Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Network Marketing: Platform Bisnis Online Terbaik

Apa itu Network Marketing?

Network Marketing adalah strategi pemasaran suatu produk dengan cara direct sales dengan sistem bertingkat. Anda perlu merekrut lebih banyak orang untuk membantu memasarkan produk tersebut. Nantinya, keuntungan yang didapat lewat penjualan pribadi serta keuntungan penjualan dari tenaga penjual yang direkrut akan dibagi sesuai level.

Artinya, semakin banyak tenaga penjual yang direkrut, semakin tinggi pula penghasilan dan bonus yang akan didapat oleh perekrut. Sistem bertingkat inilah yang kemudian membentuk istilah penjualan piramida. Semakin banyak orang yang direkrut, semakin tinggi pula posisi sang perekrut.

Lingkungan kerja dalam dunia bisnis ini memiliki dua istilah yaitu downline dan upline. Downline adalah bawahan atau orang yang direkrut dalam bisnis untuk menjual produk bersama. Sementara upline adalah atasan, perekrut, atau orang yang sebelumnya telah melakukan penjualan dan berhasil merekrut tenaga penjual baru.

Secara garis besar, tidak banyak perbedaan antara tugas downline dan upline dalam bisnis network marketing. Keduanya sama-sama menjadi distributor langsung yang menjual produk ke masyarakat. Tidak hanya itu, upline dan downline harus terus mempromosikan keuntungan yang didapat saat berbisnis sehingga akan semakin banyak tenaga rekrutan baru yang bergabung. 

Ciri Perusahaan Network Marketing yang Baik

Ciri-Ciri Perusahaan Network Marketing yang Baik

Untuk lebih memahami apa itu network marketing dan ciri-cirinya, berikut beberapa poin penting yang harus Anda ketahui:

1. Terdaftar di APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia)

Jika perusahaan tersebut resmi terdaftar di Asosiasi Penjual Langsung Indonesia (APLI), maka kredibilitasnya patut diperhatikan. Untuk dapat bergabung ke dalam asosiasi dan mendapat sertifikasi, perusahaan harus memenuhi beberapa syarat dan kode etik yang disepakati oleh APLI. Jika sudah terdaftar, maka dapat dipastikan perusahaan tersebut memiliki produk yang baik untuk masyarakat, terpercaya, dan dapat dipertanggungjawabkan sistemnya.

2. Memiliki produk nyata yang dijual

Tujuan utama dari bisnis network marketing adalah menawarkan dan menjual produk sebanyak-banyaknya. Bisnis yang baik tentu memiliki variasi produk dengan harga yang beragam untuk nantinya ditawarkan kepada calon konsumen. Selain itu, kualitas dari produk yang dijual juga harus terjamin dan pihak distributor harus selalu terbuka untuk menerima keluhan konsumen.

3. Memiliki badan hukum dan kantor yang jelas

Selain terdaftar di APLI, perusahaan network marketing yang baik dapat dilihat dari badan hukum dan kantor pusat yang dimiliki. Sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dalam bisnis seperti ini, periksalah terlebih dahulu status kantor, perseroan terbatas (PT) yang melatarbelakangi produksi produk yang dijual. Periksa juga badan hukum, status kepemilikan SIUPL (Surat Izin Usaha Penjualan Langsung), dan NPWP dari perusahaan tersebut. Dengan adanya badan hukum dan perseroan terbatas (PT) yang jelas, produk dan sistem bisnisnya pun dapat dipertanggungjawabkan.

4. Network Marketing dengan sistem yang terbuka

Daya tarik utama dari bisnis ini adalah kesuksesan yang didapat melalui hasil penjualan dan track record selama menjadi penjual. Tidak hanya upline yang terus meraih keuntungan, pihak downline sebagai bawahan pun dapat meraih kesuksesan yang sama tanpa ada hal yang disembunyikan. Persentase pendapatan yang jelas dan terbuka akan sangat membantu bisnis network marketing untuk berkembang pesat.

5. Upline dan downline saling bekerja sama

Perusahaan network marketing tidak akan berkembang jika tidak ada kerja sama yang baik antara upline dengan downline. Ciri yang baik dari bisnis ini adalah upline yang membantu downline untuk terus maju dan meraih pendapatan lebih banyak. Pilihlah bisnis yang para upline-nya aktif membantu, mengajak downline untuk mengembangkan bisnis bersama-sama, serta aktif memberi masukan, tips, dan ilmu marketing.

6. Produk diterima pasar dengan baik

Ciri sebuah perusahaan network marketing yang diterima dengan baik oleh masyarakat dan pasar dapat dilihat dari skala penjualan. Jika sistem bisnis dan distribusi produk sudah mencapai skala nasional atau kota-kota besar, maka bisnis tersebut patut untuk diperhitungkan. Tidak hanya itu, kesejahteraan perusahaan dan jaringan distributornya juga akan terlihat melalui kualitas produk yang ditawarkan.

Pentingnya Network Marketing Company

Maraknya penipuan yang mengatasnamakan network marketing telah memberikan stigma yang buruk terhadap bisnis ini di kalangan masyarakat awam. Padahal model bisnis ini justru menyediakan kesempatan sukses yang lebih besar dibanding affiliate marketing biasa. Untuk itu, perlu dipahami bagaimana cara memilih perusahaan network marketing yang kredibel dan terpercaya diantaranya sebagai berikut:

1. Produk berkualitas dan bernilai tinggi

Produk adalah kunci kesuksesan bisnis ini. Skema kompensasi sebaik apapun tidak akan bernilai tanpa dukungan produk berkualitas. Oleh karena itu, pastikan Anda tahu apa produk yang dijual dan pastikan manfaat dan nilainya lebih tinggi dari harga penjualannya.

2. Sudah berdiri lebih dari 10 tahun

Sudah lazim di bisnis apapun bahwa 50 dari 100 perusahaan yang ada akan bangkrut dalam lima tahun pertama. Oleh karena itu, Anda perlu memilih perusahaan network marketing yang telah bertahan lebih dari 10 tahun dengan alasan lebih teruji sistemnya dan terpercaya kredibilitasnya.

3. Memiliki reputasi Internasional

Perusahaan yang sudah memiliki “nama” di tingkat nasional maupun internasional akan termotivasi untuk melindungi nama baiknya. Jadi, risiko penipuan di perusahaan yang memiliki reputasi baik hampir tidak ada.

4. Memiliki skema kompensasi yang kompetitif dan rasional

Skema kompensasi yang kompetitif akan memberikan kesempatan kepada pemasar untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Oleh karena itu, hal tersebut seringkali menjadi pertimbangan utama ketika memilih perusahaan. Namun, perlu dipahami bahwa selain kompetitif, skema tersebut juga harus rasional, alias dapat dilaksanakan untuk jangka waktu yang panjang. Skema kompensasi yang terlalu besar dapat menghambat pertumbuhan perusahaan bahkan menyebabkan kebangkrutan.

Bagi Anda yang ingin belajar lebih dalam lagi seputar network marketing dan strategi pemasaran digital marketing, Anda dapat mengunjungi Website dan Instagram kami untuk info-info menarik lainnya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *