Strategi internet marketing – Seiring berkembangnya teknologi, kini Anda dapat memasarkan produk dengan mudah melalui internet. Internet marketing merupakan strategi yang dapat Anda coba yaitu dengan memasarkan produk dan jasa secara online. Internet marketing saat ini menjadi ilmu wajib bagi para pebisnis di era digital. Tanpa internet marketing, bisnis Anda kurang dapat menarik banyak pelanggan dalam waktu singkat.
Jika Anda ingin belajar internet marketing, pembahasan ini adalah tempat yang tepat untuk memulainya. Di sini Anda diajak mengenal apa sih internet marketing, strateginya, hingga manfaat internet marketing untuk pemula. Yuk simak artikelnya!
Apa itu Internet Marketing?
Internet marketing yaitu jenis pemasaran yang menggunakan platform online sebagai sarana. Website, email, dan media sosial adalah beberapa sarana yang paling umum digunakan dalam internet marketing.
Selain untuk sekadar memasaran, internet marketing juga digunakan untuk mengkomunikasikan nilai sebuah brand atau untuk melakukan riset pasar. Sehingga, melalui internet marketing Anda dapat mengidentifikasi target market, mengetahui kebutuhan konsumen, dan membangun hubungan dengan konsumen Anda.
Tujuan Internet Marketing
Tujuan dari internet marketing sendiri yaitu untuk mendapatkan konsumen yang lebih luas dan banyak. Melalui jaringan internet, Anda dapat terhubung dengan berbagai sumber dan konsumen yang jauh lebih luas. Bahkan tidak terbatas di suatu daerah saja, namun sudah berskala global.
Dengan melakukan promosi, maka konsumen Anda akan semakin aware dan lebih tertarik untuk menggunakan produk Anda. Semakin banyak konsumen yang datang, maka traffic pengunjung dari website atau platform Anda akan semakin baik. Selain itu, Anda juga dapat memberikan berbagai informasi menarik dan up to date melalui blog dalam bentuk artikel.
Manfaat Internet Marketing bagi Pebisnis
Internet marketing memiliki peran yang penting untuk bisnis karena dapat memperluas jangkauan pada bisnis Anda. Sehingga, produk atau jasa Anda dapat lebih dikenal oleh target pasar. Selain itu ada beberapa manfaat dari internet marketing lainnya seperti meningkatkan ROI (Return on Investment), berinteraksi dengan konsumen 24 jam dan memberikan kenyamanan untuk konsumen
Contoh Strategi Internet Marketing
1. Content Marketing
Konten merupakan tulang punggung dari internet. Semua hal yang ada di internet seperti berupa gambar, tulisan, video, dan sebagainya disebut sebagai konten. Dalam internet marketing konten memegang peran penting. Tanpa content marketing, strategi internet marketing lainnya melainkan kurang efektif. Anda bisa mencoba mulai membuat content marketing seperti membuat konten yang berkualitas dan mengikuti tren, konten juga harus mendefinisikan audiens Anda, menerapkan prinsip ATM (amati, tiru, modifikasi), dan yang terpenting yaitu konsisten dalam membuat konten.
2. Membuat Website
Website merupakan hal penting ketika Anda ingin melakukan internet marketing. Karena, melalui website Anda dapat memudahkan konsumen untuk menemukan, mempelajari dan mengetahui produk dan jasa yang Anda. Jangan lupa mendesain website Anda dengan baik. Agar target konsumen Anda nyaman saat mengunjunginya dan melakukan pembelian. Sebagai seorang pemula, penggunaan website sering dianggap cocok untuk memulai bisnis dalam bentuk digital. Karena fitur dari website sangat banyak sekali yang ditawarkan untuk Anda yang pemula belajar membuat website.
3. Menerapkan Email Marketing
Email marketing merupakan salah satu langkah-langkah dalam Internet marketing yang tak kalah kuat. Email marketing merupakan metode dimana Anda bisa secara langsung terhubung dengan calon pelanggan Anda.
Pertama tentunya Anda harus memiliki alamat email calon pelanggan. Pasang fitur subscribe atau berlangganan pada situs Anda, dan pengunjung yang tertarik dengan produk atau layanan yang Anda jual mungkin akan menaruh email mereka untuk berlangganan newsletter. Selanjutnya, Anda harus rajin mengirimkan newsletter yang berisikan promosi produk ataupun konten lain, gunanya untuk meningkatkan minat calon pelanggan terhadap produk yang Anda jual. Email marketing ini selangkah lebih maju untuk mendapatkan penjualan, lhoo. Jadi, jangan pernah meremehkan email marketing ya!.
4. Search Engine Optimization (SEO)
Bila Anda menginginkan lebih banyak traffic secara organik, maka saatnya Anda langsung mempraktikkan kaidah-kaidah SEO dengan baik dan benar. Anda hanya perlu memaksimalkan website Anda agar muncul di halaman pertama, kedua, atau ketiga Google. Meskipun, tentunya yang paling baik adalah muncul di halaman pertama Google karena user akan mengklik konten di halaman pertama Google dan jarang sekali menuju ke halaman kedua, ketiga, dan seterusnya.
Mempraktikkan kaidah-kaidah SEO mungkin terlihat rumit dan membingungkan padahal jika Anda paham dasar-dasarnya, tidak sulit. SEO yang baik akan mendatangkan lebih banyak traffic secara organik ke website Anda. Selain murah karena tidak ada biaya yang dipungut, trafik organic juga akan lebih tahan lama dibandingkan traffic dari SEM atau paid.
5. Membuat Blog
Mungkin Anda mengenal blog sebagai sarana untuk hobi atau membuat jurnal saja. Melainkan, platform ini juga dapat digunakan dalam internet marketing. Dalam internet marketing, memiliki blog dapat memberikan beberapa manfaat bagi bisnis Anda. Manfaatnya seperti traffic atau pengunjung situs pada bisnis Anda dapat bertambah. Mendatangkan leads atau prospek bisnis. Dan yang berinteraksi dengan pengunjung.
Selain membuat jurnal, pada blog Anda juga dapat menambahkan artikel-artikel bisnis untuk mempersuasi target audience. Tips nya yaitu Anda bisa menggunakan platform gratis seperti Blogger. Jika sudah membuat akun pada Blogger maka Anda sudah bisa mem-posting artikel Anda pada blog. Fitur pada Blogger juga sudah dilengkapi dengan template designer untuk mendesain halaman blog Anda, stats tab untuk melihat data statistik pada blog Anda, dan lain sebagainya.
6. Social Media Marketing
Dewasa ini, social media menjadi kekuatan besar bagi internet marketing. Social media menjadi media yang mumpuni untuk bisa berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan Anda. Hanya saja, keterlihatan dan komunikasi saja tidaklah cukup untuk membangun sebuah brand atau bisnis.
Anda perlu membuat konten yang menarik dan mengikuti tren agar pengguna social media mau membagikan konten tersebut ke teman-teman mereka. Andaikan jika ada ratusan hingga ribuan orang membagikan konten Anda, tentu akan sangat bagus bagi bisnis yang Anda kelola. Selain konten dalam social media marketing, penggunaan hashtag juga perlu diperhatikan ya!
7. Memanfaatkan Google Bisnisku
Google Bisnisku adalah platform gratis yang disediakan oleh Google untuk mengelola kemunculan bisnis Anda seperti saat muncul di Google Maps dan penelusuran. Sehingga, bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan, misalnya saat konsumen Anda sedang berada di lokasi sekitar restoran yang Anda kelola. Anda dapat mengunjungi website Google My Business untuk memulai pembuatan akun lalu tinggal isi data dan alamat bisnis Anda.

8. Kerjasama dengan Influencer
Influencer marketing yaitu strategi Internet marketing yang masih baru, yaitu dengan menggunakan jasa selebgram untuk mempromosikan suatu produk. Influencer atau selebgram sendiri umumnya memiliki ribuan hingga jutaan followers di akun Instagram, TikTok, Twitter, atau YouTube mereka dan inilah yang dimanfaatkan oleh para pebisnis.
Followers dari para influencer atau selebgram ini biasanya mereka loyal dan percaya dengan influencer-nya. Sehingga ada kemungkinan mereka akan melakukan pembelian produk yang sudah direkomendasikan oleh influencer tersebut. Cara mendapatkan influencer yang tepat untuk bisnis Anda, yaitu yang pertama pilih influencer dengan engagement yang baik, mengetahui media sosial yang digunakan influencer dan kecocokan dengan audiens Anda, dan yang terakhir mengetahui kualitas konten yang dibuat influencer.
9. Paid Ads
Untuk mencapai yang Anda punya saat ini, ada biaya yang harus dikeluarkan. Traffic organic memang bagus dan bisa bertahan lama, serta biaya lebih murah. Akan tetapi, paid ads juga bisa sesekali dipakai untuk melakukan kampanye pada produk yang tertarget.
Paid ads juga bisa memberikan hasil keuntungan dengan cepat, maka dari itu paid ads cocok untuk kampanye produk-produk tertentu yang memiliki tema atau tenggat waktu. Contoh paid ads yang terkenal adalah Google Ads, Facebook Ads, Youtube Ads, Instagram Ads, dan TikTok Ads untuk iklan berbayar melalui social media.
10. Affiliate Marketing
Affiliate marketing digunakan saat Anda bekerja sama dengan orang lain untuk mempromosikan produk di berbagai kanal digital mereka entah itu dari Instagram, TikTok, Twitter atau Youtube. Ketika Anda berhasil mendapatkan pembelian yang berasal dari kanal digital pihak ke-3 ini, Anda harus memberikan komisi yang sudah disepakati.
Contoh Digital Marketing yang Sukses Menggunakan Strategi Internet Marketing
1. Tokopedia Berhasil Menerapkan Strategi Internet Marketing
Merupakan salah satu marketplace di Indonesia yang menunjukkan kesuksesannya. Perusahaan yang bergerak sebagai tempat transaksi jual beli ini telah menjalankan berbagai strategi digital marketing. Launching pada tahun 2009, Tokopedia berusaha agar perusahaannya dapat dikenal oleh masyarakat luas, baik dari pembeli, maupun dari penjual. Kini Tokopedia berhasil meraih posisi sebagai salah satu startup bergelar Unicorn dan diharapkan akan menjadi Decacorn setelah melakukan merger dengan Gojek.
Selain melakukan pengoptimalan pada search engine marketing dan social media marketing, salah satu contoh digital marketing yang digunakan oleh Tokopedia ini menuai kesuksesan yaitu dengan menggaet public figure dan selebritas untuk mempromosikan perusahaan mereka. Awalnya, Tokopedia menarik public figure dalam negeri untuk menjadi brand ambassador nya. Kini, Tokopedia pun mulai menggandeng public figure luar negeri. Seperti idol group asal Korea Selatan, BTS. Tokopedia memahami bahwa saat ini Korean Wave di Indonesia adalah peluang yang besar untuk menjadikan idol grup sebagai brand ambassador nya.
2. Erigo Menerapkan Strategi Internet Marketing Gandeng Pesohor Raffi Ahmad
Besarnya peluang digital marketing juga dimanfaatkan oleh salah satu brand fashion lokal kebanggaan kita, yaitu Erigo. Bahkan bisnis yang satu ini berhasil bersaing dengan berbagai brand fashion ternama lainnya dalam sekejap. Awalnya, Erigo melancarkan strategi digital marketing nya melalui website dan media sosial seperti Instagram. Mereka bekerja sama dengan sejumlah public figure untuk melakukan endorsement.
Salah satu kerja sama yang terkenal saat ini adalah dengan Raffi Ahmad. Contoh digital marketing dengan menggandeng bintang seperti Raffi Ahmad ini pastinya membuahkan hasil, mengingat popularitas Raffi Ahmad yang begitu besar. Penjualan dan perkembangan perusahaan Erigo pun meningkat sangat tajam. Semakin menunjukkan sayapnya di dunia internasional, beberapa hari yang lalu iklan Erigo terpampang di Times Square New York. Tak hanya itu, Erigo juga berhasil merenggangkan sayapnya di New York Fashion Week 2022 yang sebelumnya juga pernah dilaksanakan pada tahun 2021, tentunya akan semakin membuat Erigo semakin terkenal.
3. Strategi Internet Marketing Scarlett Whitening Mengajak Micro Influencer
Brand kecantikan yang satu ini juga telah berhasil memanfaatkan strategi digital marketing nya. Dengan memanfaatkan media sosial, Scarlett Whitening menjadi salah satu contoh digital marketing yang bisa Anda tiru. Strategi utama dari Scarlett Whitening yaitu dengan menggandeng influencer untuk mengulas produk mereka.
Tak hanya di endorse oleh artis-artis terkenal, namun Scarlett Whitening juga mengandalkan micro influencer dalam me-review beberapa produk mereka. Dengan menggunakan strategi ini, Scarlett Whitening tidak hanya dapat mengurangi budget marketing-nya. Tetapi strategi affiliate marketing yang seperti ini juga lebih dipercaya oleh masyarakat karena sudah dianggap memberikan ulasan atau review dan testimoni asli pada brand Scarlett Whitening.
Saat ini perusahaan yang mengalokasikan anggaran pemasaran mereka untuk internet marketing. Oleh karena itu, tidak kaget apabila tidak sedikit kompetitor Anda yang sudah menerapkan strategi internet marketing. Jadi, tunggu apa lagi? Anda sebagai digital marketer pemula perlu menerapkan internet marketing dengan berbagai strategi yang telah dibahas di artikel AMD Academy ini.
[…] menonton iklannya hingga akhir. Untuk menggunakan iklan Youtube secara optimal, memang dibutuhkan strategi internet marketing yang matang. Jika Anda ingin mempelajari tentang digital marketing, jangan lupa kunjungi […]
Wow! After all I got a web site from where I be
capable of in fact get helpful data regarding my study and knowledge.
Also visit my web blog – ascg website
[…] iklannya hingga akhir. Untuk menggunakan iklan Youtube secara optimal, memang dibutuhkan strategi internet marketing yang matang. Jika Anda ingin mempelajari tentang digital marketing, jangan lupa […]