Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Twitter Ads, Mengenal Strategi Emas B2B Marketing

Twitter Ads – Meskipun media sosial baru seperti Tiktok saat ini sedang naik daun, dan dianggap sangat efektif dalam mempromosikan produk atau jasa. Twitter masih berada pada klaster atas sebagai media sosial yang aktif dalam hal interaksi. 

Faktanya menurut Sprout Social, di tahun 2021 Twitter mengalami peningkatan pengguna aktif harian sebanyak 29% dari tahun ke tahun. Maka dari itu, sangat disayangkan jika perusahaan melewatkan Twitter sebagai salah satu platform untuk beriklan.

Meskipun begitu, apakah Anda masih ragu untuk menggunakan Twitter Ads? 

Dalam artikel ini Mimin AMD Academy/Kami akan menyajikan alasan tepat, mengapa menggunakan Twitter Ads akan sangat membantu strategi pemasaran bisnis, khususnya perusahaan model bisnis B2B (Business to Business).

  • Apa dan Mengapa Twitter Ads Layak Jadi Strategi Emas Iklan Sosial?

Twitter Advertising atau disingkat Twitter Ads, pada umumnya sama dengan iklan media sosial lainnya. Namun, dari segi mencapai engagement atau keterikatan dengan pengguna, Twitter memiliki potensi yang lebih besar terutama bagi perusahaan B2B. Dengan beberapa upgrading di fitur penargetan, format iklan serta atribut yang lebih lengkap, Twitter kini mendeklarasikan bahwa mereka adalah platform yang tepat untuk beriklan.

Alasan lain mengapa Twitter Ads sangat efektif bagi B2B Marketing adalah segmentasi pengguna aktif Twitter yang berada di usia, pendidikan serta pekerjaan yang matang untuk dijangkau oleh perusahaan B2B seperti Industri Otomotif, IT Consultant dan lain sebagainya.

Sistem pemilihan atau kurasi iklan yang diterapkan oleh Twitter Ads, juga menjadi nilai penting bagi pengguna yang ditargetkan. Sebab, hanya iklan-iklan yang memenuhi syarat saja yang dapat tampil di aplikasi ini. Sehingga, kepercayaan pengguna akan iklan yang disebarluaskan akan meningkat dan menghasilkan umpan balik yang memuaskan terhadap produk atau jasa yang Anda iklankan.

Jenis-Jenis Iklan yang Ditawarkan Twitter Ads

Twitter menawarkan beberapa jenis iklan yang dapat membantu Anda mengkampanyekan produk atau jasa. Namun, untuk Mensukseskannya Anda perlu memutuskan jenis iklan seperti apa yang akan Anda gunakan untuk mencapai target pemasaran.

Berikut beberapa jenis Iklan yang ditawarkan oleh Twitter Ads:

1. Akun atau Pengikut yang Dipromosikan

Jenis iklan ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan akun Twitter, bukan Tweet atau postingan tertentu. Iklan ini juga membantu Anda menargetkan pengguna yang mungkin tertarik dengan merek Anda tetapi belum mengikuti Anda. Jadi jenis iklan ini adalah jenis yang sempurna jika Anda ingin meningkatkan pengikut Twitter bisnis Anda.

Mengenal Twitter Ads, Strategi Emas B2B Marketing
Sumber: Sprout Social

Nantinya dengan jenis iklan ini, akun Anda akan muncul pada bagian “Siapa yang harus diikuti” atau “Who to Follow” di tampilan aplikasi pengguna.

2. Tweet yang Dipromosikan

Jenis iklan ini membantu meningkatkan jangkauan dan interaksi antara pengguna dengan tweet yang Anda unggah. Jenis tweet yang dipromosikan dapat berupa teks, gambar, video, carousel, momen dan audience platform.

Mengenal Twitter Ads, Strategi Emas B2B Marketing
Sumber: Sprout Social

Iklan ini nantinya akan muncul pada tampilan hasil pencarian, profil pengguna dan timeline aplikasi.

3. Tren yang Dipromosikan

Jenis iklan yang terakhir Ini menawarkan Anda untuk mempromosikan topik yang sedang tren tentang merek Anda agar dapat menarik audiens yang tepat. 

Mengenal Twitter Ads, Strategi Emas B2B Marketing
Sumber: Sprout Social

Iklan ini nantinya akan muncul di bagian atas tampilan aplikasi, yaitu bagian “Tren untuk Anda”.

  • Berapa Biaya Iklan di Twitter Ads?

Twitter Ads tidak mematokkan minimum biaya untuk iklan yang ingin Anda kampanyekan. Anda bebas mengalokasikan budget promosi untuk platform ini. Namun, tentunya semakin besar biaya yang Anda siapkan, maka semakin memuaskan pula hasil iklan tersebut.

  • Cara Mudah Kampanye Iklan melalui Twitter Ads

1. Set up akun Twitter Ads 

Sebelum memulai kampanye iklan, Anda harus memiliki akun Twitter Ads. Akun ini berbeda dengan jenis akun pada umumnya sebab dikhususkan untuk iklan. Setelah memiliki akun Twitter Ads, langkah selanjutnya adalah memilih jenis iklan yang akan Anda gunakan.

2. Tentukan Objek Iklan

Selanjutnya yaitu menentukan jenis objek atau tujuan iklan yang sesuai dengan target pasar Anda. Terdapat 8 jenis objek iklan yaitu app install, followers, tweet engagements, promoted video views, website clicks or conversations, app re-engagement, in-streams video views, dan Awareness.

Tahap ini sangat penting, sebab setiap jenis objek akan menghasilkan luaran yang berbeda-beda.

3. Siapkan Target Audiens

Sama seperti menata iklan di media sosial lainnya, Twitter juga menyediakan fitur segmentasi target audiens. Seperti segmentasi demografis, geografis, psikografis, dan perilaku.

4. Memilih Ad Placement

Pada tahap ini Anda dapat memilih ingin menampilkan iklan Anda di bagian Twitter tertentu seperti pada hasil pencarian, tampilan pengguna, profil dan halaman tweet.

5. Iklan Anda Siap Dikampanyekan

Setelah menjalankan 4 tahap sebelumnya, maka iklan Anda sudah siap untuk dikampanyekan ke seluruh target audiens. Nantinya Twitter akan memberikan laporan analisis mengenai iklan Anda untuk bahan evaluasi strategi pemasaran kedepannya.

Baca Juga: Dasar-Dasar Pemasaran digital, Pemula Wajib Tau!

Bagaimana Sobat AMD Academy? Apakah Anda siap untuk meningkatkan performa bisnis dengan kampanye iklan di Twitter?

Twitter Ads terus mengembangkan fitur-fiturnya. Dengan strategi yang tepat, memanfaatkan Twitter Ads akan menghasilkan kampanye iklan yang luar biasa. Namun, Anda tetap perlu mengingat bahwa sifat platform yang serba cepat juga mengharuskan Anda untuk lebih berhati-hati dalam memilih jenis iklan yang akan Anda jalankan. 

Jika Anda memerlukan bantuan untuk memulai kampanye iklan, Kami sebagai bisnis dan karir akselerator menyediakan pelatihan digital marketing dan social media marketing di yang dapat Anda akses secara online.

#TwitterAds #Strategipemasaran #PerusahaanB2B

Penulis: Icha Sivana BR Bangun (Content Writer Intern DTS Squad Batch 1)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *