Website saat ini menjadi hal yang penting dimiliki oleh hampir setiap lini bisnis. Website merupakan halaman web yang dapat diakses melalui internet, yang biasanya terdapat informasi yang diberikan oleh individu atau bisnis. Selanjutnya tools website yang beragam, mungkin membuat Anda bingung dalam menentukan tools mana yang cocok. Salah satu tools yang tersedia adalah WordPress, lalu bagaimana cara optimasi SEO website WordPress? Simak pembahasan berikut!
Global Web Index menyatakan bahwa, 62% pelanggan melakukan kunjungan pada website guna mencari informasi mengenai suatu produk ataupun merek suatu bisnis. Oleh sebab itu, bagi pebisnis, Anda harus mempertimbangkan untuk membangun suatu website bisnis sebagai suatu media promosi dan branding bisnis Anda.
WordPress saat ini menjadi pilihan bagi banyak orang sebab kemudahan yang penggunaan dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh WordPress. Selain itu, fitur WordPress sangatlah beragam dan sangat mendukung dalam pengembangan proyek website komersial atau individu.
Cara Optimasi SEO Artikel Website
1. Riset Keyword yang Tepat dan Potensial
Sebelum menentukan suatu tulisan dan judul artikel, sebaiknya lakukan suatu riset terhadap keyword yang potensial dan tepat bagi bisnis Anda. Alasan dilakukan riset keyword yaitu guna SEO artikel yang tayang akan lebih mudah dioptimasi dan memiliki kata kunci yang menargetkan calon konsumen. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara mencari ide pokok dari artikel website yang hendak Anda tulis.
Contoh nyata riset keyword Anda dapat menggunakan Keyword Planner dan Google Trends. Kunjungi URL Keyword Planner dan Google Trends maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut. Pada contoh gambar, saya menggunakan keyword “Sewa Motor Jogja” dan “Rental Motor Jogja”.
Kedua tools riset ini akan bermanfaat untuk menentukan volume pencarian dan kesulitan artikel untuk berada top search. Pada data tersebut menunjukkan bahwa keyword “Sewa Motor Jogja” lebih tinggi volume pencarian harian dan rata-ratanya dibandingkan dengan keyword “Rental Motor Jogja”. Perlu Anda perhatikan juga bahwa tingkat kesulitan keyword “Sewa Motor Jogja” lebih sulit dibandingkan dengan “Rental Motor Jogja”.
Pada momen ini Anda perlu menentukan keyword mana yang akan digunakan pada artikel Anda, “Sewa Motor Jogja” atau “Rental Motor Jogja”. Secara pribadi saya lebih menyarankan menggunakan keyword “Sewa Motor Jogja”, sebab volume pencarian yang lebih tinggi dan juga trends perubahan tiga bulanan mengalami peningkatan. Jadi keyword “Sewa Motor Jogja” dipandang sebagai keyword yang tepat dan potensial bagi artikel website Anda.
2. Tempatkan Keyword pada Artikel Secara Tepat
Penempatan dan penulisan keyword pada artikel tidak boleh sembarangan dan spam. Anda perlu menempatkan keyword artikel Anda secara tepat dan natural agar tidak merusak kualitas artikel tersebut. Selain itu, penyebaran keyword secara tepat akan membuat para pembaca tidak terganggu bahkan menyadari keyword tersebut, sebab seluruh kalimat artikel saling berkaitan serta nyambung.
Berikut saya contohkan penempatan keyword yang tepat.
Artikel tersebut memiliki keyword “Teknik Marketing Online”, lalu pada artikel tersebut juga membahas tentang penerapan teknik marketing online pada bisnis. Artikel yang baik biasanya menempatkan keyword pada awal judul dan paragraf pertama, seperti pada contoh gambar yang diberi highlight merah. Hal ini akan meningkatkan kualitas SEO artikel Anda saat dianalisis dengan tools SEO seperti Yoast.
3. Lakukan Internal dan External Linking
Internal linking atau link building merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan SEO artikel Anda. Fitur ini merupakan langkah untuk memasukkan link homepage dan artikel berdasarkan anchor text keyword yang dituju. Berikut contoh internal dan external linking secara tepat.
Pada contoh tersebut highlight hijau menandakan saya melakukan internal linking dan highlight merah berarti saya melakukan external linking yang sesuai dengan website tersebut. Contoh tersebut berusaha mengoptimasi keyword “Pelatihan Digital marketing” dimana berisi link menuju homepage website AMD Academy, dengan demikian orang yang mencari keyword “Pelatihan Digital marketing” akan bertemu pada homepage AMD Academy. Ketika website AMD Academy berada top search, maka jumlah pengunjung pada website tersebut akan semakin meningkat dan juga terjadi peningkatan calon konsumen dari hasil traffic tersebut.
4. Sesuaikan Title dan Alt Text pada Gambar Artikel
Platform WordPress menyediakan fitur untuk menyisipkan gambar pada suatu artikel, serta sebelum memasukkan gambar tersebut Anda akan diberi pilihan untuk memasukkan Title, Alt Text, Caption, dan lain sebagainya. Title berperan untuk memberikan judul gambar tersebut serta Alt Text berperan untuk menjelaskan gambar ketika koneksi internet sedang tidak baik. Dimana Alt Text akan muncul pada unloaded gambar, sebagai penjelas gambar tersebut.
Berikut contoh yang benar ketika menyisipkan gambar pada artikel.
Pada gambar yang hendak Anda sisipkan pada artikel sebaiknya berisi Alt Text, Title, Caption dan Decsription yang sesuai dengan judul artikel Anda. Sebab pada judul artikel seharusnya telah memuat keyword utama pada awal judul dan deskripsi pembahasan artikel.
5. Ajukan Pengindexan Hingga Tanam Backlink
Cara terakhir dalam optimasi SEO artikel website Anda yaitu dengan cara pengajuan index search engine dan tanam backlink secara natural. Pengajuan index bermanfaat agar artikel Anda dapat segera terindeks dan tayang pada search engine misalnya Google.
Selanjutnya langkah tanam backlink dapat Anda lakukan dengan mengajukan kerjasama dengan pemilik website lain, menulis artikel pada website yang berbeda, hingga menggunakan jasa backlink. Anda cukup melakukan tanam backlink setidaknya 1 tiap harinya, agar tidak terdeteksi sebagai spam backlink.
Berikut contoh pengindexan dan cara tanam backlink.
Kunjungi page Google Search Console, lalu sesuaikan dengan website yang hendak Anda lakukan pengindeksan. Pada contoh saya menggunakan cara pengajuan index dengan URL website yang telah dilakukan upload. Anda cukup mencopy URL dan mempastekan URL tersebut pada inspeksi URL, lalu dilanjutkan dengan minta pengindeksan. Tunggu proses tersebut hingga selesai, maka artikel Anda sudah diajukan indexnya di Google.
Lalu terkait penanaman backlink, Anda dapat menulis pada website Kompasiana, dimana pada artikel tersebut melakukan external linking pada website Anda. Pada contoh, keyword “Arkatama” pada artikel yang tayang di Kompasiana dilakukan external linking pada website utama Arkatama Multisolusindo.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang cara optimasi SEO artikel website, semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang merasa kesulitan untuk melakukan optimasi artikel pada website Anda coba kunjungi sertifikasi digital marketing AMD Academy atau jika Anda sudah menyerah untuk melakukan optimasi website percayakan hal tersebut pada Arkatama Multisolusindo. Kedua penyedia jasa tersebut sudah terbukti dapat menjawab permasalahan Anda terkait digital marketing.