Strategi Pemasaran: 7+ Cara yang Patut Anda Pertimbangkan

Strategi Pemasaran – Kejenuhan pasar atas suatu newsletter produk/layanan bisa jadi mengindikasikan strategi pemasaran yang digunakan kurang tepat. Hal ini terjadi lantaran pola yang dilakukan seorang marketer dalam strategi pemasaran yang dilakukan tetap sama dan berulang. Sedangkan jika dilihat dari kondisi pasar yang semakin berfluktuatif dari hari ke hari, penggunaan strategi yang sama justru hanya dapat menyasar target yang itu-itu saja serta tidak mengalami perkembangan. Oleh sebab itu, sebagai seorang marketer yang inovatif, kita perlu melakukan pembaharuan atau kombinasi dari beberapa strategi yang ada. Beberapa referensi terkait strategi marketing yang cocok digunakan untuk zaman digitalisasi akan diulas sebagai berikut.
- Relationship Marketing
Relationship marketing merupakan strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan, secara jangka panjang. Penggunaan relationship marketing ini cocok digunakan sebagai penunjang layanan purna jual. Contoh strategi relationship marketing yang dapat Anda terapkan pada bisnis antara lain dengan penggunaan kartu khusus member, pemberian point setiap pembelian, pengadaan acara bersama pelanggan, serta meminta feedback setelah penjualan.
- Permission Marketing
Permission marketing merupakan sebuah strategi pemasaran, yang mendukung pemasar untuk meminta izin terlebih dahulu kepada audience untuk menyebarkan konten pemasaran lebih lanjut. Penggunaan permission marketing ini dianggap sebagai langkah jitu agar konten pemasar tidak dianggap sebagai konten spam. Strategi permission marketing dikatakan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan kredibilitas bisnis, karena memiliki izin lebih dulu. Contoh penggunaan permission marketing biasanya digunakan untuk bisnis redaksi, yang meminta izin pelanggan lebih dulu untuk menjadikan mereka berlangganan konten.

- Experiential Marketing
Experiential marketing merupakan strategi yang digunakan untuk menciptakan pengalaman baik dan unik audience. Dimana pelaku bisnis dapat membuat suatu workshop, pop-up event experience, expo, hingga direct email guna membangun experiential marketing. Experiential marketing ini efektif untuk meningkatkan sebuah brand awareness dan menyasar pelanggan baru.
- Guerilla Marketing
Guerilla marketing merupakan teknik pemasaran dengan gelontoran biaya ringan, namun cukup berdampak. Strategi pemasaran ini digunakan untuk melakukan pemasaran secara gerilya yang menciptakan gebrakan sosial yang besar. Contoh penggunaan guerilla marketing yakni:

- Digital Marketing
Digital marketing merupakan cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan pemasaran melalui pencarian traffic. Pencarian traffic atau kunjungan audience ini mampu membuat konten yang dipasarkan dilihat oleh target pasar yang benar-benar membutuhkan produk. Jika konten produk atau layanan dianggap oleh audience sebagai konten yang solutif, maka audience akan tidak segan-segan untuk melakukan pembelian. Penggunaan digital marketing dapat dicontohkan dengan optimasi Google My Business berikut.

- Viral Marketing
Viral marketing dapat digunakan untuk mengajak audience menyebarkan konten atau word of mouth. Hal ini karenakan viral marketing disusun atas konten unik yang memicu perhatian audience. Contoh konten yang dibagikan pada strategi viral marketing yakni sebagai berikut:

- Mobile Marketing
Mobile marketing merupakan jenis pemasaran yang memanfaatkan media gadget sebagai sarana penyebarannya. Strategi ini dapat dibuat jika pemasar ingin mendekatkan diri mereka dalam keseharian audience. Hal ini ditunjang oleh kecenderungan masyarakat modern untuk menggunakan gadget mereka lebih dari 8 jam dalam sehari. Contoh penggunaan mobile marketing yakni seperti melalui aplikasi yang haru diunduh, menggunakan QR Code, iklan di antara game, dan sejenisnya.

- Social Media Marketing
Pemasaran melalui social media merupakan salah satu jenis pemasaran digital marketing. Namun strategi ini sebagian besar didominasi oleh penggunaan sosial media sebagai penyalur pesan. Langkah yang dapat ditempuh oleh marketer dalam melakukan strategi ini yakni dengan mengoptimasi penggunaan hastag, menggunakan copywriter yang menarik, penggunaan NAP, serta riset kata kunci. Pengoptimalan strategi social media marketing dapat ditunjukkan melalui Instagram @arkatamamulti berikut.
Penggunaan strategi pemasaran yang tepat akan menjadikan sebuah upaya pemasaran dilakukan dengan lebih prima. Pada kebanyakan kasus, upaya ini akan dapat mendorong goals pemasaran suatu perusahaan. Lantas bagaimana? Sudah menentukan mana yang terbaik untuk bisnis Anda? Ingin berkonsultasi dan mengulik lebih lanjut terkait strategi pemasaran yang tepat? Silahkan akses informasi melalui Instagram @amd.academy dan @arkatamamulti.
Baca juga: Dasar-Dasar Digital marketing, Pemula Wajib Tau!
Penulis: Miftakhul Mukarromatun Nisa’ (Content Writer Intern DTS Squad Batch 1)
Design: Vika Wahyuni Apriliyanti (Content Creator Intern DTS Squad Batch 1)
[…] Secara sederhana fokus UI design adalah keindahan tampilan, sedangkan UX design berfokus pada peningkatan kepuasan user dalam menggunakan aplikasi atau produk. Selanjutnya UI design akan mempengaruhi first impression user ketika menggunakan aplikasi atau produk. […]