terakhir pada formula AIDA yaitu action. Kalimat terakhir harus mengajak pembaca untuk melakukan action seperti yang kamu inginkan, seperti membeli produk, membuat akun, menghubungi lebih lanjut, membaca artikel yang lain dan sebagainya. Kamu harus jeli dan kreatif dalam membuat kalimat closing yang mampu mempengaruhi pembaca untuk mempertimbangankan ajakan dan melakukan ajakanmu. Berikut ini adalah contoh yang dapat kamu gunakan untuk melakukan ajakan pada pembaca.
“Yakin gak mau kenaikan omset milyaran? Ikuti pelatihan digital marketing Arkatama sekarang juga!”
“Klik tombol berlangganan sekarang juga untuk mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dari AMD Academy Blog”
Nah itu tadi adalah uraian lengkap formula AIDA untuk membuat artikel mu dicandui banyak pembaca. Percuma menulis artikel apabila tidak dibaca, jadi terapkan formula AIDA sekarang juga. AMD Academy Blog akan menghadirkan informasi-informasi terbaru seputar dunia teknologi dan informasi, pantau terus website AMD Academy agar tidak ketinggalan dan tetap menjadi manusia yang up-to-date.
Baca Juga: Panduan Lengkap Belajar Digital Marketing dari Nol