Manfaat Facebook Pixel – Menurut data pada situs Profitwell.com, sebanyak 47% orang cenderung akan berkeinginan untuk membeli sebuah produk jika telah melihat konten bisnis sebanyak 4 hingga 5 kali sebelum memutuskan akan membeli barang. Artinya jika Anda ingin meningkatkan profit atau penjualan produk Anda, maka Anda harus membuat konten-konten bisnis yang menarik.
Oleh karena itu banyak marketer di seluruh lini mulai memutar kepala memikirkan strategi remarketing yang tepat. Ternyata kita bisa memanggil kembali orang-orang pengunjung web kita untuk keperluan remarketing (pemaparan konten kembali) melalui Facebook Pixel. Mari simak bacaan berikut :
● Apa itu Facebook Pixel?
Facebook Pixel merupakan sebuah kode javascript yang disediakan oleh Facebook untuk dipasang pada situs website. Kode ini memungkinkan Facebook untuk mengumpulkan data tentang pengunjung situs web dan melacak tindakan yang dilakukan oleh mereka, seperti melakukan pembelian, mendaftar newsletter, mengisi formulir kontak, atau melakukan interaksi lainnya. Selain itu, Anda dapat membangun atau mengelompokkan audiens yang menjadi target iklan. Dengan fungsi ini juga digunakan untuk penargetan ulang atau pemasaran ulang, yaitu Penargetan ulang orang-orang yang telah mengunjungi situs web, dll. Secara umum, Facebook pixel digunakan untuk menyempurnakan target dan mengukur keefektifan iklan yang Anda lihat, sehingga iklan ditampilkan kepada orang yang relevan dan tertarget. Alhasil, calon konsumen lebih tertarik untuk membeli. Data piksel dapat digunakan untuk melacak pengunjung Facebook sehingga iklan dapat dilihat lagi di audiens tersebut.
● Langkah Mendapatkan Target Pasar Tersasar dalam Facebook Pixel
Facebook Pixel sebagai alat yang digunakan untuk melacak tindakan pengguna di situs web Anda, serta memungkinkan untuk mengoptimalkan kampanye iklan agar lebih efektif dan efisien. Untuk mendapatkan target pasar yang tersasar melalui Facebook Pixel, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:
1. Membuat profil pelanggan ideal
Pertama, Anda harus membuat profil pelanggan ideal atau “buyer persona” yang mencakup informasi seperti demografi, minat, dan perilaku pembelian. Dengan memahami siapa pelanggan Anda, Anda dapat membuat kampanye iklan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Menurut data pada situs Profitwell.com, sebanyak 47% orang cenderung akan berkeinginan untuk membeli sebuah produk jika telah melihat konten bisnis sebanyak 4 hingga 5 kali sebelum memutuskan akan membeli barang.
2. Memasang Facebook Pixel di situs web Anda
Dengan memasang Facebook Pixel di Situs Web, Anda dapat melacak tindakan pengguna seperti pembelian, pengecekan produk atau melakukan pendaftaran di situs web Anda
3. Melakukan analisis data
Setelah Facebook Pixel Anda terpasang, Anda akan mendapatkan data yang dihasilkan dari Facebook Pixel kemudian Anda dapat mulai menganalisisnya. Facebook Pixel akan memberikan informasi tentang perilaku pengguna di situs web Anda, termasuk halaman mana yang mereka kunjungi, produk apa yang mereka lihat, dan berapa lama mereka menghabiskan waktu di situs Anda. Anda juga dapat memilih tujuan untuk kampanye iklan Anda, seperti menghasilkan penjualan atau meningkatkan lalu lintas situs web.
4. Membuat kampanye iklan yang tepat
Tentunya Anda dapat membuat kampanye iklan yang efektif dan efisien berdasarkan informasi yang dihasilkan dari Facebook Pixel. Anda dapat mengarahkan iklan kepada pelanggan potensial yang mempunyai perilaku dan minat yang sama atau mirip dengan pelanggan yang sudah pernah mengunjungi situs web Anda.
5. Menguji dan mengoptimalkan kampanye iklan
Kemudian Anda dapat melakukan pengujian terhadap kampanye iklan Anda dan melakukan optimasi berdasarkan data hasil. Untuk mengetahui apakah kampanye Anda berjalan dengan efektif atau tidak, Anda dapat melihat dan mempelajari metrik-metrik seperti klik, konversi dan biaya per konversi. Jika kampanye Anda tidak berjalan dengan baik, Anda dapat memodifikasi iklan Anda untuk mencapai target pasar yang tepat.
Dalam rangka untuk mendapatkan target pasar yang tersasar melalui Facebook Pixel, penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang pelanggan ideal Anda, serta memahami data yang dihasilkan oleh Facebook Pixel dan menggunakannya untuk membuat kampanye iklan yang lebih efektif.
● Langkah Menggunakan Facebook Pixel
1. Membuat akun Facebook Business
Jika Anda belum memilikinya, buat akun Facebook Business terlebih dahulu.
2. Login ke Facebook Business Suite kemudian pilih menu all tools dan setelah itu pilih menu events manager.
3. Pilih connect data
4. Kemudian klik connect
5. Masukkan nama pixel kemudian klik “create pixel”
6. Isi url website Anda kemudian pilih “Check”
7. Jika sudah berhasil, langkah selanjutnya pilih “Meta Pixel Only”
8. Selanjutnya silahkan pasang kode Facebook Pixel ke Website.
Jika Anda ingin menginstalnya secara manual, pilih “Install Code Manually”. Namun, jika Anda menggunakan website melalui partner intergrasi Facebook seperti WordPress, Anda dapat memilih “Check for Partner”, yang memungkinkan Anda menghubungkan pixel Facebook tanpa pengkodean.
Cara Install Facebook Pixel di website secara manual
1. Klik “Install Code Manually” seperti gambar di atas
2. Kemudian klik tombol “Copy Code”
3. Untuk mengaplikasikannya, Anda harus menempelkan kode tersebut tepat berada di bawah header website Anda.
4. Jika Anda ingin memakai “Automatic Advanced Matching” Anda bisa mengaktifkan fitur tersebut. Fitur ini dapat mencocokkan data audiens website Anda dengan orang-orang yang ada di Facebook. Selain itu, fitur ini dapat melacak konversi dengan lebih akurat dan membuat custom audiens yang lebih besar. Kemudian klik “continue” untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
5. Kemudian pilih “Open Event Setup Tools untuk membuat Event
6. Masukan website url Anda lalu klik open website
Nantinya Facebook akan memberikan Anda daftar event yang dapat digunakan, lalu pilih confirm atau dismiss. Kemudian langkah terakhir klik finish.
● Facebook Pixel dalam Periklanan
Facebook Pixel hanya dapat digunakan dalam konteks periklanan saja. Berikut contoh penggunaan Facebook Pixel dalam Periklanan oleh AMD Academy, Bootcamp Digital Marketing.
Nah sudah tahukan bahwa ternyata Facebook Pixel bisa mendukung remarketing website. Facebook Pixel yang berupa kode, dapat dipasang di website dengan menggunakan bantuan Plugin. Buat Anda yang ingin menguasai Digital Marketing BNSP lebih mendalam lagi, Anda bisa mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Digital Marketing di Digital Training and IT Consultant, AMD Academy.