Pelatihan dan Sertifikasi BNSP – AMD Academy

Dapatkan Strategi Jitu Menaklukan Algoritma Google via Pelatihan Digital Marketing

Algoritma Google adalah kumpulan aturan yang digunakan oleh Google untuk menentukan posisi sebuah situs web dalam hasil pencarian. Google menggunakan sistem yang kompleks untuk mengumpulkan data dari halaman-halaman web dan mencoba untuk memahami apa yang dicari oleh pengguna, kemudian menilai halaman-halaman tersebut berdasarkan seberapa relevan konten yang ada. Melalui sistem khusus, Google menentukan ranking halaman berdasarkan kesesuaiannya dengan apa yang dibutuhkan atau dicari pengguna. 

Jika Anda berandai tentang mengapa algoritma Google sering dikaitkan dengan visibilitas bisnis, maka jawabannya mudah. Hal ini karena peringkat yang baik dalam hasil pencarian dapat membawa lebih banyak pengunjung potensial ke situs web bisnis tersebut. Sebagian besar orang cenderung hanya melihat halaman pertama hasil pencarian, sehingga situs web yang muncul di halaman pertama memiliki kesempatan lebih besar untuk dilihat dan dikunjungi. Dengan demikian, semakin tinggi peringkat situs web dalam hasil pencarian, semakin besar kemungkinan situs tersebut mendapatkan lalu lintas organik yang berpotensi menjadi pelanggan atau klien. 

Framework E-E-A-T

 

Menaklukan Algoritma Google
Sumber: fatjoe

Apakah istilah E-E-A-T terlihat asing bagi Anda? Istilah tersebut merupakan singkatan dari “Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness”. 

 “Lalu apa kaitannya dengan algoritma Google?”

Framework E-E-A-T adalah kerangka kerja yang digunakan oleh Google untuk mengevaluasi kualitas suatu situs web. Umumnya, kerangka ini digunakan untuk menilai situs web yang berfokus pada konten YMYL atau Your Money Your Life yang merupakan konten dengan dampak signifikan terhadap kesehatan, keuangan, dan kebahagiaan pengguna. 

1. Experience

Aspek pengalaman ini baru ditambahkan, sebelumnya framework ini disebut dengan framework E-A-T saja. Experience disini berarti mengacu pada kedalaman pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki penulis tentang suatu topik. Biasanya menunjukkan keahlian melalui kutipan, referensi, dan tautan ke sumber yang diakui dapat memperkuat sinyal E-A-T. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan aspek ‘experience’ pada framework ini:

  • Fokus menciptakan konten mendalam yang didukung penelitian baik, tujuannya untuk menunjukkan pemahaman Anda terkait topik.
  • Sebutkan sumber-sumber dan data yang kredibel untuk mendukung topik yang sedang dibahas.
  • Sorot kredensial, kualifikasi, dan pengalaman penulis dalam bidang sesuai topik.

2. Expertise 

Keahlian menunjukkan bahwa konten dibuat oleh orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai tentang topik tersebut. Misalnya, seorang dokter yang menulis tentang kesehatan memiliki keahlian yang relevan. Anda bisa melakukan ini untuk mengoptimalkan aspek ‘expertise’ :

  • Menunjukkan kemampuan dengan menerapkan keahlian dengan memberikan solusi yang nyata.
  • Highlight penghargaan, pengakuan, atau testimonial yang diterima dari rekan-rekan dengan industri terkait topik.

3. Authoritativeness

Aspek ini mengacu pada status atau reputasi penulis situs web sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya. Biasanya situs web yang dianggap berotoritas memiliki kualitas konten yang tinggi dan diakui oleh pihak lain. Berikut beberapa indikator untuk menilai ‘authoritativeness’ Anda:

  • Umur website
  • Kualitas backlink dari situs web yang kredibel
  • Pengakuan dari rekan-rekan industri

4. Trustworthiness

Sesuai namanya, trustworthiness mencerminkan tingkat kepercayaan pengguna terhadap informasi yang disediakan oleh situs web. Anda bisa meningkatkan kepercayaan pengguna dengan memperbarui konten secara teratur, menampilkan informasi kontak yang akurat, dan menanggapi kekhawatiran pengguna dengan baik. Terapkan beberapa aspek dibawah ini untuk meningkatkan kepercayaan user:

  • Memastikan web user-friendly dengan navigasi yang jelas dan informasi yang mudah ditemukan.
  • Konsisten dalam mengunggah konten.
  • Memudahkan pengguna untuk menghubungi Anda dan memberikan umpan balik.’

Setelah memahami konsep E-A-T, penting untuk mengaplikasikannya dalam strategi SEO. Salah satu langkah penting dalam SEO adalah mengoptimalkan faktor on-page, off-page, dan teknis situs web Anda. Untuk bisa lebih memahami faktor-faktor tersebut, simak penjelasannya dibawah ini!

Teknis SEO

 

1. SEO On Page

Praktik ini berarti mengoptimalkan elemen di dalam situs web dan meningkatkan peringkat di hasil pencarian. Ini artinya, SEO On Page berfokus agar konten terlihat SEO-friendly. Jika Anda menggunakan WordPress, Anda bisa menggunakan bantuan plugin seperti SemRush, Google Search Console, dan Yoast SEO

2. SEO Off Page

Menaklukan Algoritma Google

Search engine optimization ini merupakan upaya memperoleh backlink atau tautan dari situs web lain ke situs web Anda. Backlink dapat membantu mesin pencari melihat situs Anda sebagai situs yang dapat dipercaya dan mengarah ke visibilitas yang baik. Salah satu cara terbaik untuk membangun kredibilitas Anda di mata mesin pencari adalah dengan fokus pada Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness (E-E-A-T).

3. Technical

Kurang lebih technical memiliki tujuan untuk meningkatkan kemungkinan website agar perform di SERP. Menggunakan technical SEO dapat memastikan website mudah di-crawl dan bebas dari masalah teknis. Ibaratnya, Anda sudah membuat website dengan tampilan menarik, tetapi mesin pencari tidak bisa membaca artikel Anda. Sangat mengecewakan ya? Untuk itu, penting sekali untuk bisa memahami technical SEO karena halaman website yang tidak dapat di-crawl juga tidak akan ter-index dengan baik.

Baca Juga: Pelatihan Digital Marketing, Kuasai SEO untuk Peringkat Teratas

Apakah penjelasan diatas mudah untuk Anda pahami? Jika Anda masih belum memahami terkait penjabaran diatas, Anda juga bisa memahaminya lebih dalam melalui Pelatihan Digital Marketing untuk Jadi SEO Specialist. Tidak hanya memahami SEO secara advance, terdapat materi terkait Digital Data Research Marketing dan Search Engine Optimization Advice yang akan menunjang pengetahuan Anda terkait SEO.

 

Menaklukan Algoritma Google

Jika Anda tertarik untuk mengejar karier sebagai digital marketer, segara ikuti pelatihan dan sertifikasi dari lembaga terpercaya seperti AMD Academy. Melalui pelatihan ini, Anda akan diberikan pelatihan langsung dari ahlinya yang sudah berpengalaman. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web AMD Academy, penyelenggara Pelatihan Digital Marketing dan sertifikasi yang diakreditasi oleh BNSP. Anda juga dapat mendaftar melalui WhatsApp di sini atau mengunjungi Instagram resmi kami di @amd.academy untuk informasi terbaru.

Penulis: Jesy Aprilia L Gaol (DTS Batch 6)

 

 

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *