Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Dasar-Dasar Digital marketing, Pemula Wajib Tau!

Dasar-Dasar Digital marketing, Pemula Wajib Tau!

Dasar-Dasar Digital marketing – Anda ingin terjun ke dunia digital marketing? Namun masih bingung untuk memulainya? 

Tak lagi asing, istilah digital marketing memang sudah banyak beredar di kalangan pebisnis. karenanya, informasi seputar penerapan digital marketing khususnya bagi pemula tentu sangat dibutuhkan. 

Nah untuk itu, jika Anda adalah pelaku bisnis yang baru belajar digital marketing, artikel ini akan membantu Anda mengetahui berbagai dasar – dasar digital marketing untuk bisa bersaing secara kompetitif di era digital seperti saat ini.

Apa itu digital marketing?

Seperti yang Kita ketahui, marketing kini tidak hanya dilakukan secara konvensional saja, namun juga dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital atau kerap disebut dengan “digital marketing”. Digital marketing sendiri mengacu pada proses memasarkan produk atau jasa yang melibatkan teknologi baik melalui bantuan internet maupun tidak.

“Loh, bukannya digital marketing harus selalu menggunakan internet?”

No, digital marketing adalah semua kegiatan pemasaran yang melibatkan teknologi digital termasuk penggunaan billboard yang tidak menggunakan internet.

Manfaat dari penerapan digital marketing sendiri sangatlah banyak, yaitu dapat membantu bisnis menjangkau target pasar, mempercepat pertumbuhan bisnis, membangun citra bisnis di dunia digital hingga dapat mengurangi biaya pemasaran.

Setelah memahami pengertian dan manfaat digital marketing, tak heran jika saat ini para pelaku bisnis baik bisnis besar maupun bisnis kecil berlomba – lomba untuk mempelajari digital marketing.

Untuk mempelajarinya, tentu harus dimulai dari dasar – dasar digital marketing dan kemudian memasuki pembahasan yang lebih lanjut.

Dasar-Dasar Digital marketing Bagi Pemula

Berbicara tentang dasar-dasar digital marketing sebenarnya mengacu pada konsep bisnis yang telah Anda tentukan. Mulai dari segmentasi hingga target pasar.

Sebagai contoh, jika bisnis Anda merupakan bisnis makanan yang menargetkan anak muda. Maka, jenis digital marketing yang mengutamakan komunikasi dan visual digital seperti Content Marketing dan Social Media Marketing akan sangat membantu. 

Sebab target pasar yang Anda bidik merupakan usia aktif pengguna media sosial dan mereka akan tertarik membeli produk Anda jika tampilan produk yang Anda pasarkan menarik.

Sekali lagi, penentuan jenis digital marketing yang akan dipilih itu penting. Inilah dasar yang harus Anda ketahui. Untuk itu, mari simak beberapa penjelasan mengenai jenis digital marketing yang dapat Anda jadikan pilihan.

Rekomendasi Jenis Digital marketing Bagi Pemula Digital Marketing 

Tidak semua jenis digital marketing akan cocok untuk perkembangan bisnis Anda. Untuk itu penting bagi Anda untuk mengetahui jenis digital marketing apa yang sesuai dengan bisnis Anda.

Search Engine optimization (SEO)

Search engine optimization merupakan suatu cara untuk memunculkan suatu konten pada halaman pertama pencarian seperti pada laman google.

SEO memainkan peran content writing untuk menghasilkan artikel yang baik dan sesuai dengan algoritma mesin pencari. Ketika artikel Anda berhasil tampil di laman utama, maka peluang website Anda dikunjungi akan semakin tinggi.

SEO ini cocok bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang apapun dengan skala menengah ke atas. Sebab dengan memiliki website dan mengoptimalkan traffic kunjungan, kredibilitas usaha Anda akan lebih terjamin.

Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing merupakan sebuah upaya meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin telusur seperti Google. 

Jika, SEO bertujuan untuk mendapatkan hasil teratas pada hasil pencarian organik, maka SEM bertujuan untuk menduduki posisi teratas baik secara organik maupun berbayar.

Content Marketing

Content marketing merupakan jenis digital marketing yang membuat berbagai macam konten untuk menjangkau dan berinteraksi dengan target pasar.

Konten tersebut dapat berupa video, artikel, infografis, e-book, template, dan jenis konten lainnya yang bersifat menguntungkan bagi pengguna.

Salah satu ciri utama dari content marketing adalah sifat kontennya yang informatif dan tidak menjual produk secara gamblang, alias soft selling.

Contohnya, jika bisnis Anda menjual menjual pakaian remaja, Anda dapat menulis artikel tentang “Tips OOTD Remaja Tahun 2022”.

Social Media Marketing

SMM merupakan jenis digital marketing melalui media sosial yang saat ini digunakan oleh hampir semua pelaku bisnis.

Maka dari itu, banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk membuat konten menarik untuk meningkatkan engagement dari para pelanggannya.

Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan fitur “toko” pada Instagram dengan unggahan postingan yang menarik.

Influencer Marketing

Influencer marketing saat ini sudah menjadi tren di kalangan bisnis menengah ke atas untuk meningkatkan image dan penjualan mereka. 

Secara umum, jenis digital marketing ini merupakan kerja sama antara pelaku bisnis dengan content creator yang bertujuan untuk memasarkan produknya dalam jangka waktu panjang.

Pada dasarnya, influencer marketing memanfaatkan ketenaran seorang influencer dari berbagai media sosial seperti Tiktok, Instagram, Youtube dan lain sebagainya untuk mempromosikan suatu produk atau jasa.

Skill Wajib Bagi Pemula Digital marketing

Sebagai pemula yang ingin memahami dasar-dasar digital marketing, berikut 4 skill yang wajib Anda miliki:

  • Konsisten

Skill utama yang perlu Anda miliki adalah konsistensi. Mengapa demikian? Sebab, mempelajari digital marketing membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga dengan kesabaran dan konsistensi yang tinggi Anda akan memahami cara kerja digital marketing yang sebenarnya.

  • Dinamis

Seperti yang Kita ketahui, seiring perkembangan zaman teknologi terus berubah dan berkembang. Sama halnya dengan digital marketing. Saat mempelajarinyaAnda harus bisa menjadi sosok yang dinamis untuk dapat mengikuti setiap perkembangan dari digital marketing

  • Ready to Learn

Selanjutnya, sebagai seorang pemula di dunia digital marketing. Anda harus selalu siap untuk mempelajari perkembangan baru dari digital marketing.

  • Open-Minded

Skill terakhir yang perlu Anda siapkan sebelum belajar dasar-dasar digital marketing adalah memiliki pemikiran yang terbuka. Sebab, tidak ada aturan khusus dalam tata kerja digital marketing.

Oleh karena itu, ketika bertemu digital marketer yang memiliki pola pikir berbeda, jangan memaksakan konsep yang Anda miliki, melainkan berdiskusilah.

Referensi Belajar Dasar-Dasar Digital marketing

Sebagai sumber belajar, Anda dapat mengikuti salah satu atau beberapa referensi di bawah ini:

  • Kelas Online

Ada banyak kelas online yang menyajikan materi hingga praktik langsung seputar digital marketing, seperti AMD Academy, Rakamin Academy, RevoU dan masih banyak lagi.

  • Pelatihan dan Sertifikasi

Selanjutnya adalah pelatihan dan sertifikasi. Sedikit berbeda dengan kelas online, melalui pelatihan dan sertifikasi Anda akan mendapatkan pengakuan yang kredibel.

  • Youtube

Jika Anda ingin belajar dasar-dasar digital marketing, Youtube adalah pilihan yang tepat.

  • Buku dan Artikel

Beberapa buku dan artikel ilmiah juga dapat menjadi pilihan untuk mempelajari dasar-dasar digital marketing. Anda dapat mencari pada penyedia jurnal internasional seperti emerald dan Jstor serta penyedia buku dan jurnal lokal di Perpusnas Indonesia (Perpustakaan Nasional).

Baca Juga: Kursus Internet Marketing Langsung Dari Praktisi Arkatama

Agar tidak kalah dalam persaingan bisnis di era digital ini, para pelaku bisnis yang belum menerapkan digital marketing hendaknya mulai mempelajari dasar-dasar digital marketing

AMD Academy sendiri selaku karir dan bisnis akselerator, menyediakan berbagai jenis pelatihan khususnya seputar Digital marketing seperti pelatihan Social Media Marketing, pelatihan Content Creator dan masih banyak lagi.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *