Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Skill dalam Bekerja : Intip 6+ Soft Skill yang Harus Dimiliki Job Seeker!

Skill dalam Bekerja – Dewasa ini adanya soft skill merupakan hal krusial yang harus dimiliki, baik oleh first jobber ataupun pekerja yang sudah memiliki pengalaman dalam dunia kerja. Hal ini karena perusahaan tidak hanya menginginkan kemampuan pada akademis dan hard skills yang baik saja, namun juga soft skills. Peran soft skill dalam dunia karir yakni sebagai faktor kesuksesan dalam berkarir yaitu, faktor yang paling penting harus dimiliki yaitu soft skill. Kali ini AMD Academy akan membahas mengenai 6 soft skill yang harus dimiliki oleh job seeker.

Kenapa begitu? Karena hal tersebut dapat menunjang Anda untuk berkecimpung di dunia kerja. Lalu, apa saja sih soft skills yang harus dimiliki oleh job seeker? Yuk simak penjelasannya dalam artikel AMD Academy yang kali ini ya!

Mengapa Harus Soft Skills?

Kadang kita terlalu fokus untuk menguasai kemampuan akademik yang telah kita dapatkan pada saat di bangku kuliah maupun sekolah. Padahal di dunia kerja maupun di dunia bisnis sangat diperlukan untuk menguasai soft skill agar dapat bersaing. Saat ini, dunia kerja sangat membutuhkan seseorang yang bisa berkomunikasi, memiliki pemikiran yang kritis, inovatif, kreatif, rasa ingin tahu, hingga memiliki jiwa kepemimpinan. Hal tersebut yang setidaknya harus dimiliki oleh para profesional muda.

Penerapan Soft Skills pada Perusahaan

Soft skill dibutuhkan untuk memahami sasaran dan visi perusahaan, untuk mengetahui tujuan pekerjaan, untuk berkomunikasi dan menerima ide-ide, menumbuhkan lingkungan kerja yang aman dan nyaman, serta memungkinkan karyawan untuk mencapai potensi yang maksimal.

Pentingnya penerapan soft skills telah dirasakan oleh banyak perusahaan. Hasil sebuah laporan oleh the International Association of Administrative Professionals, OfficeTeam dan HR.com menunjukkan bahwa 67% manajer SDM mengatakan mereka akan merekrut seorang kandidat dengan soft skills yang kuat bahkan jika kemampuan teknisnya (hard skills) kurang, sementara hanya 9% yang akan mempekerjakan seseorang dengan kredensial teknis yang kuat tetapi soft skills lemah. Sehingga sebagai seorang job seeker Anda wajib untuk memiliki softskill

Jenis-Jenis Soft Skills

1. Komunikasi atau Public Speaking

skill dalam bekerja, skill kerja, contoh skill yang dimiliki

Kenapa komunikasi itu sangat penting? Agar nantinya Anda tidak kesulitan ketika menyampaikan sesuatu kepada orang lain, dan apa yang kamu katakan dapat dengan mudah orang lain pahami. Pada dunia usaha public speaking kerap kali dibutuhkan sebagai penunjang company communication. Aktivitas seperti jajak pendapat, brainstorming, hingga pitch desk membutuhkan seorang talent yang kuat dalam berkomunikasi. Cara mengasah kemampuan ini yaitu dengan berlatih menjadi pendengar yang baik, belajar berbicara di depan cermin, atau mendengarkan rekaman percakapan Anda dengan orang lain.

2. Kepemimpinan

skill dalam bekerja, skill kerja, contoh skill yang dimiliki

Jiwa leadership yang sangat dibutuhkan dalam bidang apapun, tidak hanya seorang pemimpin perusahaan saja, melainkan semua orang harus mempunyai jiwa kepemimpinan. Beranikan diri untuk memiliki tanggung jawab lebih, seperti saat Anda ditunjuk sebagai pemimpin suatu projek. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk meningkatkan jiwa leadership. Jangan takut pasti nanti tim akan ikut membantu.

3. Kreativitas, Berpikir Kritis, dan Problem Solving

Dunia kerja adalah dunia yang menantang, maka dari itu kemampuan problem solving harus ada pada diri Anda. Karena perusahaan akan menyukai karyawan yang ketika sedang menghadapi suatu masalah dapat mengatasinya dengan baik. Mencari akar masalah dari suatu kondisi mengharuskan Anda untuk dapat berpikir kritis dan kreatif. Melalui dua kemampuan ini, Anda akan lebih baik dan bijak dalam mencari solusi, menyelesaikannya dengan action, dan berakhir pada hasil yang memuaskan.

4. Kemampuan Beradaptasi

Ketika masuk dunia kerja, kamu akan menemui berbagai personality yang berbeda-beda. Perbedaan ini mengharuskan seseorang untuk memiliki soft skill beradaptasi. Untuk apa? Karena tidak akan ada kenyamanan yang akan Anda dapatkan jika Anda tidak mampu untuk beradaptasi. Maka dari itu, Anda bisa bertahan dan menghadapi semuanya tanpa merasa tertekan jika memiliki kemampuan beradaptasi yang baik. 

5.Manajemen Waktu

Tepat waktu adalah keharusan dalam dunia kerja. Sesederhana datang ke kantor sesuai dengan jam yang sudah ditetapkan dan tidak telat. Selain itu jangan terlalu sering untuk mengulur waktu, seperti pada saat pengumpulan tugas biar beban tidak terasa menumpuk di akhir. Tips nya yaitu dengan membuat schedule atau to do list apa yang akan Anda lakukan dalam satu hari, bahkan lebih baik jika membuatnya untuk satu minggu ke depan. Memiliki manajemen waktu yang baik berarti Anda adalah orang yang dapat menghargai waktu dan disiplin.

6. Bekerja Sama

skill dalam bekerja, skill kerja, contoh skill yang dimiliki

Saat memasuki dunia kerja, soft skill yang juga harus Anda miliki adalah kemampuan bekerja sama. Bagus jika Anda memiliki kemampuan kerjasama, karena Anda nantinya tidak hanya bekerja sendiri atau secara individu saja melainkan kerja sama antar tim juga. Saat kerjasama, pasti ada saja yang berbeda pendapat. Maka dari itu, cobalah untuk menerima adanya perbedaan pendapat, tunjukkan empati, dan jangan merasa diri paling benar. Ketika menghadapi suatu masalah pun Anda mungkin saja tidak dapat menghadapinya sendiri, sehingga Anda tetap butuh orang lain untuk membantu.

7. Responsif terhadap Tren Digital

skill dalam bekerja, skill kerja, contoh skill yang dimiliki

Yang terakhir yaitu Anda yang sangat responsif tehadap tren digital akan menjadi nilai plus di hadapan pada Recruitment, karena saat ini jika tidak mengikuti tren digital maka akan tertinggal jauh dan kurang bisa beradaptasi. Sangat disayangkan jika Anda belum mengerti mengenai tren digital, karena saat ini setiap individu pasti mempunyai lebih dari satu gadget. Apabila Anda memang belum paham mengenai tren digital AMD Academy membuka pelatihan digital marketing bagi Anda yang ingin mempelajari atau ingin berkecimpung di dunia digital marketing.

Testimoni Penerapan Soft Skills pada Pelatihan AMD Academy

Dari beberapa testimoni peserta yang sudah mengikuti Pelatihan Penerapan Soft Skill pada Digital Marketing di AMD Academy yaitu, salah satunya materinya mudah dipahami baik dari kalangan anak mudah hingga kalangan dosen. Selain itu, tidak hanya materi teoritis saja yang dipaparkan melainkan ada materi secara praktek juga. Agar para peserta yang mengikuti Pelatihan Digital Marketing di AMD Academy secara langsung dan dapat mempraktekan apa saja yang sudah dipelajari selama pelatihan. Yuk intip testimoni dari beberapa peserta yang mengikuti Pelatihan AMD Academy disini.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kualitas skill seperti soft skill untuk menunjang karir, yuk segera join pelatihan di AMD Academy, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *