Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Content Marketing: 5+ Skill Jitu untuk Gaet Viewer Potensial

Content Marketing – Perkembangan creative multimedia saat ini telah merambat pada penggunaan content marketing. Dimana para designer tidak hanya berfokus pada pembuatan konten grafis, namun juga harus mempertimbangkan bagaimana target dapat tertarik. Content marketing dianggap menjadi salah satu strategi yang efektif menarik konsumen. Menurut riset Demand Gen Report (2020), cara ini 3x lebih efektif menghasilkan leads dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional. 48% pembeli mengatakan terlibat dengan antara tiga dan lima konten sebelum terhubung dengan tenaga penjualan, 30% mengatakan mereka melihat lima konten atau lebih bahkan sebelum terlibat dengan tenaga penjualan, dan sisanya 22% hanya melihat kurang dari 3 konten sebelum akhirnya membeli. Sehingga sebagai seorang marketing, Anda perlu memahami dengan baik apa itu content marketing dan skill apa yang dibutuhkan untuk menggaet viewer potensial bisnis.

Menarik perhatian viewer potensial tentu bukan merupakan cara yang mudah. Namun bagi Anda seorang pemula, penerapan content marketing seperti copywriting, editing skills, SEO skills, data dan analisis skills dapat membantu meningkatkan traffic konten. Lalu langkah apa yang harus dilakukan? Yuk simak informasinya sebagai berikut! 

Definisi Content Marketing

Content marketing merupakan bagian dari digital marketing yakni dengan membuat konten sebagai jembatan memperkenalkan produk ke target audiens. Konten berperan besar dalam membentuk brand awareness hingga meningkatkan engagement. Pemanfaatan konten dalam media digital dapat dikatakan sebagai langkah tepat dalam memasarkan barang atau jasa secara online. 

Manfaat Content Marketing:

1. Membentuk brand awareness 

Artinya brand kita terkenal di pasaran. Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk membentuk brand awareness. Pertama, harus melakukan riset untuk mengetahui target pasar dan audiens. Ini membantu menghindari pembuatan konten yang tidak pantas pada platform yang salah untuk audiens yang salah, yang akan menghabiskan waktu dan tenaga. Penting juga untuk mengetahui apa yang diinginkan pasar terhadap produk atau layanan sehingga dapat mengetahui apa yang diinginkan audiens.

2. Mendapatkan kepercayaan audiens

Tanpa mendapatkan kepercayaan dari audiens, akan sangat sulit untuk meyakinkan mereka pada produk atau layanan. Untuk membuat konten yang dapat memenangkan kepercayaan audiens, cari tahu titik kesulitan mereka dan jelaskan bagaimana produk atau layanan Anda mengatasinya. Jenis konten seperti itu membantu mereka memikirkan merek dan mencari konten Anda untuk panduan. Konten yang dimiliki juga harus menawarkan nilai, yang dapat dilakukan dengan mensurvei audiens. Cari tahu tantangan yang mereka hadapi dan bagaimana Anda bisa menghadapinya.

3. Mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization)

Hal yang harus diperhatikan untuk mengoptimalkan SEO bisa dengan penggunaan keyword, judul, ataupun gambar yang relevan dengan topik. Dengan strategi yang baik, akan mencapai peringkat tinggi dalam memasarkan produk atau layanan Anda. Visibilitas SEO juga merupakan ukuran yang baik dari relevansi konten dengan pengguna dan permintaan pencarian mereka. 

4. Menghasilkan social media traffic

Salah satu manfaat content marketing adalah dapat membantu menghasilkan social media traffic karena lingkup media sosial terus berkembang. Setelah Anda mendapatkan daya tarik yang cukup besar di media sosial tinggal bagaimana menjaga audiens tetap terlibat.

5. Meningkatkan engagement

Dengan stabil meningkatkan konten dan ditambah dengan skill content marketing, tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan feedback yang baik dari audiens dan akhirnya dapat berinteraksi dengan  baik sehingga secara tidak langsung engagement ikut meningkat.

Skill yang Dibutuhkan dalam Content Marketing

Berikut ini adalah 4 skill yang harus dikuasai dalam content marketing:

1. Copywriting

Memerlukan keterampilan menulis yang berbeda atau bisa dikatakan out of the box, tulisan yang baik dan jelas bisa cukup ampuh untuk meyakinkan calon pembeli yang ragu-ragu untuk membeli, jadi hindarilah penulisan yang berantakan. 

2. Editing skills

Skill ini tidak kalah penting dengan copywriting karena tidak cukup hanya memiliki tulisan yang bagus dan jelas untuk menarik perhatian viewer potensial, tetapi haruslah diseimbangi dengan kemampuan mengedit. Mengemas konten yang menarik, berkualitas tinggi, dan akhirnya audiens meningkat.

3. SEO skills

Mungkin skill ini yang paling sulit dikuasai, tetap sangat penting untuk memastikan peringkat konten Anda secara online dan menjangkau audiens yang tepat. Sebagai content marketing, bukan hanya membahas tentang membuat konten yang berkualitas tinggi, tetapi perlu diperhatikan pula setelah membuat konten tersebut dapat mengubah pembaca ataupun pendengar menjadi pelanggan. Untuk itu diperlukan pemahaman dasar tentang SEO yakni memastikan konten yang Anda buat disajikan kepada audiens pada waktu yang tepat.

4. Data & Analisis skills

Skill ini tidak kalah penting dengan skill yang lainnya karena seiring berjalannya waktu, tidak peduli seberapa kreatif atau uniknya konten yang dibuat tetapi tidak menganalisis data audiens maka percuma saja. Untuk itu perlu diperhatikan data audiens karena penting dalam memastikan strategi konten yang kuat dan efektif. 

Contoh Content Marketing:

1. Website 

Dengan menerapkan copywriting dan SEO skills yang dimiliki dapat dengan mudah menerapkan website sebagai langkah awal dalam content marketing.

2. Membuat podcast dan video

Content Marketing

Belakangan ini, lagi trend yang namanya podcast. Melihat peluang dan kesempatan yang pastinya juga diseimbangi dengan editing skills, podcast dan video menjadi pilihan yang baik dalam content marketing.

3. Desain infografik menarik

 

Dengan dikemas semenarik mungkin serta data & analisis skills yang baik, calon pelanggan dapat dengan mudah menangkap maksud dari infografik tersebut.

4. Bekerja sama dengan influencer

Content Marketing

Jika memiliki target pasar yakni anak muda, opsi bekerja sama dengan influencer bisa menjadi langkah yang tepat melihat di era digital seperti ini banyak anak muda yang menggunakan media sosial sebagai sumber utama informasi dan mengikuti influencer.

Penting untuk menggunakan content marketing dalam bisnis, kembangkan dengan semenarik mungkin agar audiens tertarik dan akhirnya menjadi calon client. Dengan beberapa perencanaan dan pemasaran konten yang sistematis, untuk informasi lebih lanjut seputar pedoman optimasi content marketing dari AMD Academy, Anda dapat mengunjungi Instagram kami di @amd.academy atau bisa hubungi kami sebagai Pelatihan Digital Marketing.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *