Kemajuan teknologi semakin memudahkan manusia untuk berkembang, dimana sekarang ini tidak perlu modal besar untuk membuka bisnis. Hal ini tentu menyebabkan bisnis kecil dan menengah semakin merebak, sehingga persaingan semakin sengit. Untuk bisa bersaing dengan para kompetitor maka Anda harus selangkah lebih depan dari pada para kompetitor. Google sebagai platform pencarian nomor 1 telah menyediakan sebuah platform khusus untuk para pelaku usaha yaitu Google My Business. Google My Business memberikan berbagai tools yang dapat melejitkan bisnis Anda. Uniknya Google My Business juga diintegrasikan dengan Google Maps, sehingga akan memudahkan konsumen menemukan lokasi bisnis Anda. Jadi, sangat disayangkan apabila Anda melewatkan tools ini. Berikut ini adalah panduan lengkap yang dapat Anda ikuti untuk mengembangkan Google My Business Anda.
Apa itu Google My Business
Google My Business alias Google Bisnisku adalah platform yang dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk memberikan informasi memberikan berbagai informasi penting terkait profil perusahaan secara detail, yang nantinya akan mempermudah calon pelanggan menemukan lokasi usaha. Platform Google My Business ini memungkinkan Anda untuk memberikan informasi sedetail mungkin kepada konsumen yaitu mulai dari deskripsi bisnis, review konsumen, foto atau gambar, menu, harga produk, hingga lokasi yang terintegrasi dengan Google Maps.
Manfaat Google My Business
- Memberikan informasi lengkap dan valid untuk pelanggan
Membuat Google My Business Anda akan diarahkan untuk melengkapi deskripsi atau informasi toko secara lengkap. Hal ini akan memudahkan calon konsumen Anda mendapatkan informasi yang mendetail dan terperinci. - Bisnis Anda akan Dipromosikan di Google Maps
Terdapat lebih dari satu miliar orang di dunia ini menggunakan Google Maps. Dengan memanfaatkan tools Google yang satu ini maka toko Anda akan mendapat kesempatan lebar untuk dipromosikan oleh Google untuk tampil pada saat konsumen mencari toko dengan keyword yang Anda bidik. Konsumen akan semakin mudah dalam menemukan toko fisik Anda dengan data yang ada pada Google My Business. - Kesempatan Mendapat Review dari pelanggan
Tidak dapat diragukan lagi kekuatan WOM maupun e-WOM merupakan salah satu strategi efektif untuk mempengaruhi calon konsumen. Dengan menggunakan Google My Business Anda berkesempatan untuk mendapatkan review dari pelanggan Anda. Tentunya review yang diberikan pelanggan Anda akan mendongkrak brand awareness serta kredibilitas toko Anda. Anda juga dapat lebih dekat dengan pelanggan Anda dengan memberikan komentar pada review mereka. Selain itu, review ini juga dapat menjadi sarana improvement bisnis Anda. - Meningkatkan pengunjung toko
Fitur Google Maps pada Google My Business Anda memungkinkan toko Anda direkomendasikan pada jarak tertentu dengan keyword tertentu. Hal ini akan membuat toko Anda lebih mudah dikunjungi oleh calon konsumen Anda yang pada akhirnya akan meningkatkan konversi bisnis. - Menjadi alat riset pelanggan
Google My Business juga menyediakan fitur insight yang dapat Anda manfaatkan untuk melihat karakteristik pelanggan yang mengunjungi bisnis Anda. Anda dapat menilai performa bisnis dengan melihat usia, gender, asal, jam ramai, dan bagaimana mereka menemukan bisnis Anda.
Tutorial membuat Google My Business
- Buka Google My Business dan pilih ‘mulai sekarang’
- Isikan nama bisnis Anda, kemudian klik ‘berikutnya’
- Isi alamat lengkap mulai negara hingga kode pos, kemudian sesuaikan titik maps-nya.
- Memilih kategori yang paling sesuai dengan bisnis Anda
- Isikan kontak dan alamat website apabila anda, kemudian klik berikutnya untuk melanjutkan
- Setelah melengkapi semua informasi maka Google akan melakukan verifikasi bisnis.
Setelah bisnis diverifikasi, maka Anda dapat melakukan optimasi Google My Business dengan melengkapi profil usaha yang terdiri dari:
- Deskripsi bisnis
Anda dapat menambahkan deskripsi terkait bisnis yang Anda geluti, yaitu seperti kelebihan dan unique point bisnis Anda, sehingga konsumen akan lebih tertarik untuk datang langsung ke offline toko Anda. - Foto bisnis.
Foto merupakan aspek yang penting dalam Google My Business untuk membangun reputasi yang baik. Dan berdasarkan penelitian, toko pada Google My Business dengan foto lebih banyak diklik sebesar 35% dibandingkan dengan toko tanpa foto. - Jam Operasional
Jam operasional penting sebagai informasi kepada konsumen untuk mengetahui apakah toko Anda masih buka atau tidak. Pastikan jam operasional yang Anda isikan sudah benar dan sesuai, jangan sampai konsumen kecewa karena informasi yang salah. - Fasilitas
Informasi fasilitas dapat menjadi strategi Anda untuk menarik banyak konsumen. Dengan konsumen melihat dan membaca rincian fasilitas yang Anda sediakan maka konsumen akan lebih tertarik apalagi apabila toko Anda menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai. - Menu
Apabila toko Anda merupakan usaha pada bidang food and beverage maka informasi ini penting untuk calon konsumen mengetahui apa saja yang Anda sediakan. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk memilih menu sebelum mereka datang ke toko offline Anda.
Sebagai pemilik bisnis, Anda dituntut untuk selalu up to date dengan perkembangan perilaku konsumen. Salah satunya adalah kebiasaan pelanggan yang selalu melakukan riset online sebelum melakukan pembelian. Membuat Google My Business merupakan salah satu ikhtiar untuk mengikuti perkembangan perilaku bisnis. PT Arkatama Multi Solusindo menyediakan jasa konsultasi digital marketing termasuk optimasi Google My Business untuk Anda selangkah lebih dekat dengan calon konsumen.
Baca juga: Jangan Belajar Digital Marketing, Jika Tak Ingin Bisnismu Sukses!