Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Alasan Belajar Digital Marketing, Agar Bisnismu Sukses!

Alasan Belajar digital marketing – Siapa yang tak kenal istilah digital marketing? Digital marketing merupakan sebuah ilmu yang sangat dibutuhkan di zaman sekarang ini.

Perkembangannya yang semakin pesat, membuat banyak pelaku bisnis yang memiliki alasan untuk belajar dan menerapkan digital marketing. Tak heran kini banyak sekali pelaku bisnis yang mulai belajar ilmu seputar digital marketing. 

Sebelum benar-benar memahami mengapa digital marketing dibutuhkan dalam menjalankan bisnis, ada baiknya Kita kenalan dulu dengan istilah digital marketing!

Apa sih itu Digital Marketing?

Digital marketing merupakan suatu strategi pemasaran yang memanfaatkan media digital dan konektivitas internet.

Pernahkah Kamu melihat sebuah brand melakukan kampanye online? Seperti halnya Kopi Kenangan yang mengkampanyekan bahwa mereka mendukung Go Green, hampir semua brand dari perusahaan skala lokal hingga global memasarkan produk mereka dengan kampanye online.

Kampanye online ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam digital marketing dengan tujuan mendongkrak konversi penjualan dari sebuah brand

Konsep dan penerapan digital marketing ini adalah sebagai ajang promosi yang dapat menarik pembeli maupun calon pembeli dengan jangka waktu yang cepat.

Beberapa teknik yang biasa digunakan dalam digital marketing, terutama dalam kampanye online adalah SEO (Search Engine Optimization), SMM (Social Media Marketing), Email Marketing dan masih banyak lagi.

Mengapa Bisnis Membutuhkan Digital Marketing?

Bukan hanya untuk perusahaan besar saja, digital marketing juga kerap digunakan oleh bisnis kecil hingga menengah.  Simak penjelasan berikut ini untuk memahami alasan bisnis membutuhkan digital marketing!

  • Dapat Melayani Pelanggan Secara Real-Time

Menerapkan digital marketing untuk bisnis merupakan pilihan yang tepat. Dengan adanya digital marketing, Anda sebagai pebisnis bisa melayani pelanggan secara real-time.

Hal ini tentunya akan membuat loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda akan terjaga dengan baik. Sebab, Anda dengan mudah bisa melayani pelanggan yang jauh hanya melalui online chat atau telepon.

  • Biaya Promosi Terminimalisir

Promosi ke pelanggan tentunya membutuhkan usaha besar dalam menyebarkan informasi. Sebagai contohnya adalah promosi konvensional melalui penyebaran brosur-brosur.

Hal ini sudah cukup ketinggalan zaman. Jika belajar digital marketing, Anda bisa lebih tahu cara mempromosikan bisnis secara online yang pastinya akan menghemat biaya namun tetap efektif. Tak tak hanya itu, iklan secara online juga bisa aktif selama 24 jam. Sehingga, pelanggan bisa bebas menemui iklan dengan mudah, tanpa batasan waktu.

  • Mampu Mendapat Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Siapa yang sudah tak pakai smartphone sekarang ini? Di Indonesia sendiri jumlah pengguna smartphone selalu meningkat. 

Nah, dengan adanya digital marketing ini para pebisnis bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Jika sebelumnya, pasar mereka hanya berada di sekitar jangkauan wilayah bisnis saja, dengan adanya digital marketing, orang dari seluruh wilayah dapat dengan mudah melihat produk yang Anda pasarkan, sehingga terdapat kemungkinan mereka tertarik untuk membeli. 

Namun perlu diingat, untuk menarik perhatian konsumen Anda harus belajar membuat konten yang menarik juga.

Baca Juga: Trend Digital Marketing 2022 Wajib Diikuti Agar Engagement Bisnis Meningkat

3 Skill Digital yang Wajib Dimiliki untuk Menerapkan Digital Marketing

Untuk menerapkan digital marketing, dibutuhkan skill atau kemampuan digital yang mumpuni. Selain itu, pengetahuan mengenai dunia maya juga harus luas agar marketing yang dilakukan bisa berjalan sesuai target.

Berikut 3 skill digital yang wajib dimiliki pebisnis jika ingin menerapkan digital marketing:

1. SEO (Search Engine Optimization) dan SMM (Social Media Marketing)

SEO dan SMM sudah menjadi basic skill atau kemampuan dasar dalam dunia digital marketing. Kedua skill ini akan membawa Anda menuju optimasi traffic website dan sosial media.

Sudahkah Anda memiliki kedua skill ini?

2. Copywriting dan Content Writing

Banyak yang mengira bahwa copywriting dan content writing adalah hal yang sama. Meski keduanya memiliki tujuan sama yaitu memasarkan suatu produk, copywriting memiliki target penjualan yang lebih objektif, sementara content writing tujuannya bersifat lebih umum dan membangun image sebuah produk atau bisnis.

Dalam menerapkan digital marketing, Anda akan mendapat hasil yang lebih optimal jika berhasil memiliki skill di kedua bidang ini.

3. Analisis Data dengan Google Analytics

Google Analytics menyediakan berbagai informasi terkait aktivitas dari website Anda. 

Dengan Google Analytics, Anda bisa mengetahui data terkait session duration, pages per session hingga bounce rate dari sebuah website. Tentunya hal ini akan memudahkan Anda mengetahui behavior atau kebiasaan pengunjung website untuk secara strategis meningkatkan conversion pada website.

Melalui pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa digital marketing ini memiliki peran penting dalam upaya mensukseskan bisnis. Anda sebagai pebisnis akan sangat merugi jika melewatkan digital marketing ketika menjalankan bisnis.

Untuk itu, penting bagi Anda mempelajari digital marketing lebih dalam lagi. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan digital marketing adalah dengan mengikuti pelatihan-pelatihan seputar digital marketing.

Sebagai referensi, Anda bisa mengikuti pelatihan dan uji kompetensi digital marketing di AMD Academy yang sangat mudah untuk di akses, sebab dilaksanakan secara online dengan biaya yang terjangkau. 

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *