Banyak orang yang mengira bahwa branding dan marketing merupakan dua hal yang sama. Namun ternyata, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam tujuan, fokus, dan strateginya. Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pemahaman yang tepat mengenai branding dan marketing akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis dan meningkatkan penjualan dengan keterbatasan anggaran dan sumber daya. Namun, pertanyaannya adalah mana yang lebih penting untuk UMKM, hingga munculah banyak pendapat terkait branding vs marketing. Dalam artikel ini, AMD Academy akan mengulas perbedaan antara branding dan marketing, pentingnya masing-masing hal tersebut untuk UMKM, mana yang harus didahulukan terlebih dahulu.
Apa itu marketing?

Marketing merupakan strategi yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan kepada konsumen. Marketing mencakup semua kegiatan yang dilakukan untuk memasarkan produk atau layanan, seperti riset, segmentasi pasar, promosi, distribusi, dan lain sebagainya. Marketing bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan dengan menjangkau konsumen yang tepat, memberikan nilai tambah bagi konsumen, dan membangun kesetiaan konsumen terhadap brand atau produk. Oleh karena itu, marketing seringkali dianggap sebagai investasi jangka pendek yang dapat memberikan hasil yang cepat bagi perusahaan. Dalam konteks UMKM, marketing sangat penting untuk menjangkau konsumen potensial dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, UMKM perlu memahami kebutuhan dan keinginan konsumen serta menciptakan strategi marketing yang efektif untuk menarik perhatian dan minat konsumen. Beberapa strategi marketing yang dapat dilakukan oleh UMKM antara lain adalah pemasaran melalui media sosial, email marketing, promosi melalui influencer, atau partisipasi dalam event atau pameran bisnis.
Baca juga: Karier Digital Marketer: Pekerjaan Menjanjikan di Era Digital!
Apa itu branding?

Menurut artikel tersebut, branding merupakan serangkaian strategi yang dilakukan untuk membangun brand identity yang kuat di mata konsumen. Branding mencakup semua elemen yang membentuk kesan dan citra suatu merek, seperti logo, warna, desain, slogan, nilai-nilai brand, brand message, dan lain sebagainya. Branding bertujuan untuk menciptakan suatu identitas brand yang mudah diingat, dikenal, dan dicintai oleh konsumen. Selain itu, branding merupakan upaya yang dilakukan untuk membedakan brand dari pesaing lain di pasar dan membangun kesetiaan konsumen terhadap brand. Oleh karena itu, branding seringkali dianggap sebagai investasi jangka panjang bagi perusahaan, karena strong brand dan brand yang terkenal dapat memberikan keunggulan kompetitif yang berguna bagi kelanjutan perusahaan.
Brand identity merupakan gambaran visual dan verbal dari identitas sebuah brand yang mencakup elemen-elemen seperti logo, color palette, font, dan kata-kata yang digunakan dalam penyampaian brand message. Brand identity merupakan elemen penting dalam branding karena dapat memberikan kesan pertama yang kuat dan menarik perhatian konsumen sehingga harus konsisten dan terintegrasi dengan baik. Brand identity yang konsisten ini akan membantu menciptakan kesan brand yang profesional dan dapat dipercaya oleh konsumen.
Perbedaan branding dan marketing
Marketing dan branding merupakan dua hal yang sangat berbeda dalam dunia bisnis. Seeperti yang sudah dijelaskan dalam definisi diatas, marketing digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan, sementara branding digunakan untuk membentuk brand identitiy dan mengenalkan identitas perusahaan. Kedua strategi ini memiliki tujuan dan hasil yang berbeda-beda.
Marketing bertujuan untuk menarik perhatian konsumen, sedangkan branding bertujuan untuk mempertahankan perhatian mereka terhadap brand kita. Marketing mendorong penjualan, sementara branding mendorong pengenalan brand dan loyalitas konsumen. Marketing digunakan untuk membangkitkan minat konsumen dan mengenalkan brand perusahaan ke dalam pasar, sedangkan branding digunakan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen dan menciptakan koneksi emosional antara brand dan konsumen. Keduanya memiliki peran penting dalam membangun bisnis, namun branding adalah hal yang berguna dalam jangka panjang, karena dapat menciptakan hubungan yang lebih dalam dan bermakna dengan konsumen. Dalam bisnis, marketing digunakan untuk mencapai tujuan jangka pendek, sementara branding merupakan bagian penting dalam pencapaian tujuan jangka panjang.
Budget masih terbatas, branding atau marketing dulu?
Jika budget Anda terbatas, maka sebaiknya Anda prioritaskan marketing terlebih dahulu. Meskipun branding sangat penting untuk membangun brand identity dan meningkatkan loyalitas pelanggan jangka panjang, namun marketing-lah yang memungkinkan Anda untuk mencapai target penjualan dan meningkatkan pendapatan secara lebih cepat dan langsung. Dengan strategi marketing yang tepat, Anda dapat menghasilkan lead dan konversi yang dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan. Sementara itu, branding membutuhkan waktu dan usaha yang lebih besar untuk membangun brand awareness dan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Jadi, jika budget terbatas, sebaiknya fokus pada marketing terlebih dahulu dan gunakan budget yang tersisa untuk membangun branding secara bertahap. Dengan cara ini, Anda dapat memaksimalkan keuntungan jangka pendek sambil memperkuat fondasi brand Anda untuk pertumbuhan jangka panjang. Namun, pastikan untuk tetap memperhatikan branding dan membangun strategi yang tepat untuk meningkatkan citra brand Anda di masa depan.
Baca juga: Strategi Digital Marketing Buat Pengusaha Banjir Ribuan Orderan
Dalam mengembangkan bisnis, baik branding maupun marketing memegang peran yang penting dan tidak dapat dipisahkan. Namun, jika Anda sebagai pemilik UMKM memiliki keterbatasan anggaran, maka sebaiknya Anda memprioritaskan terlebih dahulu kegiatan marketing. Dengan melakukan pemasaran yang efektif, Anda dapat mengenalkan produk atau jasa Anda kepada calon pelanggan sehingga dapat meningkatkan penjualan. Namun, jangan lupakan pentingnya membangun branding yang kuat dan konsisten agar bisnis Anda memiliki identitas yang jelas dan dapat membedakan diri dari pesaing. Jika Anda tertarik mempelajari strategi digital marketing lainnya yang dapat Anda implementasikan pada bisnis Anda, Anda dapat mengikuti pelatihan di AMD Academy, Penyelenggara Pelatihan Digital Marketing dan Sertifikasi Digital Marketing BNSP. Yuk, daftar pelatihannya dengan menghubungi Whatsapp kami di sini atau kunjungi Instagram official kami di @amd.academy untuk info lainnya. Anda juga dapat menambah insight Anda dengan berbagai artikel menarik dan bermanfaat lainnya di Jasa Konsultan IT.