Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Analisis Micro Conversion Solusi Tepat Melacak Konversi Situs Web

Analisis Micro Conversion Solusi Tepat Melacak Konversi Situs Web

Analisis Micro Conversion – Ketika Anda membangun sebuah situs web, tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan bisnis online dan pendapatan. Namun, pertanyaannya adalah bagaimana cara mencapai tujuan tersebut? Jawabannya adalah dengan melakukan analisis micro conversion. Teknik ini memungkinkan Anda untuk melacak setiap tindakan pengunjung situs web dan mengukur interaksi mereka dengan konten atau fitur tertentu. Melalui analisis tersebut, Anda dapat menemukan area yang perlu ditingkatkan dan mengoptimalkan situs web Anda agar lebih efektif dalam menghasilkan konversi. 

Analisis micro conversion dapat membantu Anda untuk memahami perilaku, kebutuhan, dan preferensi pengguna, dan memberikan wawasan berharga untuk meningkatkan pengalaman pengguna serta menghasilkan lebih banyak pelanggan potensial. Dalam dunia bisnis online yang sangat kompetitif, analisis micro conversion adalah kunci untuk meraih kesuksesan dan meningkatkan tingkat konversi secara keseluruhan.

Pengertian Micro Conversion

Analisis Micro Conversion

Micro Conversion merupakan salah satu metrik dalam pemasaran digital yang berguna untuk melacak konversi di seluruh situs web. Meskipun sering dianggap kurang penting dibandingkan dengan metrik Macro Conversion, metrik ini tetap memberikan dampak pada kinerja unit bisnis. Metrik Micro Conversion, yang meliputi pendaftaran uji coba gratis, memberikan layanan konsultasi, dan membeli produk, dianggap lebih penting karena dapat menjadi parameter kinerja bisnis. Namun, semua metrik konversi, termasuk konversi mikro, berhubungan dengan seberapa sering produk digunakan, dan beberapa bahkan berdampak signifikan terhadap penjualan. Micro Conversion adalah tindakan kecil yang menunjukkan minat awal pengguna terhadap merek atau produk tertentu, seperti berlangganan buletin email di situs web. Oleh karena itu, meskipun mungkin dianggap kurang penting, konversi mikro masih memberikan dampak pada kinerja bisnis dan harus dipertimbangkan dalam strategi pemasaran digital.

Manfaat Micro Conversion 

Micro conversion memiliki manfaat yang signifikan bagi proses bisnis, seperti halnya dengan setiap metrik bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat yang terkait dengan penggunaan micro conversion:

  1. Sebagai alat untuk mengukur ketertarikan calon pelanggan terhadap merek.
  2. Sebagai indikator untuk mengetahui produk atau layanan yang paling diminati oleh pengguna.
  3. Berguna dalam menganalisis perilaku, sentimen, dan kebiasaan pelanggan dalam proses analisis pelanggan.
  4. Berfungsi sebagai sumber data pelanggan (customer data) untuk mendapatkan wawasan tentang perilaku dan preferensi pelanggan.
  5. Digunakan untuk merancang kampanye pemasaran yang lebih efektif berdasarkan data pelanggan yang terkumpul.
  6. Dapat meningkatkan kredibilitas merek dan otoritas merek (brand authority).
  7. Menunjukkan kehadiran merek dan pengakuan merek di kalangan masyarakat.
  8. Mengajak pengguna untuk melakukan konversi yang lebih besar (macro conversion).

Baca Juga : Lakukan Audit Social Media untuk Performa Konten yang Luar Biasa!

Mengapa perlu melakukan Analisis Micro Conversion?

Banyak pengunjung situs web biasanya tidak melakukan pembelian atau mendaftar untuk demo, yang berarti bahwa konversi makro mungkin tidak terjadi. Namun, hal ini tidak boleh diabaikan karena melacak konversi mikro dapat membantu meningkatkan minat pengguna dan mengarahkan penjualan jangka panjang. Misalnya, perusahaan dapat meningkatkan tindakan untuk pendaftaran email atau menempatkannya pada posisi yang lebih menonjol untuk menambah jumlah pengguna yang tertarik. Meskipun tindakan ini tidak akan langsung meningkatkan penjualan, namun dapat membantu dalam mendorong penjualan dalam jangka panjang. Melacak micro conversion juga dapat membantu Anda memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang perjalanan pelanggan.

Pada situs B2B pengunjung biasanya tidak akan langsung mengunjungi situs dan melakukan pembelian dengan sekali klik. Sebaliknya, pembelian di situs seperti ini cenderung lebih panjang dan dipertimbangkan, dan membutuhkan banyak informasi dan diskusi sebelum akhirnya selesai. Seperti halnya banyak situs B2B lainnya, yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menjual, tetapi juga sebagai sumber informasi penting bagi pengunjung, baik pelanggan potensial maupun pelanggan yang sudah ada. Oleh karena itu, Anda harus berusaha untuk menyediakan informasi yang berguna tentang produk dan layanan kami, serta informasi umum tentang industri.

Cara Melakukan Tracking Micro Conversion

  1. Untuk memulai pelacakan atau tracking goal di Google Analytics, pertama-tama masuklah ke akun Google Analytics Anda dan klik pada opsi “Admin”. 
  2. Setelah itu, klik pada opsi “Goals” yang terletak di bawah kolom “View”. Selanjutnya, klik tombol merah yang bertuliskan “+ NEW GOAL” untuk menambahkan goal baru yang ingin Anda lacak.
  3. Setelah itu, mulailah melakukan pengaturan goal. Anda dapat menggunakan template yang disediakan oleh Google Analytics atau memilih opsi custom untuk melakukan tracking micro conversion yang spesifik. 
  4. Selanjutnya, beri nama goal yang ingin Anda lacak dan pilih jenis micro conversion yang ingin Anda track, seperti jumlah kunjungan ke halaman tertentu atau berapa lama pengguna berada di halaman tersebut. 
  5. Setelah selesai, klik tombol “Continue”.
  6. Setelah proses selesai, Anda dapat melihat data goal yang telah Anda tambahkan. 
  7. Untuk melacak kemajuan goal tersebut, Anda dapat menuju ke bagian “Conversions” dan kemudian ke “Goals”.

Analisis micro conversion pada situs web e-commerce

Analisis Micro Conversion

Analisis micro conversion pada situs web e-commerce adalah proses pengumpulan dan analisis data tentang tindakan pengunjung situs web yang berkaitan dengan proses pembelian. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas situs web dalam menghasilkan konversi dan penjualan. Beberapa contoh tindakan micro conversion pada situs web e-commerce meliputi menambahkan produk ke keranjang belanja, pendaftaran sebagai member, mengisi formulir pengiriman barang, dan melihat detail produk.

Untuk melakukan analisis micro conversion, langkah pertama adalah menentukan tujuan bisnis dan pengukuran yang dibutuhkan. Kemudian, tracking harus dipasang pada situs web untuk mencatat setiap interaksi pengguna. Data kemudian dianalisis untuk menemukan area yang perlu ditingkatkan, dengan memperhatikan metrik seperti conversion rate, bounce rate, dan average order value. Setelah temuan analisis ditemukan, situs web harus dioptimalkan. Salah satunya meningkatkan tampilan produk, menyederhanakan formulir pengiriman barang, atau menambahkan fitur untuk memudahkan proses pembelian.

Dengan melakukan analisis micro conversion pada situs web e-commerce, pemilik situs web dapat memahami perilaku pengunjung dan meningkatkan konversi dan penjualan. Optimalisasi situs web akan memudahkan pengunjung untuk melakukan pembelian dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Micro Conversion memainkan peran penting dalam upaya pemasaran Anda dan seharusnya tidak diabaikan. Mereka membantu Anda melacak efektivitas setiap saluran pemasaran yang Anda gunakan. Dengan menggunakan konversi mikro, Anda dapat mencapai hasil yang lebih besar. Nah, jika Anda ingin mendalami pemasaran digital secara menyeluruh dan meningkatkan kemampuan Anda, Anda bisa mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Digital Marketing di AMD Academy, Penyelenggara Pelatihan Digital Marketing dan Sertifikasi Digital Marketing BNSP. Yuk, daftar pelatihannya dengan menghubungi Whatsapp kami di sini atau kunjungi Instagram official kami di @amd.academy untuk info lainnya.  Anda juga dapat menambah insight Anda dengan berbagai artikel menarik dan bermanfaat lainnya di Jasa Konsultan It. Jadilah seorang digital marketer yang tak kenal lelah dalam mengasah kreativitas dan kemampuan analisis data!

Baca juga : Site Pro Website Builder: Rahasia Membuat Website Ciamik Tanpa Koding

Content Writer : Chaterine Aritonang (DTS Batch 3)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *