fbpx

Sertifikasi BNSP Digital Marketing, Kuasai Teknologi Terbaru dalam Industri

AMD Academy
Sertifikasi BNSP

Sertifikasi BNSP – Setiap tahun, dunia pemasaran terus berkembang dengan munculnya tren teknologi pemasaran. Di tengah arus perubahan ini, penting bagi para pemasar untuk tetap up-to-date dengan perkembangan terbaru dalam MarTech (Marketing Technology) untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Melalui teknologi ini, Anda berkemungkinan besar terbantu khususnya untuk mengelola dan mengukur keberhasilan kegiatan pemasaran. 

Beberapa tahun ke depan, perkembangan teknologi diprediksi akan semakin pesat. Saat ini, teknologi telah membantu manusia dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pemasaran. Teknologi-teknologi seperti artificial intelligence (AI), extended reality (XR), Web3, metaverse, big data, dan analytics telah membuka peluang baru dalam pemasaran dan bisnis secara umum. Namun, seringkali pemilik bisnis menyadari pentingnya pemasaran terlambat, baik untuk bisnis yang baru dimulai maupun yang sudah berjalan lama. Untuk tetap bertahan dan sukses dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, penting untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan tren pemasaran. Oleh karena itu, simaklah artikel ini karena kami akan membahasnya lebih rinci untuk membantu Anda menghadapi tantangan-tantangan di era teknologi yang terus berkembang.

10 Tren Teknologi Pemasaran di 2024

1. AI dan Machine Learning

Apakah Anda pernah mencari jawaban atau solusi melalui AI seperti, ChatGPT? Melalui AI serupa Anda bisa mengoptimalkan pemasaran agar lebih terukur dan tepat sasaran. Sekarang ini kebanyakan bisnis menggunakan AI untuk mendapatkan wawasan dari analisis mendalam dan mempersonalisasi konten mereka untuk setiap konsumen. Jika Anda berfikir AI dan Machine Learning (ML) merupakan 2 hal yang sama, Anda salah. ML merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam pengembangan AI, sedangkan AI mencakup berbagai teknologi dan pendekatan yang bertujuan untuk menciptakan sistem yang dapat berfikir dan berperilaku mirip dengan manusia. 

Banyak orang diluar sana yang beranggapan AI akan menghancurkan pekerjaan pemasaran diberbagai perusahaan. Memang faktanya terdapat beberapa perusahaan yang melimpahkan pekerjaan seperti pemasaran pada A. Tetapi, masih sangat banyak perusahaan yang membutuhkan marketer dengan pola pikir yang inovatif. Untuk bisa bertahan di dunia marketing yang selalu berubah ini, Anda bisa mengoptimalkan pemahaman terkait AI dan menggunakannya dengan bijak. Awalnya, anda harus menghitung dan mengukur kinerja iklan secara manual, sekarang AI bisa membantu Anda untuk menentukan tindakan apa yang bisa anda lakukan. Contoh AI yang bisa Anda coba untuk mengoptimalkan pemasaran seperi: IBM Watson dan Google Cloud AI. Ketika memilih platform atau layanan AI, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan bisnis Anda dan memastikan bahwa platform tersebut dapat memberikan solusi yang sesuai dengan tujuan Anda.

2. Voice Search Optimization dan Audio Marketing

Sertifikasi BNSP

“ Hey Siri, beri rekomendasi kuliner terdekat.”

“Oke Google, rekomendasikan tempat beli handphone di kota Malang.”

Voice Search Optimization adalah proses mengoptimalkan konten digital agar dapat lebih mudah ditemukan melalui pencarian suara. Dengan semakin banyak orang menggunakan asisten virtual seperti Siri, Alexa, atau Google Assistant, Voice Search Optimization menjadi penting untuk memastikan konten Anda muncul dalam hasil pencarian suara. Untuk sekedar muncul pada laman internet, Anda harus mengoptimalkan situs web dengan kata kunci yang sesuai dengan kategori bisnis Anda agar mudah dikenali oleh mesin pencari suara.

Sedangkan, audio marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan audio sebagai medium utama untuk berinteraksi dengan audiens. Salah satu bentuk audio marketing yang paling populer adalah podcast. Podcast telah menjadi medium yang sangat populer untuk mendengarkan konten audio, mulai dari wawancara hingga hiburan hingga pendidikan. Para pemasar menggunakan podcast untuk menyebarkan informasi tentang merek mereka, produk, dan layanan kepada audiens yang terlibat. Contoh platform dengan audio marketing yang baik yaitu Spotify. Melalui audio tersebut, biasanya pendengar jadi bisa membayangkan produk tanpa melihat secara langsung.

Selain podcast, iklan radio juga merupakan bagian penting dari audio marketing. Meskipun teknologi digital telah mengubah cara orang mendengarkan musik, radio tetap menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Iklan radio dapat mencapai audiens yang luas dan beragam, membuatnya menjadi pilihan yang kuat untuk pemasar yang ingin meningkatkan kesadaran merek mereka. Dengan menggunakan audio, pemasar dapat menciptakan pengalaman yang imersif dan menggugah emosi bagi pendengar, yang dapat membantu memperkuat hubungan antara merek dan audiens.

3. Omnichannel Communication

Omnichannel marketing adalah strategi pemasaran yang dirancang untuk menciptakan pengalaman yang terpadu dan konsisten bagi pelanggan di semua saluran interaksi. Dalam omnichannel marketing, Anda bisa menyatukan semua saluran komunikasi dan penjualan mereka, termasuk toko fisik, situs web, media sosial, dan aplikasi seluler, untuk menciptakan pengalaman yang mulus bagi pelanggan.

Salah satu konsep inti dari omnichannel marketing adalah bahwa pelanggan harus dapat beralih dengan mudah antara berbagai saluran tanpa kehilangan kontinuitas. Misalnya, seorang pelanggan dapat memulai penjelajahan produk di situs web perusahaan, melanjutkan pencarian mereka di aplikasi seluler, dan kemudian memutuskan untuk membeli produk di toko fisik. Dengan omnichannel marketing, perusahaan akan dapat melacak interaksi pelanggan di semua saluran ini dan memberikan pengalaman yang konsisten dan berkesan.

Sertifikasi BNSP

Sumber: Mekari Qontak

Untuk berhasil menerapkan strategi omnichannel marketing, perusahaan perlu memiliki sistem yang kuat untuk mengintegrasikan semua saluran komunikasi dan penjualan mereka. Mereka juga perlu memiliki analitik yang kuat untuk melacak interaksi pelanggan di semua saluran dan memahami preferensi dan perilaku mereka. Dengan investasi yang tepat dalam teknologi dan strategi yang tepat, omnichannel marketing dapat menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Anda juga bisa mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi BNSP dengan skema Digital Marketing sesuai dengan kebutuhan Ansa.

4. Metaverse Marketing

Sertifikasi BNSP

Metaverse marketing adalah strategi pemasaran yang berkembang pesat di era digital saat ini. Konsep ini menggabungkan elemen-elemen dunia maya dengan dunia nyata, seperti virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Jika Anda bertanya-tanya bagaimana pemasaran berperan dalam metaverse, bayangkanlah berbagai kemungkinannya. Merek dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang mendalam seperti showroom virtual, di mana pelanggan dapat mencoba pakaian atau menguji mobil tanpa meninggalkan rumah mereka. Selain itu, merek atau bisnis  juga dapat mengadakan konser virtual atau acara olahraga dengan hologram selebriti.

Metaverse memungkinkan merek untuk menciptakan iklan interaktif yang dapat diakses oleh konsumen, bukan hanya diamati. Hal ini secara signifikan meningkatkan pengalaman pengguna dan membuka jalan baru untuk personalisasi dan keterlibatan pelanggan. Salah satu contoh menonjol dari pemasaran metaverse adalah kemitraan antara merek fashion mewah Gucci dan dunia virtual Roblox. Gucci menciptakan ruang virtual di mana pengguna dapat mencoba versi digital dari produk mereka, berpartisipasi dalam aktivitas bertema, dan bahkan membeli barang virtual Gucci untuk avatar mereka. Kampanye inovatif ini menunjukkan bagaimana merek dapat efektif merambah metaverse dan memberikan dampak yang signifikan.  

Alfa Media Digital Hadirkan Solusi

Dengan perkembangan teknologi yang terus berlanjut, metaverse marketing diprediksi akan menjadi bagian penting dari strategi pemasaran digital di masa depan. Brand yang mampu mengadopsi dan memanfaatkan potensi metaverse dengan baik akan memiliki keunggulan kompetitif yang besar di pasar yang semakin digital ini.

Jika Anda tertarik untuk mengejar karier sebagai digital marketer, segara ikuti pelatihan dan sertifikasi dari lembaga terpercaya seperti AMD Academy. Melalui pelatihan ini, Anda akan diberikan pelatihan langsung dari ahlinya yang sudah berpengalaman. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web AMD Academy, penyelenggara Pelatihan Digital Marketing dan sertifikasi yang diakreditasi oleh BNSP. Anda juga dapat mendaftar melalui WhatsApp di sini atau mengunjungi Instagram resmi kami di @amd.academy untuk informasi terbaru.

Penulis: Jesy Aprilia L Gaol (DTS Batch 6)

 

Daftar Isi

7+ Skema Pelatihan IT yang Wajib Dimiliki Di Era 4.0

7+ Skema Pelatihan IT yang Wajib Dimiliki Di Era 4.0

Situs Belajar Online – Saat ini kita hidup di era digitalisasi atau Era 4.0 yang membawa banyak perubahan dalam dunia…

Pekerjaan Digital Marketing yang Paling Banyak Dicari dari Tahun ke Tahun 

Pekerjaan Digital Marketing yang Paling Banyak Dicari dari Tahun ke Tahun 

Digital Marketing – Berdasarkan data dari We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 212 juta pada Januari…

Cara Mudah Tingkatkan ROI FB Ads dengan Lookalike Audience

Cara Mudah Tingkatkan ROI FB Ads dengan Lookalike Audience

ROI FB Ads – Ketika beriklan, Anda tentu ingin iklan Anda menjangkau audiens seluas-luasnya dan menghasilkan ROI yang tinggi. Maka…

5 Rekomendasi Pelatihan Digital Marketing Tahun 2022

5 Rekomendasi Pelatihan Digital Marketing Tahun 2022

5 Rekomendasi Pelatihan Digital Marketing Tahun 2022 Rekomendasi Pelatihan Digital Marketing – Era digitalisasi sudah lama memasuki ranah bisnis di…

Srategi Jitu Menaikkan Omset dengan Digital Marketing

Srategi Jitu Menaikkan Omset dengan Digital Marketing

Strategi Jitu Menaikkan Omzet dengan Digital Marketing Pandemi covid 19 yang terjadi di indonesia mengakibatkan perubahan dalam aspek kehidupan. Salah…

7+ Skema Pelatihan IT yang Wajib Dimiliki Di Era 4.0

7+ Skema Pelatihan IT yang Wajib Dimiliki Di Era 4.0

Situs Belajar Online – Saat ini kita hidup di era digitalisasi atau Era 4.0 yang membawa banyak perubahan dalam dunia…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top