Cara Iklan di Instagram – Lebih dari dua juta pengiklan telah menggunakan Instagram untuk menjalankan iklan berbayar atau biasa dikenal dengan istilah Instagram Ads. Dari satu miliar pengguna bulanan Instagram (lebih dari Facebook) 60% Instagrammer menemukan produk di platform dan lebih dari 200 juta mengunjungi profil bisnis setiap hari. Solusi bisnis terus dioptimalkan karena 25 juta merek mempertahankan profil aktif di jejaring sosial.
Instagram Ads digunakan untuk memposting video atau gambar berbayar yang dipublikasikan di platform Instagram oleh bisnis Anda. Ini dapat ditautkan langsung ke bisnis Anda ke URL apapun yang dipilih ataupun pesan secara langsung. Instagram Ads mudah dibuat dan diluncurkan. Cukup dengan memilih salah satu foto yang mau diiklankan dan sejajarkan dengan target audiens untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Sebenarnya Instagram Ads mudah dibuat dan digunakan. Tetapi, masih banyak yang kesulitan bahkan ada yang sama sekali tidak bisa menggunakan Instagram Ads dalam mempromosikan bisnisnya. Padahal di era digital ini, banyak yang menggunakan platform Instagram untuk mengetahui suatu produk yang ingin dibeli dan itu menjadi peluang yang sangat besar. Untuk itu, berikut penjelasan terkait jenis format, tutorial dasar, beserta tips yang efektif dalam menggunakan Instagram Ads agar bisnis Anda dilirik!
Jenis Format Instagram Ads
Terdapat enam jenis format Instagram Ads untuk dipertimbangkan dalam memilih sasaran. Meskipun semua berkisaran pada foto atau video masing-masing, pasti juga memiliki kriteria dan manfaat khusus tergantung pada tujuan akhir. Instagram terkenal karena postingan gambarnya yang sederhana namun indah. Iklan gambar menyatu dengan umpan pengguna dan memiliki tag sponsor kecil di atas foto. Anda dapat iklan foto tunggal atau memiliki beberapa foto dengan iklan foto slideshow.
Untuk iklan video, dapat menggunakan klip video hingga 60 detik untuk diposting di Instagram ataupun fitur baru Instagram yakni reels yang bisa menggunakan klip video lebih lama yaitu 90 detik. Seperti iklan foto, kemungkinan iklan video lebih cenderung menarik perhatian pengguna daripada foto.
Empat dari format iklan ini khusus untuk feed Instagram, berikut adalah opsi untuk umpan Instagram:
- Carousel (beberapa gambar atau video yang dapat digulir)
- Gambar tunggal
- Video tunggal
- Tampilan slide
Sedangkan dua untuk iklan di Instagram stories. Instagram baru saha membuka iklan Instagram stories untuk bisnis secara global, berikut format untuk iklan berbasis story:
- Gambar tunggal
- Video tunggal
Cara Iklan di Instagram
Berikut tutorial dasar dalam membuat Instagram Ads yang Anda dapat ikuti dengan mudah:
Mulai halaman atau akun bisnis Facebook, Anda memerlukan halaman bisnis Facebook untuk menautkan ke akun Instagram.
Langkah 1: yakni mendaftarkan sebuah akun, berikut caranya:
- Klik “Buat Halaman” di sudut kanan atas.
- Pilih jenis tempat Anda membuat halaman.
- Tambahkan detail lebih lanjut seperti nama bisnis, alamat, dan lainnya.
- Klik tombol “Mulai”.
Langkah 2: Mulai tambahkan foto
Ini perlu diingat bahwa foto yang ditambahkan adalah pengalaman pertama pengguna dengan halaman Anda, jadi berhati-hatilah untuk berpegang pada identitas bisnis dan bagaimana bisnis Anda ingin terlihat oleh audiens. Berikut caranya:
- Mulai dengan gambar profil Anda dengan mengklik ‘Unggah Gambar Profil” dan memilih foto yang ada
- Mengunggah foto sampul dengan memilih “Unggah Foto Sampul” dan pilih foto yang sesuai
Langkah 3: Tambahkan deskripsi singkat
- Klik “Tambahkan Deskripsi Singkat” dan tambahkan deskripsi singkat tentang bisnis Anda. Batas karakter maksimum adalah 155 karakter, jadi hanya menyertakan apa yang benar-benar perlu diketahui pengguna.
- Klik “Simpan”.
Langkah 4: Buat username
Ini adalah URL yang akan diketik pengguna, sehingga Anda harus memikirkan benar-benar terkait username yang jelas dan sederhana agar mudah diingat pengguna.
Berikut caranya:
- Klik “Create a username for your page”.
- Masukkan username yang diinginkan.
- Klik “Create username”.
- Saat diminta, klik “OK” pada kotak pop-up untuk mengonfirmasi nama pengguna.
Langkah 5: Tingkatan bagian tentang Anda
Berikut caranya:
- Klik “Tentang” di menu sebelah kiri halaman.
- Tambahkan atau edit detail bisnis.
- Klik “Edit Cerita” berikan sedikit narasi tentang bisnis Anda yang membuat pengunjung menyukai atau mengikuti halaman Anda. Dapat berisikan kisah bisnis, nilai-nilai, atau apa yang diharapkan pengguna untuk dilihat di halaman tersebut.
- Klik “Edit Info Halaman” untuk menambahkan informasi lokasi dan jam buka bisnis.
- Klik “Simpan Perubahan” setelah selesai.
Langkah 6: Publikasikan Konten
Tips yang harus Anda ketahui sebagai berikut:
- Halaman harus memiliki konten yang memadai sebelum mempromosikannya sehingga pengguna terkait saat mereka membukanya.
- Pastikan untuk terhubung dengan pengguna dan jangan lupa untuk membalas DM (direct message).
- Manfaatkan fitur yang ditawarkan Facebook seperti menambahkan produk ke bagian toko.
Tips Efektif Menggunakan Instagram Ads
Mengoptimalkan intro video
Banyak pengguna Instagram membaca sekilas feed dan story. Untuk itu Anda harus membuat beberapa detik pertama iklan pada video Instagram yang bersifat persuasif dan membuat penasaran sehingga audiens akan menonton sampai akhir dan akhirnya memperhitungkan bisnis Anda.
Cara iklan di Instagram mulai dengan branding dan audiens
Setelah Anda mengetahui jenis gambar, video, dan teks yang berkinerja baik untuk pengikut Anda, maka dapat menggunakan konten yang sama dalam iklan. Tidak perlu melakukan perombakan merek secara besar-besaran untuk masuk ke iklan Instagram. Ciptakan branding bisnis yang unik karena dengan begitu, bisnis Anda memiliki dasar yang kuat untuk membangun kampanye iklan Anda.
Buat korsel yang dimulai dengan CTA
Posting karosel mendapatkan keterlibatan paling banyak dari format lain di Instagram. Karosel dengan pesan yang mendorong audiens untuk menggeser ke kiri meningkatkan keterlibatan rata-rata menjadi 2%. Postingan dengan engagement yang lebih tinggi secara khusus menyertakan kata swipe atau frasa swipe left, jadi ingatlah itu saat membuat karosel.
Fokus pada kualitas di setiap langkah pembuatan iklan video
Platform seperti Instagram mendemokratisasikan publikasi video, memungkinkan pengguna dengan berbagai tingkat kualitas video. Saran membuat video untuk Instagram yakni 2160 x 3840 4K.
Mencoba penargetan pemirsa serupa
Facebook merupakan platform periklanan utama untuk Instagram yang memiliki fitur penargetan pemirsa serupa yang memungkinkan menargetkan pengguna yang berperilaku seperti mereka yang sudah terlibat dengan konten Anda.
Cara iklan di Instagram bermitra dengan mikro influencer
Influencer adalah ciri khas pemasaran Instagram. Pertimbangkan untuk bekerja sama dengan mikro influencer yang akan dikenal dan dipercaya oleh pelanggan Anda untuk membuat iklan yang bermitra. Kuncinya adalah menemukan influencer yang mirip konsumen sehari-hari sehingga akan cenderung relatable dan dapat dipercaya.
Setelah memahami cara beriklan di Instagram, Sobat AMD bisa langsung mempraktekkan secara langsung bersamaan dengan tips yang efektif dalam menggunakan Instagram Ads. Tertarik mempelajari lebih dalam mengenai digital marketing? AMD Academy hadir untuk membantu Anda dalam dunia digital marketing. Untuk informasi lanjut dapat mengunjungi website kami di amd academy dan instagram kami @amdacademy.