Trend Digital Marketing 2022 Wajib Diikuti Agar Engagement Bisnis Meningkat
Trend digital marketing selalu berubah setiap tahunnya. Trend yang dahulu sangat booming dan efektif menjangkau target pasar belum tentu sekarang masih efektif. Oleh karena itu sebagai marketer, penting untuk memahami dan mengerti bagaimana perkembangan trend digital marketing. Sekarang ini kita berada dalam situasi dimana evolusi teknologi bergerak sangat cepat sehingga teknologi baru terus diluncurkan ke pasar. Selalu ada strategi berbeda untuk diterapkan agar bisa beradaptasi sesuai dengan trend zaman yang ada saat itu. Konten yang digunakan untuk memasarkan secara digital juga perlu mengikuti trend, karena ide konten yang sudah kadaluarsa tidak dapat menjangkau konsumen secara maksimal. Maka sia-sia saja usaha seorang digital marketer jika tidak memahami siklus hidup konten mana yang masih menjadi trend dan yang mana yang sudah tertinggal masa. Dibawah ini AMD telah menganalisis 10 trend digital marketing yang bisa Anda diterapkan agar engagement bisnis Anda meningkat.
- Podcast
Seperti yang kita tahu, popularitas podcast saat ini sedang meledak. Anda sebaiknya tidak melewatkan tren pemasaran digital ini. Berdasarkan data dari Forbes, 44% masyarakat dunia telah menjadi pendengar setia berbagai podcast dengan rentang usia 18 – 34 tahun pada tahun 2018. Hal ini juga diperkuat dimana menurut business.com, para konsumen akan merasa lebih akrab ketika mendengarkan suara dan menghadirkan pengalaman yang berbeda pada pemasaran sebuah brand.
- Video Marketing
Video marketing dari tahun lalu hingga saat ini masih menjadi tren yang menarik, bahkan trend ini diprediksi akan terus ada dalam jangka waktu 5 tahun kedepan. Disebutkan dalam sebuah data bahwa hampir 52% pelanggan lebih percaya setelah mereka menonton video marketing. Penelitian juga menyebutkan bahwa video marketing yang diunggah pada suatu platform mampu mendorong penelusuran organik sebanyak 50 kali lipat dan menaikkan konversi hingga 72%. Sekarang ini banyak sekali platform yang dapat Anda gunakan untuk konten video marketing, sehingga trend ini wajib Anda ikuti untuk menaikkan engagement bisnis.
- Live Streaming
Seperti yang kita tahu sekarang ini beberapa e-commerce menyediakan fitur live streaming. Yang mana fitur ini sering kali digunakan oleh penjual untuk mempromosikan produknya untuk mendongkrak penjualan dengan adanya promo dan diskon. Dan ternyata berdasarkan penelitian, 80% konsumen lebih suka menonton live streaming brand daripada membaca blog perusahaan serta 74% milenial lebih suka menonton video ketika mereka melakukan perbandingan produk.
- Pemasaran Influencer
Pemasaran influencer adalah pemasaran dengan melibatkan tokoh influencer untuk memberikan ulasan produk kepada para pengikutnya. Berdasarkan penelitian baik micro influencer, macro influencer, dan mega influencer mampu menghasilkan konten yang mampu menarik perhatian (attention), dan minat (interest) warganet, sehingga dapat meningkatkan brand awareness dan penjualan dari sebuah brand.
- Personalized Marketing
Konsep personalized marketing memandang setiap orang sebagai pribadi yang unik dan berbeda, sehingga pemilik bisnis harus memandang konsumen secara personal ketika mereka menyusun strategi marketing. Dan berdasarkan penelitian, 98% pengguna media sosial di Indonesia merespon secara positif konten marketing yang diberikan secara personal. Dengan menerapkan personalized marketing, konten atau informasi yang Anda sampaikan akan lebih menyentuh dan tertanam di hati konsumen sehingga konsumen akan merasa spesial dan lebih dekat dengan Anda
- Pemakaian Chatbot
Customer service menjadi hal yang perlu diperhatikan, karena saat ini pelanggan selalu ingin mendapatkan respon yang cepat. Di era yang serba maju ini tentu pemakaian chatbot bukan hal sulit lagi untuk dilakukan. Dengan chatbot, yang melayani sepanjang waktu selama 24 jam akan membantu pelanggan menyelesaikan masalah mereka kapanpun bahkan saat Anda sedang tidur. Semakin merasa dimanjakan oleh kemudahan dalam mengakses apapun, pelanggan akan semakin merekomendasikan kepada pelanggan lain.
- Konten dari Pelanggan
Berdasarkan penelitian, 90 persen pembeli lebih terpengaruh untuk membeli setelah melihat konten yang dibuat oleh konsumen lainnya. Melihat angka ini maka sudah seharusnya Anda memaksimalkan repost konten dari pelanggan Anda untuk mendongkrak brand awareness serta meyakinkan calon pembeli bahwa produk Anda telah disukai oleh banyak orang.
- Ramah Lingkungan, Ramah Pengguna
Hampir 81% konsumen mengatakan bila perusahaan harus lebih peduli terhadap lingkungan. Karena itu kini banyak brand mengkampanyekan peduli lingkungan lebih marak dari biasanya. Ditambah lagi mengenai isu global warming yang sedang santer dibicarakan dan bahkan berada dalam SDG’s yang ingin diwujudkan dunia. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan menggunakan campaign tentang sustainable dalam konten pemasaran sehingga produk Anda memiliki value lebih dan menarik minat konsumen.
- Mobile Marketing
Website merupakan salah satu media promosi yang memiliki impact luar biasa pada sebuah brand. Adanya smartphone sekarang ini tentu sudah tidak dapat dipisahkan lagi dengan hidup konsumen dimana mereka dapat menjelajahi website hanya dengan smartphone. Oleh itu, dalam pembuatan website harus didesain mobile friendly meningkatkan kenyamanan konsumen dalam menelusuri website.
- Programmatic Advertising
Programmatic advertising merupakan iklan terprogram yang menggunakan kecanggihan Artificial Intelligence (AI) dalam menargetkan audiens yang spesifik. Apabila Anda pernah mengunjungi sebuah website yang di dalamnya terdapat iklan maka itulah output dari programmatic advertising. Iklan yang ditampilkan pada setiap orang berbeda-beda, dimana iklan tidak akan ditampilkan pada sembarang audiens namun ditampilkan kepada audiens yang paling cocok dengan produk yang diiklankan.
Itu tadi adalah beberapa trend digital marketing yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan engagement bisnis. Tentu saja untuk memajukan bisnis anda dengan berbagai strategi pemasaran memerlukan banyak trial and error, memerlukan banyak pengalaman dan skill marketing yang mumpuni. Oleh karena itu upgrading skill merupakan hal wajib bagi digital marketer untuk dapat mengikuti trend dunia marketing yang fast changing. AMD Academy bekerjasama dengan PT Arkatama Multi Solusindo dan LSP Digital Indonesia, mengadakan pelatihan digital marketing yang mana salah satu benefitnya yakni sertifikasi BNSP. Tunggu apa lagi? Daftarkan dirimu segera dan tingkatkan skill digital marketingmu untuk bisnis yang sukses.
Baca Juga: Digital Marketing: 5 Rekomendasi Pelatihan di Bulan Mei 2022
Penulis: Alya Latifa (Content Creator DTS Squad Batch 1)
Editor: Habib Fitriana Azzahra (Content Writer DTS Squad Batch 1)