Content Creator – Tanpa kita sadari, sering kali kita menyamakan dua hal yang mempunyai perbedaan definisi, yaitu content creator dan influencer. Keduanya memang melakukan hal yang sama, yaitu membuat konten. Ternyata, ada juga content creator yang bukan influencer lohh. Maka dari itu profesi ini bisa jadi salah satu peluang karir untuk Anda yang suka membuat konten. Mana kira-kira yang lebih cocok untuk Anda jika ingin dijadikan jalur karir yang serius? Pahami dulu penjelasan masing-masing istilah tersebut di artikel ini terlebih dulu, yuk!
Perbedaan Content Creator dan Influencer
Content creator yaitu membuat konten untuk blog di platform media sosial. Ini dapat mencakup video YouTube, TikTok, dan posting berbasis teks di situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan lain sebagainya. Konten yang dihasilkan dari content creator harus original karena dari content tersebut dapat membangun audiens, brand awareness, atau sebagai menyalurkan hobi para content creator melalui jejaring sosial. Contohnya seperti, blogger, penulis artikel, dan masih banyak lagi.
Influencer merupakan seseorang yang populer di media sosial yang biasanya memanfaatkan followers mereka dalam jumlah besar untuk mempromosikan brand dan gaya hidup tertentu. Ini bisa sangat bermanfaat bagi brand besar hingga pelaku usaha kecil yang ingin menjangkau pengguna baru dan membangun brand awareness.
Perbedaannya yaitu influencer lebih fokus pada berinteraksi dengan audiens, promosi, dan branding diri mereka dan kehidupan mereka untuk memberikan pengaruh ke audiens nya.
Basic skill
- Mengkomunikasikan ide secara efektif
- Memiliki kemampuan basic pada teknologi
- Me-manage ekspektasi dari client
- Memiliki kemampuan menjadi user admin
Skill Content Creator
- Memiliki kemampuan menulis diatas rata-rata
- Paham basic SEO
- Kemampuan resep market
- Research keyword, audiens, hingga konten
Skill Influencer
- Editing foto & video
- Social media manajemen
- Live streaming
- Promosi
- Manage audiens
- Pengetahuan mengenai periklanan
Strategi & Goals Content Creator dan Influencer
Content Creator biasanya bekerja sama dengan beberapa brand, agensi, owner bisnis, dan klien untuk memahami kebutuhan pasar mereka saat ini dan mengembangkan rencana untuk mencapai tujuan. Konten kreator menghasilkan uang dengan membuat strategi konten dan item konten seperti blog dan video, atau dengan mengunggah sebuah konten di akun mereka sendiri untuk pendapatan iklan, penjualan afiliasi, hingga langganan berbayar.
Sedangkan influencer bekerja dengan tujuan utama untuk “mempengaruhi” penontonnya. Influencer juga menerima sponsor dari brand untuk mempromosikan produk dan ide lifestyle. Dengan imbalan uang atau produk gratis, influencer tersebut harus mengunggah ulasan, foto produk, dan video, atau posting bersponsor di akun media sosial nya.
Bekerja dengan content creator dan influencer dapat menguntungkan upaya pemasaran Anda. Content creator dapat membantu membangun strategi pemasaran konten yang efektif, sementara influencer dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak pengguna yang ditargetkan melalui postingan bersponsor.
Ingin mempelajari lebih dalam mengenai social media marketing? AMD Academy sebentar lagi akan membuka pelatihan digital marketing secara gratis dan terbuka untuk umum. Untuk Anda yang ingin mengikuti pelatihan digital marketing gratis ini, yuk langsung saja daftar di link ini.
[…] Jika Anda memiliki iklan di suatu media cetak, iklan tersebut akan tetap ada hingga majalah tersebut didaur ulang. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah tersendiri ketika konsumennya merupakan kolektor media cetak. Selain itu, iklan di TV atau koran cenderung lebih mudah diingat jika dibandingkan di media sosial. […]