Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Karier Digital Marketer: Pekerjaan Menjanjikan di Era Digital!

Sulit rasanya untuk membayangkan apa yang terjadi jika sehari saja internet di seluruh dunia dipadamkan. Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah membuat banyak masyarakat menggantungkan kehidupannya pada internet. Pesan makanan favorit, booking tiket kereta api, beli dress party dan ribuan aktivitas lainnya telah ditopang oleh internet. Fenomena baru ini kemudian dimanfaatkan oleh banyak perusahaan untuk melebarkan bisnisnya lewat internet dengan bantuan pemasar digital atau digital marketer. Dengan potensi pasar yang terus meningkat setiap tahunnya, digital marketer menjadi salah satu opsi karir yang paling menjanjikan di era digital ini. Meskipun begitu, jika kita melihat pada realitanya jumlah pencari kerja di bidang ini lebih banyak daripada posisi kerja pemasaran digital yang tersedia, sehingga pelamar harus memiliki kualifikasi yang sesuai dengan industri. Dalam artikel ini, AMD Academy akan merangkum mengenai skill-skill yang perlu dimiliki dan menjelaskan langkah awal memulai pekerjaan digital marketer.

Apa Itu Digital Marketer?

Digital marketer merupakan seseorang yang merancang strategi pemasaran, mengelola kampanye iklan, membuat konten, menganalisis data, dan mengoptimalkan strategi pemasaran dengan menggunakan platform online seperti sosial media, halaman pencarian, aplikasi mobile, email, dsb untuk mencapai tujuan bisnis. Singkatnya, digital marketer ialah pemasar yang menggunakan platform digital sebagai medianya. 

Peran Pekerjaan Digital Marketer yang Terus Berkembang

Digital marketer sangatlah berbeda dengan sales executive, ruang lingkup mereka tidak terbatas pada closing sales, tetapi juga mereka harus membangun awareness target market, membuat target market yakin terhadap kelebihan yang kita tawarkan, lalu baru dapat closing sales. Berubahnya tren dan kemunculan teknologi baru yang muncul, membuat bidang ini dikenal sebagai bidang yang menyenangkan sekaligus menantang. Setiap harinya, selalu ada hal-hal baru yang harus dipelajari dan diuji. Digital marketer dituntut untuk selalu mengamati dan mempelajari tren-tren terbaru dalam teknologi digital dan mencari cara untuk memanfaatkannya sebagai peluang agar produk atau layanan dapat lebih mudah ditemukan oleh target pasar.

Misalnya, pada akhir tahun kemarin, perusahaan besutan Bill Gates, Microsoft meluncurkan chat bot berbasis AI, Chat GPT yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan kompleks layaknya manusia lewat teks otomatis, hal ini merupakan  tantangan baru yang harus dihadapi oleh digital marketer, terutama mereka yang berkutat dengan SEO. Pasalnya, sekarang orang-orang tidak perlu membaca 2-3 artikel untuk mendapat jawaban yang sesuai, mereka dapat dengan mudah mencari jawaban instan dari sebuah pertanyaan dengan menggunakan Chat GPT. Kini, digital marketer tidak dapat hanya membuat konten-konten basic. mereka  harus memutar otak dengan membuat artikel yang mendalam, terkini dan juga menggunakan berbagai jenis visual agar mereka tidak tergilas dengan kemunculan AI.

Demand Untuk Digital Marketer

Semakin meluasnya jangkauan media sosial dan media digital lainnya menjadi faktor utama pendorong digital marketing di Indonesia. Banyaknya orang yang beralih dari televisi ke platform video on-demand, pertumbuhan pasar pemasaran digital di Indonesia diperkirakan akan tinggi. Tren peningkatan jumlah streaming meningkatkan permintaan untuk iklan online, dan dengan demikian, pemasaran digital. Menurut Kohort, digital marketing merupakan salah satu pilihan skill yang dapat dipelajari untuk carrier boosting di tahun 2023.

Macam-Macam Digital Marketer:

Digital marketing merupakan bidang yang cakupannya sangat luas, berikut merupakan beberapa role digital marketer yang umum dijumpai:

  • SEO Specialist

    Search Engine Optimization Specialist atau SEO Specialist berkewajiban untuk mengoptimalkan website bisnis agar mudah ditemukan oleh pengunjung di mesin pencarian. Jika pengunjung dapat dengan mudah menemui bisinis dengan kata kunci yang relevan, kemungkinan bisnis untuk closing sales akan semakin tinggi. Tugas utama dari seorang SEO specialist, yaitu mencari kata kunci yang sesuai dengan produk atau layanan mengembangkan konten dalam bentuk tulisan, mengoptimasi website on-page, dan memonitor pergerakan ranking website di mesin pencarian.

  • Email Marketing

    Kalian pasti pernah mendapat kiriman email dari brand, pesan tersebut  merupakan salah satu bentuk dari digital marketing. Email marketing memungkinkan marketer untuk mengirim pesan langsung ke pelanggan atau prospek yang telah memberikan izin untuk menerima email dari mereka. Ini memungkinkan marketer untuk mencapai target audiens yang lebih spesifik dan relevan dengan pesan mereka. Seorang email marketer bertanggung jawab untuk merancang, mengirimkan, dan menganalisis campaign marketing.

  • Copywriter

    Copywriter adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menulis teks atau kata-kata yang memengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau layanan, mengunjungi situs web, atau berlangganan newsletter. Hasil tulisannya inilah yang akan digunakan dalam berbagai media dan didistribusikan dalam berbagai platform online, seperti Instagram, Twitter, dan Youtube. Karena bertugas membuat tulisan yang mendorong target untuk melakukan sesuatu, seorang digital marketer wajib mengenal lebih dalam produk atau layanan yang dipromosikan serta target pasar yang dituju. Mereka juga harus menentukan format teks iklan atau promosi, termasuk pemilihan kata, tata letak, dan penggunaan gambar atau video.

  • Social Media Marketer

    Orang terkadang menganggap social media marketer memiliki tugas yang sama seperti copywriter, padahal mereka memiliki peran yang berbeda. Social Media Marketer bertugas merencanakan, mengembangkan, dan melaksanakan strategi pemasaran di media sosial dengan membangun awareness dan mengelola engagement dengan pelanggan. Sedangkan copywriter fokus pada penulisan konten kreatif, menghasilkan teks yang persuasif dan menarik untuk kampanye pemasaran.

  • Paid Marketing

    Paid Marketer bertanggung jawab untuk merencanakan kampanye iklan berbayar dengan memilih platform yang tepat, menentukan target audiens, menentukan anggaran iklan, membuat iklan yang menarik, dan menentukan KPI (Key Performance Indicator) yang akan diukur. 

  • WhatsApp Marketer

    Whatsapp marketing merupakan jenis digital marketing baru yang dikembangkan oleh Meta, dengan ini brand dapat mendistribusikan campaign yang mereka miliki dengan menggunakan Whatsapp. Sama seperti Social Media Marketer, Whatsapp Marketer bertanggung jawab membangun awareness dan mengelola engagement dengan pelanggan.

Berapa Gaji Rata-Rata Seorang Digital Marketer?

Walaupun bidang ini mulai crowded, gaji yang ditawarkan di bidang ini masih sangat kompetitif. Dilansir dari Indeed.com gaji seorang entry level di bidang ini berkisar antara 5 hingga 6 juta perbulannya.

Tips Menjadi digital marketer 

Jika Anda tertarik terjun ke dalam bidang digital marketing, Anda dapat mengikuti tips-tips di bawah ini:

  1. Memilih bidang digital marketing

    Memilih bidang digital marketing yang tepat
    Credit: benzoix on Freepik

    Seperti yang telah dijabarkan di atas, digital marketing merupakan bidang yang sangatlah luas sehingga mustahil untung menguasai semuanya secara bersamaan. Oleh karen itu, Anda sebaiknya mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu, seperti mindset digital marketing dan digital marketing in a nutshell untuk mendapatkan gambaran digital marketing. Setelah Anda memahaminya, Anda dapat memilih salah satu bidang digital marketing yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

  2. Mempelajari skill dan tools dasar

    Belajar tools dan skill dasar
    Credit: Freepik

    Setelah memilih bidang yang Anda sukai, Anda dapat mempelajari skill dan tools yang berkaitan dengan bidang tersebut. Misalnya Anda memilih menjadi social media marketing, Anda harus menguasai skill-skill interaksi secara online dan mengoperasikan analytics-nya.

  3. Up to date dengan perkembangan media sosial

    Update dengan perkembangan terbaru
    Credit: Freepik

    Kebijakan media sosial terus berubah dari hari ke hari, sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui perubahan kebijakan dan juga trend di media sosial. Anda dapat memfollow akun-akun yang berpengaruh di media sosial tersebut, contohnya jika Anda ingin menjadi social media marketer di instagram Anda dapat memfollow akun AMD Academy.

  4. Mengikuti pelatihan
    Mengikuti pelatihan
    Jika Anda kesulitan mengikuti ketiga step diatas, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk mendaftar pelatihan digital marketing, salah satunya Pelatihan dan Sertifikasi Digital Marketing BNSP di AMD Academy. Di pelatihan ini Anda dapat mempelajari materi digital marketing secara runut mengikuti silabus yang telah dibuat oleh profesional. Selain itu, adanya fasilitator akan memudahkan Anda untuk bertanya jika menghadapi kesulitan.

Baca juga: Sertifikasi Digital Marketing BNSP : Tingkatkan Digital Marketer Yang Kompeten!

Di era digital ini, pelatihan digital marketing dapat membuka banyak kesempatan bagi individu untuk tumbuh dan berkembang. Jika Anda tertarik mempelajari strategi digital marketing, Anda dapat mengikuti pelatihan di AMD Academy, Penyelenggara Pelatihan Digital Marketing dan Sertifikasi Digital Marketing BNSP. Yuk, daftar pelatihannya dengan menghubungi Whatsapp kami di sini atau kunjungi Instagram Official kami di @amd.academy untuk info lainnya. Anda juga dapat menambah insight Anda dengan berbagai artikel menarik dan bermanfaat lainnya di Jasa Konsultan IT.