Internet Marketing – Di era 4.0 seperti sekarang ini, banyak orang yang mengakses berbagai informasi terbaru melalui internet. Penggunaan internet khususnya di Indonesia bisa dibilang cukup besar dan sangat aktif karena menunjang berbagai kebutuhan sehari-hari. Penggunaannya pun tidak hanya untuk kebutuhan menampilkan informasi saja namun juga dapat digunakan untuk kegiatan bisnis. Salah satunya dengan menerapkan strategi internet marketing yang tepat.
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Hootsuite (We Are Social), Indonesian Digital Report 2021, pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta jiwa yang mana jumlah tersebut merupakan 73,7% populasi penduduk di Indonesia. Berdasarkan sumber yang sama, waktu yang digunakan masyarakat Indonesia untuk mengakses internet pun jumlahnya tidak sedikit yaitu 8 jam 52 menit setiap harinya. Dari hasil riset tersebut dapat kita simpulkan bahwa internet menjadi salah satu wadah terbaik untuk menjalankan strategi pemasaran. Sebagai pemasar yang handal, tentunya Anda dapat mulai mengoptimalkan potensi penetrasi pasar yang beda dari yang lain, dengan mulai membangun internet marketing dari sekarang!
Pengertian Internet Marketing
Pada step ini Anda perlu mendapatkan gambaran lebih dulu terkait apa itu internet marketing. Internet marketing adalah strategi memasarkan produk melalui internet dengan tujuan promosi, meningkatkan penjualan, branding, dan juga mempengaruhi konsumen untuk membeli, baik itu barang ataupun jasa. Internet marketing juga biasa disebut online marketing. Dikatakan seperti itu, karena semua prosesnya dilakukan secara online dengan bantuan teknologi digital.
Tujuan Internet Marketing
Tujuan dari internet marketing adalah untuk menjangkau dan mendapat konsumen dengan jangkauan yang lebih luas. Bahkan tidak terbatas konsumen di suatu daerah saja, namun berskala global. Dengan melakukan strategi pemasaran dan promosi yang tepat, konsumen akan lebih aware dan tertarik untuk menggunakan produk Anda.
Strategi Internet Marketing untuk Bisnis
Setelah Anda mengetahui pengertian dan tujuan dari internet marketing, selanjutnya mari kita pelajari strategi internet marketing apa saja yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda.
1. Membuat website
Tujuan dari pembuatan website adalah sebagai platform untuk menginformasikan seputar bisnis dan layanan dari perusahaan Anda. Sudah banyak tutorial maupun pelatihan yang dapat membantu Anda dalam membuat dan mengembangkan website. Bagi Anda yang tidak memiliki basic coding, Anda dapat membuat website dengan menggunakan WordPress. Dengan menggunakan bantuan WordPress Anda dapat memilih beberapa fitur penting seperti plugin untuk membantu proses pembuatan website.
2. Meningkatkan traffic dengan penggunaan SEO
Search Engine Optimization (SEO) memiliki konsep dasar yaitu mengoptimasi artikel website agar muncul di halaman teratas Google. Tujuan utama dari SEO sendiri adalah meningkatkan traffic perusahaan, serta melakukan optimasi, baik secara teknis maupun non-teknis. SEO dibedakan menjadi dua yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.
3. Menerapkan email marketing
Pernahkah Anda mendapat email berupa artikel atau iklan terkait jasa maupun produk perusahaan? Nah, itulah yang dinamakan dengan email marketing. Strategi online marketing yang satu ini menggunakan bantuan platform seperti Gmail. Strategi email marketing terbukti cukup efektif dalam menarik minat konsumen untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa milik Anda. Karena faktanya, mayoritas calon konsumen akan mengecek pesan yang terkirim pada alamat email Anda. Namun, pastikan untuk menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami agar pesan dalam email tersebut dapat tersampaikan kepada calon konsumen.
4. Optimasi pada social media marketing
Salah satu contoh online marketing yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan brand produk yang Anda miliki adalah dengan mengaitkan akun Anda pada berbagai media sosial yang ada. Strategi pemasaran dengan menggunakan bantuan social media marketing terbukti cukup efektif. Media sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah Twitter, Instagram, dan Facebook. Dimana pada setiap platform social media tersebut terdapat fitur untuk memperkenalkan produk melalui iklan berbayar seperti Twitter Ads, Instagram Ads, dan Facebook Ads.
5. Membuat blog
Jika Anda memiliki minat dan keahlian dalam membuat tulisan, maka tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai suatu bisnis. Salah satunya adalah membuat sebuah blog pribadi atau perusahaan yang saat ini diyakini sebagai salah satu strategi online marketing yang cukup efektif. Mengapa? Karena salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan traffic pengunjung adalah dengan membuat halaman website untuk menampilkan berbagai informasi dalam bentuk artikel. Namun pastikan untuk tak hanya membuat sebuah artikel tapi juga melakukan optimasi SEO, agar artikel yang telah dibuat dapat masuk pada SERP (Search Engine Result Page) dari Google.
Kelebihan Internet Marketing
Salah satu kelebihan internet marketing telah disampaikan sebelumnya pada pembahasan tujuan internet marketing. Eits! Namun, nyatanya masih banyak kelebihan lain yang buat bisnis Anda tampil beda.
1. Waktu pemasaran, iklan, serta layanan 24 jam non-stop.
Strategi online marketing memungkinkan bisnis yang Anda jalankan tersedia setiap hari selama 24 jam. Cara tersebut akan membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis Anda. Manfaat ini bisa Anda peroleh dengan menghadirkan gerai bisnis secara online, dengan bantuan online marketing website. Salah satu penerapan website 24 jam nonstop yakni pada laman Arkatama Multi Solusindo. Arkatama kini tampil lebih beda dengan website profesional yang menggunakan teknologi up-to-date.
2. Dapat menjangkau pasar global
Strategi pemasaran online marketing akan memberikan akses yang luas dari pelanggan potensial. Miliaran orang yang tersebar di seluruh dunia pasti menggunakan internet setiap harinya. Itulah mengapa strategi online marketing sangat cocok untuk digunakan di era 4.0 seperti sekarang ini. Pola online marketing yang dapat menjangkau interaksi secara global adalah pemasaran dengan social media. Salah satu penerapan social media marketing yakni pada akun social media AMD Academy diantaranya Instagram dan Facebook.
3. Dapat menjangkau calon konsumen secara lebih maksimal namun dengan biaya yang lebih terjangkau.
Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mempromosikan bisnis di internet jauh lebih murah jika dibandingkan media pemasaran lainnya. Hal inilah yang memudahkan para pelaku bisnis kecil dan menengah untuk mempromosikan produk mereka. Salah satu contohnya adalah AMD Academy yang menggunakan SEO sebagai strategi internet marketing untuk meningkatkan traffic website.
4. Internet marketing dapat menghemat waktu
Strategi internet marketing atau pemasaran online juga cukup menghemat waktu. Calon konsumen bisa mendapatkan semua informasi mengenai produk maupun jasa melalui internet. Hal ini berlaku untuk penjual maupun pembeli. Pembeli dapat mengakses informasi kapan saja dan dimana saja. Begitupun dengan penjual juga dapat bekerja kapan pun dan dimana pun.
5. Mendapatkan feedback instan
Strategi internet marketing dapat memungkinkan Anda untuk mendapatkan feedback instan dari para pelanggan. Konsumen dapat memberikan review setelah menggunakan produk Anda. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah produk atau layanan Anda memerlukan perbaikan atau tidak.
Sekarang Anda pasti sudah lebih tahu seputar internet marketing yang telah kami jabarkan secara singkat di atas. Karena memiliki sederet kelebihan, strategi internet marketing menjadi strategi pemasaran yang efektif di era yang serba digital seperti saat ini. Bagi Anda yang ingin menerapkan strategi internet marketing untuk bisnis Anda, namun masih belum sepenuhnya paham dengan konsepnya. Jangan khawatir, karena AMD Academy menyediakan beberapa program yang berhubungan dengan digital marketing, seperti bootcamp, online course, BNSP Certification, dan corporate training. Untuk informasi lebih lanjut seputar program digital marketing dari AMD Academy, Anda dapat mengunjungi Instagram kami di @amd.academy. Mari tingkatkan marketing skill Anda bersama AMD Academy.