Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Pelatihan Digital Marketing, Belajar dari 0 Sampai Punya Portofolio

Pelatihan Digital Marketing – Pelatihan Digital Marketing membuka pintu bagi pemula untuk memahami dasar-dasar hingga memiliki portofolio yang kuat.  Kemajuan teknologi di era digital saat ini telah membawa perubahan signifikan dalam cara kita berinteraksi, belajar, dan berbisnis. Salah satu bidang yang mengalami perubahan signifikan adalah bidang pemasaran dengan munculnya digital marketing. Saat ini, digital marketing telah menjadi alat yang sangat penting bagi bisnis untuk mencapai target pasar. Namun, meskipun adanya digital marketing telah menjadi strategi pemasaran modern yang paling digunakan saat ini, masih banyak individu yang masih mengalami keterbatasan pemahaman tentang bagaimana cara kerja dan pengoptimalannya. 

Keterbatasan pemahaman tentang bagaimana digital marketing bekerja, pemahaman platform digital, algoritma, dan bagaimana cara interaksi dengan konten digital seringkali menjadi hambatan bagi para pemula. Selain itu, keterbatasan akses terhadap sumber daya digital dan teknologi juga menjadi tantangan dalam dunia digital marketing. 

Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, Pelatihan Digital Marketing dari AMD Academy hadir sebagai solusi. Pelatihan ini dirancang untuk membantu individu memahami dasar-dasar digital marketing, mengidentifikasi target pasar yang tepat, serta mengimplementasikan strategi pemasaran digital yang relevan dan efektif. Selain itu, pelatihan ini juga dapat membangun portofolio yang kuat untuk memulai karir atau bisnis di bidang digital marketing

Apa itu Digital Marketing?

Pelatihan Digital Marketing, Belajar dari 0 Sampai Punya Portofolio

Digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang menggunakan berbagai platform dan media digital untuk mempromosikan suatu produk atau layanan. Aktivitas digital marketing mencakup penggunaan konten digital, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Social media Marketing (SMM), email marketing, whatsapp marketing, dan masih banyak lainnya. Tujuan utama dari digital marketing adalah sebagai alat untuk meningkatkan visibilitas, menarik perhatian, dan mengarahkan audiens ke situs web Perusahaan untuk meningkatkan penjualan dengan mendorong mereka melakukan pembelian, pendaftaran, atau berlangganan. 

Digital marketing memainkan peran penting dalam era digital saat ini. Hal ini terjadi karena Perusahaan dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan lebih spesifik. Digital marketing menggunakan data dan analisis untuk menargetkan audiens yang tepat, sehingga pemasaran yang dijalankan dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan minat target audiens. Hal ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari campaign pemasaran yang dibuat. 

Mengapa Pelatihan Digital Marketing Penting?

Pelatihan Digital Marketing, Belajar dari 0 Sampai Punya Portofolio

Digital marketing menjadi alat yang sangat penting bagi bisnis di era digital saat ini. Hal ini memungkinkan mereka untuk bersaing secara kompetitif dan efektif untuk mencapai tujuan bisnis dengan lebih efisien. Berikut ini beberapa alasan mengapa pelatihan digital marketing itu penting!

1.Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan :

Dengan mengikuti pelatihan digital marketing, Anda akan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek digital marketing. Pada pelatihan digital marketing Anda akan mempelajari tentang SEO, SEM, SMM, email marketing dan tools lainnya. Dengan mempelajari hal tersebut, Anda akan memahami tentang bagaimana cara kerja platform digital, algoritma, dan bagaimana audiens berinteraksi dengan konten digital. 

2. Membangun portofolio

Setelah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan, pastinya Anda akan menerapkan strategi digital marketing pada proyek-proyek yang Anda kerjakan. Dengan proyek tersebut, Anda dapat mulai membangun portofolio yang kuat sehingga dapat meningkatkan peluang karir Anda lebih luas karena dipandang memiliki banyak pengalaman dan profesional. 

3. Mengikuti perkembangan teknologi

Dunia digital marketing akan terus berkembang dengan teknologi dan platform baru. Secara tidak langsung, pelatihan ini akan membantu Anda untuk tetap up-to-date dengan perkembangan teknologi terbaru dengan alat dan strategi baru untuk mencapai hasil yang lebih baik.

4. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas

Adanya digital marketing ini bertujuan untuk mempermudah segala aktivitas pemasaran sebelumnya. Dengan memahami dan menerapkan strategi digital marketing yang efektif, sebuah bisnis dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemasaran yang dijalankan. Hal ini dapat mempengaruhi pada peningkatan penjualan hingga kepuasan pelanggan. 

5. Membantu dalam pengembangan karir

Dengan mengikuti pelatihan digital marketing, Anda dapat mempersiapkan karir masa depan pada bidang ini. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dapat mempermudah Anda untuk menjadi ahli digital marketing yang sukses dan memiliki peluang karir yang lebih baik. 

6. Meningkatkan visibilitas dan reputasi 

Dengan penerapan strategi digital marketing yang efektif, sebuah bisnis dapat meningkatkan visibilitas mereka di platform online dan meningkatkan reputasi di mata audiens. Hal ini dapat membantu mereka menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan. 

Baca juga: Sangat Penting untuk Kampus Swasta, 11+ Tips Mengoptimalkan SIAKAD Perguruan Tinggi untuk Menggaet Mahasiswa Baru

Komponen utama Digital Marketing 

Pelatihan Digital Marketing, Belajar dari 0 Sampai Punya Portofolio

Komponen utama digital marketing mencakup berbagai strategi dan Teknik yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran melalui internet dan platform digital lainnya. Berikut ini komponen utama digital marketing, antara lain:

1.Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization adalah proses meningkatkan visibilitas dengan mengoptimalkan situs web agar muncul paling atas pada hasil pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing, dan browser lainnya. Tujuan dari SEO adalah untuk meningkatkan traffic pada situs web dengan meningkatkan peringkat dalam hasil pencarian. Proses optimasi situs web biasanya melibatkan optimasi konten, struktur situs web, dan meta data untuk memenuhi kriteria pencarian yang relevan. 

2. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing adalah kumpulan strategi pemasaran yang menggunakan pencarian online untuk mencapai audiens. SEM biasanya menggunakan Google Ads, Bing Ads, dan platform lainnya untuk meningkatkan visibilitas situs web dan mendapatkan traffic yang lebih cepat.

3. Social Media Marketing (SMM)

Social Media Marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan, berinteraksi dengan audiens, dan membangun brand awareness. Penggunaan SMM untuk meningkatkan brand awareness dan menarik audiens dapat dilakukan dengan membuat konten postingan, video, infografis, dan interaksi lainnya. 

4. Content Marketing

Content marketing merupakan strategi pemasaran yang mencakup pembuatan, distribusi, dan penggunaan konten untuk menarik, mengedukasi, dan membangun interaksi dengan audiens. Konten ini dapat berupa artikel blog, infografis, podcast, dan masih banyak lagi. 

5. Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang menggunakan email untuk mempromosikan produk atau layanan. Penggunaan email marketing ini untuk interaksi dengan audiens yang mencakup pengiriman newsletter, promosi produk, dan komunikasi transaksi. 

Setiap komponen digital marketing memiliki peran penting dalam strategi digital marketing untuk mencapai tujuan pemasaran yang efektif.

Langkah-Langkah Membangun Portofolio Digital Marketing

Pelatihan Digital Marketing, Belajar dari 0 Sampai Punya Portofolio

Membangun portofolio dalam digital marketing merupakan proses yang penting. Dalam portofolio yang dibuat, Anda dapat menunjukkan pengalaman dan keterampilan dalam bidang ini. Portofolio yang kuat dapat menjadi hal yang penting untuk membuka peluang karir yang luas. Berikut ini Langkah-langkah membangun portofolio digital marketing yang kuat! Simak penjelasan berikut:

1. Mengikuti pelatihan digital marketing

Untuk membuat portofolio digital marketing, pastikan Anda mempunyai basic digital marketing. Hal ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan dasar dan keterampilan yang dapat ditulis pada portofolio. Jika Anda belum memiliki basicnya, Anda perlu mengikuti kursus/workshop/program pelatihan yang terpercaya seperti Pelatihan Digital Marketing dari AMD Academy. Dalam pelatihan ini, Anda akan mempelajari komponen-komponen digital marketing.

2. Menciptakan konten yang berkualitas

Dengan membuat konten yang berkualitas, Anda dapat menunjukkan keterampilan dalam menciptakan konten yang menarik dan relevan untuk audiens. Kumpulkan konten-konten yang telah Anda buat, dan cantumkan pada portofolio. Konten-konten ini dapat berupa artikel blog, video editing, infografis, desain feed, podcast dan konten lain yang mencakup digital marketing. Pastikan konten Anda memiliki nilai edukasi, menarik, dan mempengaruhi audiens dengan topik yang Anda posting. 

3. Mengoptimalkan profile LinkedIn dan portofolio online

Pengoptimalan LinkedIn sangat mempengaruhi dalam meningkatkan visibilitas dan kredibilitas Anda di jaringan profesional. Untuk mengoptimalkan profile LinkedIn, Anda dapat menambahkan konten-konten seperti pengalaman organisasi, pengalaman kerja, keterampilan, dan proyek relevan yang pernah Anda kerjakan. Setelah mengoptimalkan LinkedIn, Anda dapat mencantumkan LinkedIn Anda pada Portofolio.  

4. Melakukan magang di perusahaan atau startup

Jika Anda telah memiliki basic Digital Marketing yang Anda peroleh dari pelatihan, Anda dapat mengimplementasikan secara nyata pembelajaran dari pelatihan melalui program magang. Dengan mengikuti program magang, Anda tidak hanya mendapatkan pengalaman nyata, namun Anda juga dapat memperluas jaringan profesional. Kegiatan magang yang Anda ikuti bisa Anda cantumkan untuk memperkuat portofolio Anda. Anda dapat mencari program magang yang berfokus pada digital marketing sehingga Anda bisa memiliki kesempatan belajar dan pengalaman langsung di perusahaan.

5. Mengerjakan proyek-proyek freelance

Selain mengikuti Program magang, Anda juga dapat mengerjakan proyek-proyek freelance untuk memperkuat portofolio Anda. Dengan mengerjakan proyek freelance, Anda akan menunjukkan keterampilan dan skill yang Anda miliki. Anda dapat mencari proyek freelance yang sesuai dengan keterampilan digital marketing, seperti SEO, SEM, SMM, dan lain sebagainya. Setelah mengerjakan proyek tersebut, Anda dapat meminta umpan balik dari klien sebagai bahan evaluasi kinerja Anda. 

Dengan mengikuti Langkah-langkah tersebut, Anda dapat membangun portofolio digital marketing yang kuat dan menunjukkan pengalaman dan keterampilan dalam bidang ini. Hal ini akan membantu Anda untuk mencapai tujuan karir serta meningkatkan kredibilitas Anda di industri digital.

 

Pelatihan digital marketing merupakan langkah yang tepat untuk siapapun yang ingin memasuki atau memajukan karir dalam industri ini. Mulai dari pemahaman konsep dasar hingga membangun portofolio yang kuat, setiap langkah dalam proses ini membantu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil dalam digital marketing.  Melalui pelatihan yang terarah, Anda dapat membuka pintu menuju peluang karir yang lebih luas dan peluang kesempatan untuk mendapatkan pendapatan yang lebih besar. Mulailah perjalanan digital marketing Anda bersama Pelatihan yang tepat. Pelatihan Digital Marketing dari AMD Academy terbukti memberikan pembelajaran yang berkualitas tinggi dan mendukung para peserta untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Bergabunglah sekarang dan investasikan waktu dan upaya Anda dalam pelatihan digital marketing di AMD Academy. Kunjungi situs web kami di AMD Academy dan social media @amd.academy untuk informasi lebih lanjut. 

Penulis: Devita Amalia DTS Batch 6

5 Comments

  1. Kerenn penjelasannya ngga cuman cara membuat portofolio dari 0, tapi juga ada penjelasan tentang komponen-komponen utama di DGM jadi lebih jelas dan dapat gambaran apa aja yang perli di perhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *