Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Pelatihan Digital Marketing: Strategi Praktis Meningkatkan Konversi

Digital Marketing – Tahukah Anda saat ini pemasaran berada di era Marketing 5.0 yang berfokus pada teknologi yang jauh lebih advance. Pada era marketing 4.0, jejak customer berpindah-pindah dari online ke offline dan berlaku sebaliknya. Sedangkan pada era 5.0, pemasaran menekankan kombinasi peran teknologi dan manusia untuk berfokus pada kepuasan pelanggan. Jika Anda pelaku bisnis, pelatihan digital marketing merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal ini dikarenakan menurut survei e-commerce 2021 oleh Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 63,52% pelaku usaha e-commerce menggunakan internet untuk pemasaran digital, termasuk melalui media sosial dan marketplace.

“Low Cost, High Impact” kalimat inilah yang paling tepat untuk menggambarkan penggunaan digital marketing untuk bisnis Anda. Ini artinya bisnis dapat mencapai hasil yang signifikan dalam upaya pemasaran melalui biaya yang bisa Anda atur sendiri. Hal yang perlu Anda ingat saat terjun ke bidang pemasaran digital yaitu untuk tetap menjadi brand Anda sendiri. Jadilah unik dan autentik dalam setiap langkah pemasaran yang Anda ambil. Pelajari audiens dengan baik dan bangun koneksi yang berarti dengan mereka. 

Top 5 Benefits of Digital Marketing

Pemasaran digital mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan internet. Berikut beberapa benefit dari penggunaan digital marketing. 

1. Jangkauan Global

Menggunakan digital marketing berarti Anda siap memasarkan dengan jangkauan global yang luas. Anda bisa menjangkau audiens di seluruh dunia tanpa dibatasi oleh geografis yang signifikan. Jika Anda pernah melihat banner seperti gambar dibawah ini, sadarkah Anda dengan kekurangan dari penggunaan pemasaran tersebut? 

Pelatihan Digital Banner

Banner iklan memang dapat dianggap menarik secara visual oleh para audiens, namun jangkauannya tidak seefektif penggunaan digital marketing. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan banner untuk memasarkan sabun mandi, audiens mungkin tertarik dengan visualnya, tetapi Anda tidak dapat memfilter siapa yang melihat banner tersebut atau menargetkannya hanya kepada penerima berusia 20 tahun ke atas. Hal ini menunjukkan bahwa banner tidak dapat memberikan segmentasi audiens yang sama efektifnya seperti yang dapat dilakukan dalam pemasaran digital.

Pada sisi lain, bisnis lokal yang sangat kecil juga memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens internasional melalui pemasaran online. Anda tidak perlu memiliki toko fisik untuk memulai bisnis, cukup lakukan kegiatan produksi dari rumah, dan optimalkan promosi secara online. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk menunda memulai bisnis Anda. Mengimplementasikan pemasaran digital juga menambah peluang sukses bisnis agar dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja. Anda dapat mengukur efektivitas setiap langkah pemasaran secara real-time dan mengoptimalkan strategi seiring waktu. 

2. Jangkauan Lokal

Pernahkah Anda melakukan pembelian melalui e-commerce? Di era digital seperti sekarang ini, manusia banyak terbantu dengan fitur inovatif dari tiap aplikasi, yang juga akan meningkatkan jangkauan lokal bisnis Anda.  Jika Anda tidak sempat berbelanja secara langsung, ada fitur pada aplikasi transportasi online yang memungkinkan Anda berbelanja secara online. Terkadang juga ada beberapa produk yang dirasa tidak Anda butuhkan, tetapi tetap Anda beli. Hal ini terjadi karena algoritma aplikasi mampu menganalisis customer behaviour dan menampilkan iklan sesuai preferensi customer. 

Sumber: Beige Studio (TikTok Marketplace)

Marketer juga harus mengetahui cara menganalisis pesaing. Produk yang sama dapat dijual oleh banyak penjual. Anda perlu menonjolkan keunikan toko Anda dibandingkan dengan yang lain. Jika Anda aktif dalam melakukan siaran langsung (live streaming), pastikan sesi siaran langsung tersebut entertaining bagi audiens. Contohnya, pada platform TikTok, seringkali terdapat siaran langsung dengan berbagai atribut lucu. Bahkan beberapa toko juga menghadirkan drama sinetron dalam siaran langsung mereka.

3. Hemat Biaya

Keunggulan pemasaran digital berikutnya adalah efektivitas biaya. Anda bisa mempromosikan bisnis Anda secara lokal atau internasional dengan tetap menghemat biaya. Mungkin sebagian orang berfikir seperti ini:

“Dana saya minim, kalau dialokasikan untuk paid ads pasti rugi.”

“Sudah coba paid ads ternyata gak berdampak. Konversi stuck disitu-situ aja padahal iklan sudah berbayar.”

Hal ini penting untuk diperhatikan oleh para marketer pemula. Tujuan dari beriklan dapat bervariasi, termasuk meningkatkan penjualan (conversion), meningkatkan kesadaran merek, atau meningkatkan pertimbangan pembelian. Meskipun Anda dapat mencapai ketiga tujuan ini dalam satu iklan, lebih baik fokus pada satu tujuan saja. Hal ini akan membantu iklan Anda mencapai tujuan dengan lebih efektif. Jika iklan berbayar yang Anda jalankan tidak memberikan hasil yang optimal, lakukan analisis untuk mengetahui kemungkinan kesalahan. Salah satu penyebabnya mungkin konten yang tidak sesuai dengan audiens yang dituju.

Baca Juga: Dapatkan Strategi Jitu Menaklukan Algoritma Google via Pelatihan Digital Marketing

4. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Digital marketing tidak hanya berguna untuk menarik konsumen baru tetapi juga menjaga loyalitas konsumen lama. Hal ini terkait dengan upaya menciptakan kesetiaan merek. Dalam bisnis yang memiliki banyak pesaing, penting untuk membuat konsumen kembali memilih produk atau layanan yang kita tawarkan. Media digital memungkinkan pemasaran dengan cara yang menarik minat konsumen dan menciptakan emosi positif setiap kali mereka berinteraksi dengan merek atau produk.

Contohnya, kita dapat membuat konten kreatif atau lucu di media sosial yang dapat menarik perhatian konsumen dan menjadikannya tertarik pada produk atau layanan yang kita tawarkan. Selain itu, memberikan penawaran spesial kepada pelanggan setia yang aktif berinteraksi di media sosial juga dapat meningkatkan rasa loyalitas mereka terhadap merek kita. Semakin banyak orang yang akrab dengan merek atau produk kita, semakin mudah bagi mereka untuk mengingat kita ketika mereka membutuhkan produk atau layanan yang kita tawarkan.

5. Sarana Branding dan Membangun Citra

Menurut Anholt (2003), branding adalah kegiatan membangun sebuah brand. Tentunya, aspek didalamnya tidak sesederhana itu. Dengan bantuan digital marketing, Anda bisa membangun branding dan citra bisnis. Saat ini, banyak sekali brand yang dibangun hanya dengan hitungan bulan dan sudah mendapatkan konversi hingga jutaan bahkan lebih. Ini bukan peristiwa ‘aneh’ dan ‘ajaib’, dibalik konversi yang tinggi ada konten yang dibuat dengan konsep dan perhitungan. Salah satu alasan konversi bisa mencapai angka yang tinggi adalah penggunaan kata kunci yang tepat dalam konten digital marketing. Digital marketing mudah diukur dan dianalisis, Anda bisa melakukan retargeting marketing tergantung hasil analisis.

Alfa Media Digital Hadirkan Solusi

Guna membangun citra yang baik digital marketing memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara brand dengan konsumen melalui berbagai platform online. Dengan adanya interaksi ini, konsumen dapat lebih mudah memberikan masukan dan feedback terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Hal ini tidak hanya membantu meningkatkan loyalitas konsumen, tetapi juga memperkuat citra positif brand di mata konsumen. Dengan memanfaatkan fitur-fitur interaktif dalam digital marketing, seperti komentar, like, dan share, brand dapat membangun hubungan yang lebih dekat dan personal dengan konsumen, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesadaran merek dan konversi.

Menggunakan digital marketing merupakan cara paling fleksibel yang bisa Anda lakukan. Terdapat banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh hanya dengan menguasai pemasaran digital. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengakses pasar global tanpa batasan geografis. Selain itu, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan strategi pemasaran dengan cepat berdasarkan data dan tren terbaru. 

Jika Anda tertarik untuk mengejar karier sebagai digital marketer, segara ikuti pelatihan dan sertifikasi dari lembaga terpercaya seperti AMD Academy. Melalui pelatihan ini, Anda akan diberikan pelatihan langsung dari ahlinya yang sudah berpengalaman. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web AMD Academy, penyelenggara Pelatihan Digital Marketing dan sertifikasi yang diakreditasi oleh BNSP. Anda juga dapat mendaftar melalui WhatsApp di sini atau mengunjungi Instagram resmi kami di @amd.academy untuk informasi terbaru.

Penulis: Jesy Aprilia L Gaol (DTS Batch 6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *