Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Sensasi dalam marketing: Bagaimana penerapannya?

Dalam dunia pemasaran yang kompetitif saat ini, salah satu tantangan tujuan utama para marketer adalah menarik perhatian konsumen. Hal tersebut yang membuat banyak perusahaan mulai mengadopsi taktik-taktik kontroversial seperti menciptakan sensasi dalam mencapai tujuan mereka. Strategi pemasaran yang menghadirkan sensasi dan kontroversi dapat memicu reaksi dari masyarakat, contohnya perbincangan di media sosial. Dalam artikel ini, AMD Academy akan menjelaskan apa itu marketing sensasional dan hal apa yang harus Anda lakukan seblum mencoba taktik marketing ini?

Apa itu marketing sensasional?

Dalam era media sosial ini, distribusi informasi menjadi semakin cepat yang membuat berbagai percakapan menjadi viral dengan cepat. Hal tersebut memungkinkan konten marketing sensasional menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Ketika konten sensasional menjadi hot topic, banyak orang yang kemudian ingin ikut serta dalam perdebatan dengan memberikan pendapat mereka, dan berbagi konten kontroversial tersebut dengan orang lain. Ketika fase tersebut terjadi, maka konten marketing berhasil mencapai tujuannya karena mendapatkan engagement yang signifikan, meningkatkan visibilitas merek atau produk, dan berpotensi meningkatkan penjualan.

Konten marketing sensasional tidak bertujuan untuk membelah audiens, sebab hal  ini hanyalah teknik yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen dengan menyatakan pendapat, dan memicu percakapan yang produktif tentang nilai-nilai tertentu. Pada beberapa tahun terakhir, setiap konten marketing yang mengangkat isu-isu sosial yang sensitif dapat dianggap sebagai konten marketing kontroversial. Melalui jenis konten ini, brand mengundang audiens untuk berpikir, merenung, dan berdiskusi tentang masalah-masalah yang sedang terjadi di masyarakat. Dalam konteks ini, iklan kontroversial dapat menjadi alat yang kuat untuk menggerakkan perubahan sosial dan membangun kesadaran akan isu-isu yang relevan. Meskipun dapat memicu respons yang beragam, tujuan sebenarnya dari marketing sensasional  adalah untuk menginspirasi dialog yang bermanfaat dan menggerakkan perubahan positif.

Namun, meskipun marketing sensasional memiliki tujuan baik, jika dilakukan secara performatif semata, strategi ini dapat berdampak merugikan bagi brand Anda.

Baca juga: Penerapan UI/UX Design untuk Menata Tampilan Website (arkatama.id)

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat marketing campaign yang sensasional

 

Melakukan apa yang belum dilakukan brand lain

Dalam pasar yang didominasi oleh media digital, konten-konten sensasional seringkali menghasilkan engagement yang lebih dibanding konten-konten yang biasa saja. Ketika Anda ingin menggunakan taktik ini, sebaiknya tentukan terlebih dahulu cara yang akan Anda pakai dalam konten tersebut. Berikut beberapa cara yang sering digunakan brand dalam membuat sensational marketing:

  • Mengejutkan audiens Anda dengan unpopular opinion
  • Secara terang-terangan menantang atau mempertanyakan paradigma atau kebiasaan yang ada
  • Meminta pendapat audiens untuk mencari kebenaran dari suatu masalah.
  • Mengubah sudut pandang yang sensitif dengan kreativitas, konten, dan dokumentasi yang persuasif.

Komunikasikan value produk atau layanan

Majunya teknologi membuat konsumen memiliki akses yang lebih luas ke informasi. Konsumen sekarang lebih sadar terhadap taktik-taktik marketing, sehingga mereka ingin melihat real value yang ditawarkan pada setiap produk atau layanan yang ditawarkan. Sehingga jika Anda ingin menggunakan sensasi dalam marketing, jangan lupa sampaikan value produk atau layanan yang Anda miliki kepada konsumen. 

Topik sensitif yang sebaiknya Anda hindari

Kontroversi harus dipandang sebagai posisi brand Anda tentang topik yang menjadi bagian dari perbincangan publik saat ini, bukan malah melakukan shockvertising atau fear mongering. Sebelum membuat konten marketing yang sensasionall, Anda perlu memahami apa yang dapat diterima oleh audiens Anda. Hindari topik-topik yang sangat kontroversial, seperti agama, perang, politik, atau seksualitas, karena hal-hal tersebut memicu emosi seperti kemarahan, kebencian, atau frustrasi. Topik-topik ini akan membatasi, bukan meningkatkan, percakapan. Ketika dilakukan dengan baik, kontroversi dapat membawa lebih banyak pembaca dan penonton, dan tentu saja lebih banyak pelanggan.

Partikan sejalan dengan brand Anda

Ketika mengimplementasikan kontroversi dalam upaya pemasaran tim Anda, penting untuk menekankan nilai-nilai yang sejalan dengan brand Anda dan menemukan “zona nyaman”. Apa yang sesuai dengan perusahaan Anda, penting bagi tim Anda, dan relevan bagi audiens Anda akan menentukan sejauh mana kampanye pemasaran kontroversial tersebut beresonansi. Tidak ada ide yang sepenuhnya terbebas dari tantangan, dan setiap kampanye pemasaran harus memiliki rencana untuk menghadapi respon negatif. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Pastikan Anda telah memeriksa jejak digital yang ada.
  • Sesuaikan dengan fakta-fakta.
  • Gunakan sumber data yang kredibel 
  • Sebutkan semua sumber, dan berikan tautan ke sumber tersebut.
  • Periksa berulang kali untuk menghindari kesalahan.
  • Selalu siapkan rencana cadangan — dan miliki rencana cadangan untuk rencana cadangan Anda. 

Tidak selalu harus berpihak pada satu sisi

Memulai kampanye kontroversial tidak selalu berarti harus mengambil sikap kontroversial. Terkadang, memancing perbincangan tentang topik kontroversial sudah cukup. Daripada mengambil risiko menjauhkan sebagian dari audiens Anda, Anda dapat menawarkan sudut pandang pembicaraan yang dapat mendorong diskusi yang cerdas. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan eksposur sambil menghindari reaksi negatif.

Dalam dunia pemasaran, sensasi dapat menjadi alat yang kuat untuk menarik perhatian dan memicu minat audiens. Namun, penting untuk memahami bagaimana mengimplementasikan sensasi secara efektif dan strategis. Jika Anda ingin menguasai lebih banyak keterampilan dalam pemasaran digital, kami merekomendasikan untuk mengikuti pelatihan digital marketing.

Pelatihan ini akan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan kampanye pemasaran yang sukses dalam era digital. Jika Anda tertarik mempelajari strategi digital marketing lainnya yang dapat Anda implementasikan pada bisnis Anda, Anda dapat mengikuti pelatihan di AMD Academy, Penyelenggara Pelatihan Digital Marketing dan Sertifikasi Digital Marketing BNSP.

Yuk, daftar pelatihannya dengan menghubungi WhatsApp kami di sini atau kunjungi Instagram official kami di @amd.academy untuk info lainnya. Anda juga dapat menambah insight Anda dengan berbagai artikel menarik dan bermanfaat lainnya di Jasa Konsultan IT.

Dapatkan keahlian tambahan dengan Kursus Online Bersertifikat, Kelas Kursus Online, Pelatihan Sertifikasi BNSP, dan Bootcamp Digital Marketing di AMD Academy. Jadilah ahli pemasaran digital yang handal dan siap bersaing di era digital saat ini. Daftar sekarang untuk membuka pintu menuju kesuksesan pemasaran digital Anda!

Baca juga: Meningkatkan Engagement YouTube Menggunakan Tag yang Tepat (amdacademy.id)

Content Writer: Selma (DTS Batch 3)

Content Editor: Sean Priantoni (DTS Batch 4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *