Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Facebook Ads: Cara Membuat Iklan di Facebook Ads

Mungkin bukanlah hal yang baru dan aneh lagi ketika Anda menemukan postingan iklan pada timeline Facebook. Sponsored post yang memiliki target ini disebut sebagai Facebook Ads, yang mana merupakan salah satu fitur berbayar Facebook. Fitur Facebook Ads seringkali digunakan oleh perusahaan atau brand bahkan perorangan untuk melakukan promosi dengan tujuan menciptakan kesadaran atau meningkatkan penjualan.

Menurut penelitian dari Hootsuite (We Are Social) Indonesian Digital Report, platform Facebook menempati urutan ketiga pada daftar social media yang paling banyak digunakan di Indonesia pada tahun 2022. Bahkan, menurut penelitian yang sama, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 81,3% dari jumlah populasi penduduk di Indonesia. Itu artinya sebanyak 129,9 juta jiwa penduduk di Indonesia menggunakan platform Facebook sebagai salah satu media sosial mereka. Anda dapat memanfaatkan potensi tersebut untuk memasang iklan produk Anda di Facebook. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan Facebook Ads, mari simak artikel dibawah.

Apa Itu Facebook Ads?

Apa Itu Facebook Ads

Facebook Ads adalah singkatan dari Facebook Advertising yang merupakan fitur berbayar Facebook untuk mengiklankan atau mempromosikan postingan di sebuah akun. Facebook Advertising sangat memudahkan para pengiklan karena dapat diatur sesuai dengan target yang diinginkan mulai dari interest, gender, umur, bahkan lokasi atau domisili yang ingin disasar. Budget yang ingin digunakan pun juga beragam, mulai dari 20 ribu per hari saja Anda sudah bisa membuat iklan di Facebook.

Semakin banyak budget yang digunakan, semakin tinggi pula reach atau jangkauan yang didapat dari postingan yang Anda iklankan. Iklan Facebook ini juga memiliki berbagai macam tipe seperti: image ads, video ads, video poll ads, slideshow ads, carousel ads, stories ads, dan juga playable ads (untuk games).

Kelebihan Facebook Ads

Kelebihan Facebook Ads

Dengan adanya berbagai macam strategi marketing, mengapa Facebook Ads dipilih sebagai sarana promosi yang potensial? Salah satu keuntungan menggunakan Ads adalah adanya penggunaan target dan Facebook Ads memiliki pengaturan target yang dapat diatur sesuai dengan target market sang pengiklan. 

Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan para pengiklan karena tak perlu lagi bertanya-tanya apakah iklan yang mereka tayangkan sampai ke target atau apakah jangkauan iklan sesuai dengan budget yang dikeluarkan. Semua hal tersebut dapat diatur oleh pengiklan dan hasil laporannya dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran selanjutnya.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan Facebook Ads diatas, berikut ini beberapa kelebihan lain dari beriklan di Facebook.

  1. Pengguna Aktif

Pengguna social media Facebook tidak hanya banyak, tetapi juga aktif. Facebook menempati urutan ketiga pada daftar social media yang paling banyak digunakan di Indonesia pada tahun 2022.

  1. Demografi Beragam

Selain memiliki pengguna yang aktif, demografi pengguna Facebook juga beragam. Berdasarkan laporan Hootsuite (We Are Social) Indonesian Digital Report 2022, 56 persen pengguna Facebook adalah laki-laki dan 44 persen sisanya adalah perempuan. Dilihat dari kelompok usia, Facebook juga menawarkan target audience dari bermacam-macam kelompok usia aktif, mulai dari remaja hingga dewasa.

  1. Target Spesifik

Dari sekian banyaknya pengguna aktif dan dengan demografi yang beragam, Anda bisa menentukan target iklan Anda sespesifik mungkin. Anda bisa mempersempit target iklan berdasarkan interest, gender, umur, hingga lokasi atau domisili.

  1. Jangkauan Organik Facebook Tidak Cukup

Penting untuk Anda ketahui bahwa kini Facebook menerapkan sistem timeline non linear yang seringkali menyebabkan follower Anda terlambat atau bahkan tidak melihat promo dan penawaran yang Anda posting di fanpage. Namun, Anda tidak perlu cemas karena Facebook Ads tidak hanya memungkinkan untuk menjangkau follower Anda, tetapi juga mendapatkan follower baru.

  1. Remarketing

Facebook Ads juga menawarkan fitur remarketing. Fitur remarketing memungkinkan target audience Anda tidak hanya melihat iklan Anda di Facebook, tetapi juga di website dan aplikasi lainnya yang bekerja sama dengan Facebook. Dengan adanya fitur tersebut Anda bisa mempertahankan buying intent target audience Anda melalui iklan yang tersebar di berbagai platform tersebut.

Membuat Iklan di Facebook Ads

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dari Facebook Ads, pastinya Anda sudah tidak ragu lagi untuk mulai beriklan di Facebook Ads. Berikut ini adalah tutorial cara membuat iklan di Facebook Ads:

  1. Masuk ke Menu Business Suite

Business Suite

Pertama-tama, silakan masuk ke menu Business Suite. Business Suite adalah tempat untuk mengelola ads mulai dari pengaturan iklannya sampai ke berbagai aplikasi yang terhubung dengan Facebook, seperti Instagram ataupun e-commerce.

  1. Akses Facebook Ads Manager

Facebook Ads Manager

FB Ads Manager

Setelah masuk ke menu Business Suite, selanjutnya akses Facebook Ads Manager dengan cara klik Ads – Ads Manager.

  1. Mengenal Dashboard Facebook Ads Manager

Dashboard Facebook Ads Manager

Berikutnya setelah masuk ke Facebook Ads Manager, Anda akan melihat dashboard untuk mengelola iklan. Namun, sebelum mengoperasikannya alangkah lebih baik untuk Anda mengenali dulu fungsi masing-masing menu di dashboard Facebook Ads Manager.

  • Ads: Iklan yang akan dijumpai oleh target audience Anda
  • Ad sets: Ad sets terdiri dari ads yang dibuat untuk meraih tujuan campaign. Isi dari Ad sets berupa pengaturan promosi ads mulai dari target audience, budget, jadwal, hingga penempatan iklan
  • Campaign: Campaign adalah tujuan utama yang ingin diraih lewat kumpulan Ad sets salah satunya adalah meningkatkan brand awareness.
  1. Mengenal Tujuan Campaign

 

Tujuan Campaign Facebook Ads

Setelah memahami dashboard Facebook Ads Manager, Anda juga harus mengetahui berbagai tujuan campaign diantaranya adalah awareness, consideration, hingga conversion.

Pada dashboard Facebook Ads Manager, silakan pilih menu Campaign – Create. Kemudian, pilih salah satu campaign yang ingin Anda jalankan. Jika Anda masih bingung, mari simak pengertian dari masing-masing campaign di bawah ini.

Kesadaran (Awareness)

  • Kesadaran Merek (Brand Awareness): Meningkatkan kesadaran dan rasa familier pada target audience atas sebuah produk atau jasa.
  • Jangkauan (Reach): Menampilkan iklan Anda ke sebanyak mungkin audience sesuai dengan jumlah anggaran yang Anda keluarkan.

Pertimbangan (Consideration)

  • Lalu lintas (Traffic): Mengarahkan audience dari Facebook ke platform yang Anda inginkan misalnya, website, konten blog, apps, dll.
  • Interaksi (Engagement): Menjangkau audience yang berpotensi untuk berinteraksi dengan Anda.
  • Pemasangan aplikasi (App Installs): Mengajak orang untuk menginstal aplikasi tertentu.
  • Penayangan video (Video Views): Membagikan video bisnis ke target audience Anda.
  • Pembuatan prospek (Lead Generation): Mengumpulkan prospek untuk bisnis Anda diantaranya bisa berupa data alamat email, nomor telepon, dll.
  • Pesan (Messages): Menjalin koneksi dengan target audience Anda melalui Messenger, Direct Messages Instagram, hingga WhatsApp.

Konversi (Conversion)

  • Konversi (Conversion): Mendorong orang untuk melakukan action ke toko online Anda misalnya, menginstal aplikasi, membeli lewat website, dll.
  • Penjualan katalog produk (Catalogue Sales): Menampilkan katalog produk Anda pada iklan untuk mempercepat transaksi.
  • Kunjungan toko (Store Traffic): Mempromosikan toko fisik ke target audience agar mereka ingin berkunjung langsung.
  1. Membuat Campaign

Membuat campaign Facebook Ads

Selanjutnya, Anda perlu membuat campaign dengan cara mengisi detail campaign yang ingin dijalankan.

  1. Membuat Ad Sets

Membuat Ad Sets Facebook Ads

Jika campaign sudah terbuat, selanjutnya mari atur cara kerja ads Anda. Silakan pilih menu Ad Sets – Create. Jika sudah, klik opsi Use Existing Campaign lalu pilih kampanye yang sudah Anda buat pada tahap sebelumnya. Kemudian, isikan judul yang Anda inginkan pada kolom Ad Set lalu klik Continue. Kemudian, pilih Facebook Page yang ingin Anda promosikan. 

Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara mengatur ads dengan lebih detail. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

  • Budget dan Jadwal Promosi

Setting Budget & Jadwal Promosi

Terdapat dua budget yang dapat Anda pilih. Daily budget adalah biaya rata-rata yang ingin Anda keluarkan per harinya. Lifetime budget adalah total biaya yang harus Anda keluarkan selama periode tertentu. Tidak hanya mengatur budget, Anda juga bisa mengatur durasi ads.

  • Target audience

Setting Target Audience

Pada pengaturan ini, Anda dapat memfokuskan ads pada target audience tertentu. Mulai dari lokasi, umur, gender, dan detail tambahan lainnya.

  • Penempatan Iklan

Setting Penempatan Iklan

Anda dapat mengatur di lokasi mana saja iklan Anda ditampilkan seperti pada Facebook, Instagram, Messenger, dsb.

  • Keamanan Brand

Fitur keamanan brand membantu iklan Anda terhindar dari konten yang membahayakan reputasi bisnis seperti konten sensitif berbau kekerasan, dll.

  • Optimasi Iklan

Menu optimasi iklan dapat membantu Anda mengalokasikan budget agar lebih terkontrol, tepat sasaran, dan efektif.

  1. Membuat Ads

Setelah mengatur cara kerja ads, sekarang Anda dapat mulai membuat ads. Pertama-tama, pilih menu Ads – Create lalu pilih campaign objective ataupun klik Use Existing Campaign untuk memilih kampanye yang pernah dibuat.

Selanjutnya, Anda dapat melengkapi informasi berikut:

Membuat Ads pada FB Ads

Membuat Ads pada Facebook Ads

  • Ad Name adalah nama iklan yang Anda buat
  • Identity adalah halaman bisnis dan akun media sosial yang terkait untuk menerbitkan ad
  • Ad Setup adalah jenis iklan dalam Facebook Ads yang ingin dipilih. Anda juga dapat memilih iklan yang sebelumnya

Membuat Ads pada Facebook

  • Ad Creative merupakan settingan tampilan visual dari ads Anda
  • Languages adalah fitur untuk menerjemahkan otomatis iklan Anda
  • Tracking adalah tools yang dapat membantu Anda memantau performa iklan

Facebook Ads adalah platform iklan yang efektif untuk mempromosikan produk ataupun jasa Anda. Mulai dari meningkatkan penjualan, memperluas engagement, dan masih banyak lagi. 

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar lebih banyak lagi mengenai Facebook Ads, Anda dapat mengikuti pelatihan digital marketing yang dilaksanakan oleh AMD Academy. Untuk info lebih lengkapnya, Anda dapat mengunjungi Instagram kami di @amd.academy. Mari tingkatkan skill digital Anda bersama AMD Academy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *