ROI FB Ads – Ketika beriklan, Anda tentu ingin iklan Anda menjangkau audiens seluas-luasnya dan menghasilkan ROI yang tinggi. Maka Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan fitur Lookalike Audience. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menargetkan orang-orang yang memiliki kesamaan dengan pelanggan yang sudah ada dan memiliki minat yang sama dengan pelanggan yang sudah ada. Dengan mengoptimalkan penggunaan fitur Lookalike Audience, Anda dapat meningkatkan ROI Facebook Ads Anda dengan cara yang mudah dan efektif. Namun, sebelum Anda memulai, pastikan Anda memahami cara mengoptimalkan penggunaan Lookalike Audience secara tepat untuk mencapai tujuan bisnis Anda.
Apa itu Lookalike Audience?
Lookalike Audience merupakan fitur dari Facebook Ads agar iklan Anda dapat menjangkau audiens baru yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Hal tersebut dikarenakan lookalike audience memiliki karakteristik yang mirip dengan audiens atau pelanggan yang sudah Anda miliki. Lookalike audience akan memanfaatkan data custom audience atau seed milik Anda untuk kemudian diubah menjadi audiens baru yang disesuaikan dengan informasi seperti demografi, minat, dan perilaku yang sesuai dengan seed milik Anda. Saat Anda menggunakan Lookalike Audience, iklan Anda ditayangkan kepada audiens yang mirip dengan pelanggan Anda saat ini.
Saat membuat Lookalike Audience, Anda dapat mengatur seberapa mirip audiens baru dengan audiens yang sudah Anda miliki. Seberapa mirip audiens yang Anda ingin bergantung pada tujuan iklan yang ingin dicapai, semakin kecil persentase perbedaan dengan seed maka audiens akan semakin mirip dengan seed yang sudah ada dan semakin besar persentase perbedaannya akan menghasilkan audiens yang lebih besar dan lebih luas. Jika Anda tertarik menggunakan fitur ini, Facebook merekomendasikan seed yang Anda miliki berkisar antara 1.000 hingga 5.000 orang. Selain itu, mereka juga merekomendasikan bahwa seed yang Anda miliki haruslah berkualitas dan sesuai dengan target iklan. Misalnya, Anda mungkin mendapatkan hasil yang lebih baik jika seed yang digunakan hanya mencakup pelanggan terbaik dibandingkan hasil dari seed yang mencakup semua pelanggan Anda.
Bagaimana Meningkatkan ROI dengan Lookalike Audience?
ROI FB Ads merupakan singkatan dari Return On Investment yang mengukur berapa banyak keuntungan yang didapatkan dari sebuah investasi. Dalam marketing, ROI digunakan sebagai metrik yang mengukur keberhasilan sebuah campaign marketing. Salah satu keuntungan dari penggunaan lookalike audience adalah dapat membantu meningkatkan ROI FB Ads. Dengan menggunakan lookalike audience, Anda dapat menargetkan pengguna yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda, sehingga dapat menghasilkan lebih banyak leads dan konversi dari campaign marketing Anda.
Penggunaan lookalike audience juga dapat mengurangi biaya per akuisisi (Cost Per Acquisition/CPA) karena Anda menargetkan audiens yang lebih mungkin untuk tertarik pada produk atau layanan Anda. Dengan menargetkan orang-orang yang memiliki kesamaan karakteristik dengan pelanggan terbaik Anda, kampanye Anda lebih cenderung mendapatkan hasil yang positif dengan biaya yang lebih rendah. Ini tentu saja berkontribusi pada peningkatan ROI FB Adssecara keseluruhan karena Anda memaksimalkan pengeluaran marketing Anda.
Selain itu, lookalike audience dapat membantu meningkatkan engagement dengan cara yang lebih personal dan relevan. Ketika audiens merasa bahwa konten yang mereka lihat sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka, mereka lebih mungkin untuk terlibat dan berinteraksi dengan brand Anda. Engagement yang tinggi ini tidak hanya meningkatkan kemungkinan konversi, tetapi juga memperkuat hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Pada akhirnya, strategi ini tidak hanya meningkatkan ROI, tetapi juga membangun basis pelanggan yang loyal dan mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
Seed audiens yang bagus
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk menggunakan fitur lookalike audience, Anda memerlukan seed. Agar lookalike audience sangat akurat, seed yang Anda berikan haruslah berkualitas. Jumlah seed audiens yang sangat besar tidak berbanding lurus dengan kualitas lookalike audience yang dihasilkan. Jika seed yang Anda miliki terdiri dari puluhan ribu pengguna, platform iklan akan kesulitan menemukan pengguna yang cocok dengan semua orang dalam grup, sehingga menghasilkan audiens mirip yang kurang akurat.
Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan fitur Lookalike Audience
- Satu seed yang Anda miliki akan menghasilkan 500 lookalike audience;
- Seed yang Anda miliki setidaknya harus memiliki 100 orang di negara yang sama;
- Lookalike Audience akan bergantung pada lokasi yang Anda tetapkan
- Anda dapat memanfaatkan lookalike expansion agar iklan Anda ditampilkan kepada orang-orang di luar lookalike audience.
- Seed yang Anda miliki akan dikecualikan dari lookalike audience
- Anda dapat menggunakan beberapa lookalike audience secara bersamaan untuk satu set iklan.
- Di Indonesia, pilihan penargetan terbatas untuk audiens yang berusia di bawah 21 tahun.
Cara memasukan Lookalike Audience dalam FB Ads
- Buka tab Audiens dalam FB Ads;
- Klik menu dropdown Buat audiens dan pilih lookalike audience;
- Pilih sumber seed. Sumber dapat berupa custom audience yang dibuat dengan pixel, data aplikasi seluler, atau penggemar Halaman facebook. Pertimbangkan untuk menggunakan grup yang terdiri dari 1.000 hingga 2.000 pelanggan terbaik yang dipilih berdasarkan Customer lifetime value, nilai transaksi, jumlah pesanan, atau engagement.
- Pilih lokasi audiens yang ingin Anda sasar.
- Pilih ukuran audiens yang Anda inginkan dengan slide.
- Pilih Buat Audiens
Setelah Anda selesai, seed yang Anda masukan akan dipelajari dan lookalike audience akan siap dalam 6-24 jam. Selanjutnya, audiens Anda akan diperbarui setiap 3-7 hari (selama Anda masih aktif menargetkan iklan).
Alfa Media Digital Hadirkan Solusi
Dengan menggunakan lookalike audience Anda dapat menargetkan audiens yang memiliki karakteristik serupa dengan pengguna yang telah menunjukkan minat atau engagement dengan brand atau produk Anda. Namun, agar campaign Facebook Ads Anda sukses, Anda juga perlu untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang digital marketing dan mengetahui cara mengoptimalkan campaign Anda.
Menggunakan digital marketing merupakan cara paling fleksibel yang bisa Anda lakukan. Terdapat banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh hanya dengan menguasai pemasaran digital. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengakses pasar global tanpa batasan geografis. Selain itu, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan strategi pemasaran dengan cepat berdasarkan data dan tren terbaru.
Jika Anda tertarik untuk mengejar karier sebagai digital marketer, segara ikuti pelatihan dan sertifikasi dari lembaga terpercaya seperti AMD Academy. Melalui pelatihan ini, Anda akan diberikan pelatihan langsung dari ahlinya yang sudah berpengalaman. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web AMD Academy, penyelenggara Pelatihan Digital Marketing dan sertifikasi yang diakreditasi oleh BNSP. Anda juga dapat mendaftar melalui WhatsApp di sini atau mengunjungi Instagram resmi kami di @amd.academy untuk informasi terbaru.
Penulis: Jesy Aprilia L Gaol (DTS Batch 6)